ANALISIS
KOMPETENSI DASAR
(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No.
18/H/KR/2020)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : IX (SMP)
No. |
Kompetensi
Dasar |
Kesesuaian |
Keterangan |
|
Sesuai |
Tidak |
|||
1 |
3.1 Membandingkan antara
peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa |
√ |
|
|
2 |
4.1 Merancang dan
melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di
masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa |
√ |
|
|
3 |
3.2 Memahami ketentuan tentang bentuk dan kedaualatan negara
sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sesuai dengan makna pokok-pokok
pikiran dalam Pembukaan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
√ |
|
|
4 |
4.2 Memaparkan penerapan tentang bentuk dan kedaualatan negara
sesuai Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia tahun 1945 sesuai dengan makna pokok-pokok pikiran dalam
Pembukaan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
√ |
|
|
5 |
3.3 Menganalisis prinsip persatuan
dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya,
ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
√ |
|
|
6 |
4.3 Mendemonstrasikan hasil
analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan
antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
√ |
|
|
7 |
3.4 Mengkreasikan konsep cinta tanah
air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia |
√ |
|
|
8 |
4.4 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan konsep
cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari |
√ |
|
|
ANALISIS
KOMPETENSI DASAR
(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No.
18/H/KR/2020)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VIII (SMP)
No. |
Kompetensi
Dasar |
Kesesuaian |
Keterangan |
|
Sesuai |
Tidak |
|||
1 |
3.1Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa |
√ |
|
|
2 |
4.1 Menyaji hasil telaah
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan
sehari-hari |
√ |
|
|
3 |
3.2 Menelaah makna, kedudukan dan
fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta
peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional |
√ |
|
|
4 |
4.2 Menyajikan hasil telaah makna,
kedudukan dan fungsi UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
dalam penerapan
kehidupan sehari-hari |
|
|
|
5 |
3.3 Memproyeksikan nilai dan semangat
Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
√ |
|
|
6 |
4.3 Mengaitkan hasil proyeksi
nilai-nilai dan semangat Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari |
√ |
|
|
7 |
3.4 Menginterpretasikan semangat dan komitmen
kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam
kontek kehidupan siswa |
√ |
|
|
8 |
4.4 Mengorganisasikan kegiatan
lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk
memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia |
√ |
|
|
ANALISIS
KOMPETENSI DASAR
(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No.
18/H/KR/2020)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VII (SMP)
No. |
Kompetensi
Dasar |
Kesesuaian |
Keterangan |
|
Sesuai |
Tidak |
|||
1 |
3.1 Menganalisis proses perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara |
√ |
|
|
2 |
4.1 Menyaji hasil analisis proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara |
√ |
|
|
3 |
3.2 Menganalisis kesejarahan perumusan
dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945, serta norma yang berlaku dalam masyarakat |
√ |
|
|
4 |
4.2 Menyaji hasil analisis kesejarahan
perumusan dan pengesahan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945, serta norma yang berlaku dalam masyarakat |
√ |
|
|
5 |
3.3 Mengidentifikasi keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
√ |
|
|
6 |
4.3 Mendemonstrasikan hasil
identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika |
√ |
|
|
7 |
3.4 Mengasosiasikan karakteristik
daerah dan menjalin kerja sama berbagai bidang kehidupan dalam kerangka
Negara Kesatuan Republik Indonesia |
√ |
|
|
8 |
4.4 Melaksanakan penelitian sederhana
untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya dan menjalin
kerja sama berbagai bidang kehidupan sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan
Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat |
√ |
|
|
bgs
ReplyDelete