ANALISIS KOMPETENSI DASAR
(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No. 18/H/KR/2020)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : VII (SMP)
Sekolah : SMPN 1 Cangkuang
No. |
Kompetensi Dasar |
Kesesuaian |
Keterangan |
|
Sesuai |
Tidak |
|||
3.1 |
Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
v |
|
|
4.1 |
Menyusun teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta
maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
v |
|
|
3.2 |
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana,
sesuai
dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata
terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive) |
v |
|
|
4.2 |
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
v |
|
|
3.3 |
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan
ordinal) |
v |
|
|
4.3 |
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks |
v |
|
|
3.4 |
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
v |
|
|
4.4 |
Teks deskriptif 4.4.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, terkait orang, binatang, dan benda 4.4.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek
dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks |
v |
|
|
3.5 |
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs |
v |
|
|
4.5 |
5 Menangkap makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs |
v |
|
|
ANALISIS KOMPETENSI DASAR
(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No. 18/H/KR/2020)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : VIII (SMP)
Sekolah : SMPN 1 Cangkuang
No. |
Kompetensi Dasar |
Kesesuaian |
Keterangan |
|
Sesuai |
Tidak |
|||
3.1 |
Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan,
larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur
kebahasaan must, should)) |
v |
|
|
4.1 |
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan
himbauan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
v |
|
|
3.2 |
Membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk greeting card, dengan memberi dan
meminta informasi terkait dengan hari-hari spesial, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
v |
|
|
4.2 |
Menyusun teks khusus dalam bentuk greeting card, sangat pendek dan
sederhana, terkait hari-hari spesial dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
v |
|
|
3.3 |
Membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
v |
|
|
4.3 |
Teks recount 43.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu
lampau (personal recount) 4.3.2
Menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait
pengalaman pribadi di waktu lampau (personal
recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
v |
|
|
3.4 |
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs |
v |
|
|
4.4 |
Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan
remaja SMP/MTs |
v |
|
|
MGMP Lokal
No. |
Nama |
Unit Kerja |
1. |
Taryanah. M.Pd |
SMPN 1 Cangkuang |
2. |
Siti Aisyah, S.Pd |
SMPN 1 Cangkuang |
3. |
Ema Naemahanni, S.Pd |
SMPN 1 Cangkuang |
4. |
Oop Sopiah, S.Pd |
SMPN 1 Cangkuang |
5. |
Ika Sukaesih, S.Pd |
SMPN 1 Cangkuang |
|
|
|
|
|
|
ANALISIS
KOMPETENSI DASAR
(Berdasarkan SK Kepala Balitbang dan Pembukuan No.
18/H/KR/2020)
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas : IX (SMP)
No. |
Kompetensi Dasar |
Kesesuaian |
Keterangan |
|
Sesuai |
Tidak |
|||
3.1 |
menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan
dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
v |
|
|
4.1 |
menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan
ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks |
v |
|
|
3.2 |
membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep
makanan/minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
v |
|
|
4.2 |
menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk
resep dan manual |
v |
|
|
3.3 |
membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairy tales, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
v |
|
|
4.3 |
menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks naratif, lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana, terkait fairy
tales |
v |
|
|
3.4 |
membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
v |
|
|
4.4 |
teks information report 4.4.1. menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks information report lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di Kelas IX 4.4.2. menyusun teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik
yang tercakup dalam mata pelajaran lain
di Kelas IX, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
v |
|
|
3.5 |
menafsirkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik
lagu terkait kehidupan
remaja SMP/MTs |
v |
|
|
4.5 |
menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs |
v |
|
|
Good lah
ReplyDelete