1.
1. Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa
pembelajan sosial emosi murid tidak terlalu
penting dalam keberhasilan pembelajaran murid. Yang menjadi focus adalam
tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah dirancang termasuk kompetensi
lulusan.
Setelah mempelajari modul ini, ternyata pembelajaran social emosional (PSE) murid sangat penting. PSE mendorong tumbuh kembang murid secara
holistik. Pembelajaran yang mampu menciptakan pengalaman belajar bagi murid
untuk menumbuhkan dan melatih lima Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE),
yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi,
dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Kompetensi sosial murid
memiliki peranan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh
setiap murid karena kegiatan pembelajaran akan terhambat apabila murid tidak
memiliki kompetensi sosial emosional yang baik.
2. 2. Berkaitan dengan kebutuhan
belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh
individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun
kesejahteraan psikologis (well-being), 3 hal mendasar dan penting yang
saya pelajari adalah:
1. Unsur terkecil dan terdekat
adalah kelas saya sendiri dengan menerapkan pengajaran eksplisit, integrasi
dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, dan penciptaan iklim kelas yang kondusif dan menumbuhkembangkan
KSE (Kompetensi Sosial Emosional) murid.
2. Sekolah , yakni menciptakan iklim
budaya sekolah yang aman, nyaman sejahtera bagi murid dan semua warga sekolah,
mengembangkan KSE di sekolah baik pendidik maupun tenaga pendidik melalui
keteladanan, proses belajar, dan
kolaborasi dengan seluruh warga dan komunitas sekolah.
3. Kolaborasi sekolah-guru- dan orang
tua dan masyarakat, dalam mengembangkan
dan mempertahankan pembelajaran social emosional murid, sebab tanpa dukungan
dan bantuan dari orang tua, pembelajaran KSE tidak akan berlanjut-murid hanya
beberapa jam saja di sekolah, waktu yang terbanyak adalah bersama keluargadan
lingkungan (masyarakat).
3. 3. Berkaitan
dengan no 2, perubahan yang akan saya terapkan di kelas dan sekolah:
- bagi murid-murid: saya akan menerapkan pembelajaran social dan emosional dengan
mengintegrasikan KSE dalam pembelajaran akademik, pembelajaran eksplist, pemberian
teladan dan berkolaborasi dengan murid sebagai partner belajar, memberi
kesempatan murid untuk mencari solusi dan pembuat keputusan yang
bertanggung jawab.
- bagi rekan sejawat: saya akan berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam komuitas belajar per maple dan
komunitas belajar sekolah untuk berbagi praktik baik dan coaching tentang bagaimana
penerapan Pembelajaran Sosial Emosional. Selain itu, saya akan terus
belajar dan meningkatkan kompetensi saya sendiri melalui pelatihan, webinar,
workshop atau peningkatan kompetensi lainnya terkait KSE.
No comments:
Post a Comment