Tuesday, 30 July 2024

Jurnal Refleksi Modul 1.1

 

Jurnal Refleksi Mingguan

Pada awal pembelajaran dalam Pendidikan Guru Penggerak ini, saya disuguhkan berbagai materi kajian yang berhubungan dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang  pendidikan dan pengajaran.  Kajian materi disampaikan melalui diskusi secara daring dan materi yang dipelajari mandiri melalui  video-video di LMS. Walaupun masih "ngatog" saya ikuti alur nya, yakni alur MERDEKA ( Mulai dari diri, Elaborasi, Demonstarsi kontekstual, keterkaitan antar materi dan aksi nyata).  Awal-awal terasa banyak tugas yang harus dikerjakan, tapi  saya mencoba melaksanakannya disela-sela berbagai kesibukan.

Dari pembelajaran yang saya alami selama 2 mingguan, saya semakin sadar tentang hakekat saya sebagai guru. Saya dituntut melaksanankan peran dan tanggung jawab saya sebagai guru profesional, baik dan bermanfaat bagi siswa. Saya ingin  yang dikenang siswa adalah bagaimana hal-hal baik yang saya lakukan, bukan hal buruk dari diri saya.  Selain itu,saya semakin memahami bagaimana pemikiran KI Hajar Dewantara, yang menginginkan pendidikan dan pengajaran yang holistik, yang melibatkan olah fikir, olah rasa, olah jiwa dan olah raga. Yang akhirnya akan melahirkan siswa-siswa yang berkarakter, yang penuh dengan kebijaksanaan  sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jamannya.  Kemudian prinsip dalam pengajarannya yang bersifat kontinuitas, konsentris dan konvergensi, dengan  model pengasuhan Ing.ngarso tung tulodo, ing madya mangun karso,  tut wuriHandayani. Betapa hebatnya seorang guru jika  sudah bisa melaksanakan hal itu semua, yang sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Apa yang saya pelajari dan lebih dipahami kemudian,akan saya terapkan dalam pembelajaran saya di sekolah. Seperti yang saya lakukandalam aksi nyata  yang sudah saya buat.Saya ingin mengakomodir keunikan siswa yang berbeda-beda karakter dan minatnya dengan membuat kelompok dan membuat projek tentang My Beloved School". pendekatan pembelajarannya adalah menggunakan PJBL (Project Based Learning) dengan pendekatan individual dan kelompok. Selama pelaksanaan PJBL tersebut, muncul ide baru yakni membuat tugas mandiri secara individu untuk mengeksplor bakat dan minat siswa dengan membuat video atau gambar dengan tema "My Beloved School".  Saya yakin saya bisa melakukan perbaikan-perbaikan dari langkah keci; yang saya ambil, perbaikan pembelajaran di pembelajaran saya sendiri. Semoga  setiap langkah menjadi berkah dan mendapat keridhoan Nya. Amiin yra.

 

No comments:

Post a Comment