Jurnal Refleksi
Mingguan
Pada awal
pembelajaran dalam Pendidikan Guru Penggerak ini, saya disuguhkan berbagai
materi kajian yang berhubungan dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara
tentang pendidikan dan pengajaran. Kajian materi disampaikan
melalui diskusi secara daring dan materi yang dipelajari mandiri melalui
video-video di LMS. Walaupun masih "ngatog" saya ikuti alur nya,
yakni alur MERDEKA ( Mulai dari diri, Elaborasi, Demonstarsi kontekstual,
keterkaitan antar materi dan aksi nyata). Awal-awal terasa banyak tugas
yang harus dikerjakan, tapi saya mencoba melaksanakannya disela-sela
berbagai kesibukan.
Dari pembelajaran
yang saya alami selama 2 mingguan, saya semakin sadar tentang hakekat saya
sebagai guru. Saya dituntut melaksanankan peran dan tanggung jawab saya sebagai
guru profesional, baik dan bermanfaat bagi siswa. Saya ingin yang
dikenang siswa adalah bagaimana hal-hal baik yang saya lakukan, bukan hal buruk
dari diri saya. Selain itu,saya semakin memahami bagaimana pemikiran KI
Hajar Dewantara, yang menginginkan pendidikan dan pengajaran yang holistik,
yang melibatkan olah fikir, olah rasa, olah jiwa dan olah raga. Yang akhirnya
akan melahirkan siswa-siswa yang berkarakter, yang penuh dengan
kebijaksanaan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jamannya.
Kemudian prinsip dalam pengajarannya yang bersifat kontinuitas, konsentris dan
konvergensi, dengan model pengasuhan Ing.ngarso tung tulodo, ing madya
mangun karso, tut wuriHandayani. Betapa hebatnya seorang guru jika
sudah bisa melaksanakan hal itu semua, yang sesuai dengan pemikiran Ki Hajar
Dewantara.
Apa yang saya
pelajari dan lebih dipahami kemudian,akan saya terapkan dalam pembelajaran saya
di sekolah. Seperti yang saya lakukandalam aksi nyata yang sudah saya
buat.Saya ingin mengakomodir keunikan siswa yang berbeda-beda karakter dan
minatnya dengan membuat kelompok dan membuat projek tentang My Beloved
School". pendekatan pembelajarannya adalah menggunakan PJBL (Project Based
Learning) dengan pendekatan individual dan kelompok. Selama pelaksanaan PJBL
tersebut, muncul ide baru yakni membuat tugas mandiri secara individu untuk
mengeksplor bakat dan minat siswa dengan membuat video atau gambar dengan tema
"My Beloved School". Saya yakin saya bisa melakukan
perbaikan-perbaikan dari langkah keci; yang saya ambil, perbaikan pembelajaran
di pembelajaran saya sendiri. Semoga setiap langkah menjadi berkah dan
mendapat keridhoan Nya. Amiin yra.
No comments:
Post a Comment