Wednesday, 30 September 2020

Analisis KI-KD PKN SMP Kondisi Khusus (Pandemi Covid 19)

 

 

ANALISIS KOMPETENSI DASAR

 

(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No. 18/H/KR/2020)

 

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas                           : IX (SMP)

 

No.

Kompetensi Dasar

Kesesuaian

Keterangan

Sesuai

Tidak

1

3.1 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

 

 

2

4.1 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

 

 

3

3.2 Memahami ketentuan tentang bentuk dan kedaualatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara

Republik Indonesia tahun 1945 sesuai dengan makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

4

4.2 Memaparkan         penerapan

         tentang bentuk dan kedaualatan negara sesuai Undang-Undang Dasar     Negara Republik Indonesia tahun 1945 sesuai dengan makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

5

3.3 Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

6

4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

7

3.4 Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

 

8

4.4 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ANALISIS KOMPETENSI DASAR

 

(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No. 18/H/KR/2020)

 

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas                           : VIII (SMP)

 

No.

Kompetensi Dasar

Kesesuaian

Keterangan

Sesuai

Tidak

1

3.1Menelaah          Pancasila sebagai        dasar negara dan pandangan hidup bangsa

 

 

2

4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari

 

 

3

3.2 Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional

 

 

4

4.2 Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam

penerapan kehidupan sehari-hari

 

 

 

5

3.3 Memproyeksikan nilai dan semangat Kebangkitan Nasional dan Sumpah

Pemuda tahun 1928 dalam bingkai

Bhinneka Tunggal Ika

 

 

6

4.3 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Kebangkitan Nasional dan  Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari

 

 

7

3.4 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa

 

 

8

4.4 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan

        Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ANALISIS KOMPETENSI DASAR

 

(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No. 18/H/KR/2020)

 

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas                           : VII (SMP)

 

No.

Kompetensi Dasar

Kesesuaian

Keterangan

Sesuai

Tidak

1

3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar

        Negara

 

 

2

4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

 

 

3

3.2 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun

       1945, serta norma yang   

        berlaku dalam masyarakat

 

 

4

4.2 Menyaji hasil analisis kesejarahan perumusan dan pengesahan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta norma yang berlaku dalam masyarakat

 

 

5

3.3 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

6

4.3 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

 

7

       3.4 Mengasosiasikan karakteristik daerah dan menjalin kerja sama berbagai bidang kehidupan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

8

         4.4 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya dan menjalin kerja sama berbagai bidang kehidupan sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 comment: