Tuesday, 2 July 2024

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 2.2 RPP TERINTEGRASI KSE

 

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh

Selamat Datang Kembali di taryanahtea.blogspot.com

Pada kesempatan kali ini, saya akan share  salah satu tugas CGP Angkatan 10 yakni membuat RPP yang terintegrasi dengan komptetensi  sosial dan emosional (KSE)

Pada RPP yang dibagikan adalah RPP untuk kelas 7 tentang Teks Deskriptif. Dalam RPP ini terintegrasi pembelajaran berdifferensiasi dan KSE (dengan diberi warna yang berbeda).  Pembelajaran sosial emosional sangat penting dalam membantu perkembangan murid secara holistik;  bukan hanya intelektual, tetapi juga fisik, emosional, sosial, dan karakter.

Sebagai seorang guru yang mendampingi murid di sekolah sepanjang hari, kita patut memikirkan bagaimana menuntun mereka untuk mencapai kodratnya, bagaimana membimbing mereka agar dapat  mengeksplorasi dan mengaktualisasikan seluruh potensi dalam dirinya setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat, hingga dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaannya.

Pembelajaran yang mampu menciptakan pengalaman belajar bagi murid untuk menumbuhkan dan melatih lima Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE), yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

KSE yang dikembangkan sesuai dengan Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah :

1. Kesadaran diri, supaya  murid memahami, menghayati dan  mengelola emosi  dan memahani akan keberadaan diri dan potensinya. 

2. Kesadaran Sosial, supaya murid bisa merasakan  dan menunjukkan empati kepada orang lain.

3. Keterampilan Berelasi, supaya murid bisa membangun dan mempertahankan hubungan yang positif dengan teman, guru atau orang lain diluar dirinya.

4. pengelolaan diri, supaya murid bisa menetapkan dan mencapai tujuan positif.

5. pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, supaya murid bisa mengambil keputusan dan bisa mempertanggungjawabkannya.

Berikut RPP  yang dibuat :

MODUL PEMBELAJARAN

 

 

1.      INFORMASI UMUM

A.     IDENTITAS MODUL

NAMA                      : Taryanah

SEKOLAH                : SMPN 1 Cangkuang

TAHUN PELAJARAN : 2023/2024 JENJANG                  : SMP

KELAS                      :VII

MATERI                    : TEKS DESKRIPTIF

 

B.     KOMPETENSI AWAL

Melalui bahan ajar berbasis aktivitas ini siswa mampu menuliskan ulang teks deskriptif terkait ciri-ciri orang.

 

TABEL PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR MURID KELAS 7F

Minat

Olahraga

Kesenian/hiburan

teknologi

politik

Jumlah murid

12

19

8

1

Diferensiasi Proses

Murid berkerja dalam kelompok mendeskripsikan atlet olahraga baik nasional maupun internasional

 

Murid berkerja dalam kelompok mendeskripsikan tokoh entertainer/musisi/seniman baik nasional maupun internasional

Murid berkerja dalam kelompok mendeskripsikan tokoh penemu bidang teknologi nasional

maupun internasional

Murid berkerja dalam kelompok mendeskripsikan tokoh politikus nasional maupun internasional

Profil

belajar

Auditori

Visual

Kinestetik

 

Jumlah murid

17

18

5

 

Diferensasi konten

 

Video

 

Gambar, objek asli

Gambar, video dan guru /teman sekelas,

lingkungan

 

 

C.     PROFIL PELAJAR PANCASILA

-          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya dengan bersyukur karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat majemuk dan beraneka ragam

-          Menunjukkan perilaku Disiplin Percaya diri Tanggung jawab, Kerjasama, Berpikir kritis kreativitas komunikasi

-

D.     SARANA DAN PRASARANA

 

1.       Pendekatan/Model/Metode : Cooperative learning/Mind Mapping

2.       Alat/Media                 : Video pembelajaran, Gambar/foto tokoh beserta


katasifatnya.

3.       Sumber Belajar              : Video pembelajaran, Buku teks dan ringkasan materipembelajaran

E.     TARGET PESERTA DIDIK

-          Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

-          Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb.

-          Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.

 

F.      MODEL PEMBELAJARAN

Luring

 

2.      KOMPONEN INTI

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat :

§  mengidentifikasi kata sifat terkait penampilan fisik seseorang dengan benar menggunakan kalimat simple present tense dengan benar

§  mengidentifikasi orang berdasarkan ciri fisiknya dengan benar.

§  menyusun teks deskriptif tulis terkait penampilan fisik orang sangat pendak dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

B.     PEMAHAMAN BERMAKNA

-       Manusia berinteraksi secara percaya diri dengan lingkungan social dan alam

-       Setiap manuasia memiliki potensi dan kelebihan masing-masing, jangan sombong.

-

 

C.     PERTANYAAN PEMANTIK

-       Apakah kalian memiliki seorang teman dekat?

-       Mengapa kalian memilihnya menjadi teman dekat?

-       Pernahkah kalian menceritakan kepada orang lain tentang teman dekat?

-       Seperti apa ciri-ciri fisik dan kepribadiannya?

-       Apa tujuan kalian menceritakan teman dekat kepada orang lain?

-       Apakah untuk memperkenalkan, memuji, atau mengkritiknya dengan santun?

-       Nah kalian tentunya juga ingin mendeskripsikan tentang anggota keluarga kalian, kan? Bagaimana caranya?

 

D.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.      Pendahuluan :

a.    Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa

b.    Guru memeriksa kehadiran siswa


c.    Guru melakukan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.    Inti:

Pertemuan ke- 1

 

 

Kegiatan Pendahuluan

Nilai PPK Dan Keterampilan Abad 21

 

Waktu

1.       Guru memberi salam (KSE-kesadaran diri)

2.       Peserta didik mengucapkan salam sesuai budaya sekolah (KSE-kesadaran diri)

3.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik, mengecek kebersihan dan kerapian kelas untuk mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan(KSE-kesadaran sosial)

4.       Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa bersama sebelum kegiatan pembelajaran di mulai

5.       Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah di pelajarai sebelumnya tentang penggunaan Simple present tense dalam teks deskriptif.

6.       Guru menanyakan beberapa pertanyaan pemantik seperti: KSE-kesadaran sosial)

a.      Do you have any brother/sister? (apakah kalian punya saudara laki laki/perempuan?

b.      Do you have any close friend? (apakah kalian punya sahabat dekat?)

c.       What does he look like? (seperti apa dia terlihat? (penampilany)

d.      Is he tall or short? (apa dia tinggi atau pendek?)

e.      What is he like? (seperti apa dia? (karakternya)

f.        Is he nice? (apakah dia baik?)

7.       Guru dan peserta didik Bersama sama menyimpulkan materi apa yang akan di pelajari berdasarkan pertanyaan pertanyaan sebelumnya?

Can you predict what are we going to learn today?

Religius Disiplin Tanggung Jawab Berpikir kritis

10  menit

Sintak Model

Kegiatan Inti

 

 

Present goals and set the students

(Menyampaikan tujuan danmempersiapkan siswa)

1.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, pola belajar dan sistem penilaian yang akan di laksanakan dalam pembelajaran. (KSE Pengelolaan diri)

2.       Guru memotivasi siswa dengan

menyampaikan manfaat yang bisa di peroleh dari pembelajaran hari ini.

 

60 menit


Present information

(Menyajikan informasi)

3.        Peserta didik mengamati gambar, foto, video dan teman sekelasnya terkait katasifat tentang deskripsi fisik orang serta ungkapan meminta

informasi tentang deskripsi fisik serta karakter orang. (diferensiasi konten)

4.        Peserta didik mengamati sebuahgambar (Gambar Pak Nadiem Makarim)

5.        Peserta didik menentukan kata sifatberdarkan pertanyaan gur Who is he?

What does her hair look like? What does his face look like?

6.      Guru memberikan penguatan terkait kata sifat dan ungkapan meminta dan memberi informasi terkait deskripsi orang.

7.      Guru Bersama siswa mempraktikkan cara mengucapkan kata sifat yang sudah di pelajari. (KSE-keterampilan Berelasi)

Literasi

 

Mengamati

(observing)

 

 

 

Menanya (questioning)

 

Organize students into learning teams (Mengorganisir siswa kedalam tim-tim belajar)

Mencoba

(experimenting)

 

Mengasosiasi

(associating)

8.        Pserta didik secara berpasangan diberkan LKPD 1(KSE-keterampilan Berelasi)

9.        Guru dan peserta didik mendiskusikan hasil pekerjaan mereka pada LKPD 1

10.     Guru memberikan penguatan. 11. Peserta didik di berikan 5 LKPD

dengan beberapa buah foto/gambar tokoh kemudian memilih salah satu untuk dibuatkan mind map nya untuk dikerjakan dalam kelompok sesuai minatnya, kelompok maksimal terdiri dari 4 orang.(diferensiasi proses)

(KSE-pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

12.     Peserta didik mengumpukan informasitentang penapilan fisik tokoh pada gambar/foto.

13.     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka. (KSE-keterampilan Berelasi)

14.     Masing-masing kelompok menilai dan mengomentari secara lisan hasil

Diskusi atau presentasi kelompok lain.

(KSE-keterampilan Berelasi)

Disiplin Percaya diri Tanggung jawab Kerjasama Berpikir kritis kreativitas komunikasi

 

 

 

 

 

Mengkomunikasikan

 

(communicating)

15.     Peserta didik menyusun teks deskriptif tulis sederhana dan singkat berdasarkan mind map yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok. (KSE-keterampilan Berelasi)

16.     Tiap kelompok mempresentasikan hasil jawaban masing-masing berupa teks tulis mengenai teman sekelasnya tersebut didepan kelas dengan percayadiri. (KSE-keterampilan Berelasi)

16.     Masing-masing kelompok menilai dan mengomentari secara lisan hasil

diskusiatau presentasi kelompok lain.

 

 

Assist team work and study

(Membantu kerja tim dan belajar)

18. Guru membimbing kelompok kelompok belajar pada saat merakabekerja kelompok.

Bekerja sama Kolaborasi

Test on the materials (Mengevaluasi)

19. Secara individu, peserta didik mengerjakan LKPD menjodohkan teks deskriptif dengan gambar tokoh, membuat manid map serta meyusun teks deskriptif terkait orang

berdasarkanmanid map tersebut. (KSE-Pengambilan Keputusan yang bertanggungjawab)

Percaya diri Bertanggung jawab Kreativitas

Provide recognition (Memberikan

pengakuan atau

penghargaan)

 

 

 

 

 

 

 

20. Guru meberikan penghargaan kepada peserta didik/kelompok terbaik.

 

 

Kegiatan Penutup

 

1.       Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai struktur teks  deskriptif tulis dengan topik Famous People. (KSE-keterampilan Berelasi)

2.       Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.

3.       Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajarandengan cara menunjukkan hal-hal positif tentang peserta didik selama proses pembelajaran dan pemahaman mereka tentang topik yang

dibahas.

10 menit


 

E.     ASESMEN

1.      Non- kognitif

 

Informasi apa saja yang ingin digali?

Pertanyaan     kunci     yang     ingin ditanyakan

Kesejahteraan psikologis Minat siswa dan gaya belajar

Apa harapan kamu ?

Pergaulan siswa

Hal apa saja yang paling menyenangkan            dan           tidak menyenangkan ?

Kondisi keluarga

Apa saja aktifitas kamu di rumah sewaktu belajar daring ?

 

 

Langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan?

Alat bantu apa yang dibutuhkan?

Menyiapkan form online dengan pilihan jawaban berupa emoticon serta menceritakan melalui tulisan

Form online

Mengkelompokkan    siswa    yang    teridentifikasi    yang memiliki kendala atau tantangan

Platform Webinar

Diskusi dengan guru, kepala sekolah, bahkan jika diperlukan dengan orang tua siswa

Platform Webinar


2.      Asesmen Kognitif

 

    Apakah kalian mempunyai guru favorit? Seperti apa guru favorit kalian? Apakah seperti Ms Harina Stones?

     Read the text below and answer the questions.

 

My favorite teacher is Ms Harina Stones.

 

She is a really caring and a good teacher. She is our class teacher. She comes to our class first and takes attendance. I love to stay attentive to her class. She is very charming and loving. She doesn’t yell at students at all. Her voice is soft and she teaches very well. She is an English teacher. She explains everything very well. We do lots of fun in her class. Our day starts with so much joy and fun for her. She is a smiling lady always. In personal life, Ms Stones is married with a two-year old kid. Hany. I have met with Hany once. We all went to her home on Hany’s birthday.

 

a.  What is the writer? Is she a student or a teacher?

                                                                                                                       _.

b.  Why does the writer like her teacher much?

                                                                                                                      .

c.  Whom Ms Stones live with?                                                       -

                                                                  .

d.  What subject does Ms Stone teach?

                                                                                                              .

e.  When did the writer meet Ms Stones’ kid?

                                                                                                                       _.

f.  Does Ms Stone give too much home work?

                                          .

g.  Why does the writer write the text?

                                                                                                      .

 

 

Di bawah ini tersedia informasi-informasi tentang Ms Harina Stones, Kalian bisa membuat pertanyaan sesuai dengan informasi yang tersedia.

Ask questions for the following answers.

a.                                                           _? Her surname is Stones.

b.                                                             ? No, she isn’t. She is a teacher.

c.                                                             ? She has one kid.

d.                                                             ? Yes, she is. She is attentive.

e.                                                             ? Her hair is short, wavy and white.

 

 

3.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

 

 

    Program Pembelajaran Remedial, dilaksanakan dengan 2 alternatif :

 

    Program pembelajaran remedial dilaksanakan secara klasikal oleh guru apabila lebih dari 50% peserta didik tidak mencapai Capaian Pembelajaran


    Pembelajaran remedial dilaksanakan secara individu dengan pendampingan oleh oleh guru kelas, memperhatikan prestasi akademik yang dicapai

    Remidial melalui tutor sebaya, diharapkan peserta didik yang menempuh pembelajaran akan lebih terbuka dan akrab.

    Program Pembelajaran Pengayaan Program pembelajaran pengayaan dilaksanakan bagi peserta didik yang telah mencapai capaian pembelajaran dengan belajar mandiri untuk lebih mendalami dan pengembangan materi

 

F.      LAMPIRAN

1.      LKPD

 

2.      BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

 

Language Focus/unsur kebahasaan

Describing people

verb 'to be' to describe height, body build and age 'have' and 'has' to describe hair colour, hair length and facial features

E.g. the woman is young and tall. Her eyes are blue They are old,short, and fat

E.g. He has long, straight, black hair and black eyes. They have long, wavy and brown hai

 

 

Mengetahui                                                                             Cangkuang,  Juni 2024

Kepala SMPN 1 Cangkuang                                                   Guru Mata Pelajaran,

 

 

 Dr. Hj. Nenden Surtini, S.Pd, M.MPd                                         Taryanah, M.Pd



LAMPIRAN - LAMPIRAN

 

I.       MATERI AJAR https://youtu.be/UZE-TRLY_5w


 

PHYSICAL APPEARANCE(PENAMPILAN FISIK)

 

 


 


         


She has short hair                She has medium-length hair       She has long hair

 

He is bald                             


He has straight hair               She has curly hair       She has wavy hair


 

How to ask about physical appearance…

What do you look like?

Text Box: I am a middle aged woman.I am tall and Slim. I have long wavy blonde hair and blue eyes.

 

What does she look like?

Text Box: She is young. She is short and fat. She has shoulder-length straight Brown hair and dark eyes.


A.       Penilaian Pengetahuan

 

Tujuan                           :


LKPD I


 


 

 

 

 

Nama Anggota :Kelas         :


1.     Menentukan kata sifat yang tepat untuk menggambarkan penampilan fisik seseorang

2.     Menggunakan kalimat simple present tense dngan benar Kelompok :

 

1. …………….

2. …………….


Hari dan tanggal: ……………….

 

I.       Secara berpasangan perhatikan gambar berikut kemudian tentukan kata sifat yang sesuai berdasarkan gambar!

 

NO

Picture

Description

1

 

She has............. nose

2

 

Her hair is…………..

3

 

He has ………face

4

 

She is…………

(Height)

5

He is…….(Age)

 

Nomor Soal

Bobot Soal per Item

1-5

5

Jawaban yang salah = 0

Jumlah skor maksimal

 

25


 

II.          Deskripsikan gambar berikut dengan memperhatikan contoh pada soal no 1

 

NO

Picture

Description

1

 

What does her face look like? She has an oval face

Her face is oval

2

 

What does her hair look like?

……………………..

……………………..

3

 

What does his nose look like?

……………………..

……………………..

4

 

What does her hair look like?

……………………..

……………………..

5

 

What does his age look like?

……………………..

6

 

What does her built look like?

……………………..

 

 

Nomor Soal

Bobot Soal per Item

1-5

15

Jawaban yang salah = 0

Jumlah skor maksimal

 

75

 

Total Nilai : Jumlah Skor I + jumlah skor II =…

B.      Penilaian keterampilan

LKPD II

(Kelompok 1)

Judul                               : Membuat mind map kata sifat tentang ciri ciri fisik seseorang untuk membuat teks deskriptif

Kelompok                       1

Nama Anggota :

1. …………….

2. …………….

3. …………….

4. …………….

Kelas                              :

Hari dan tanggal: ……………….

 

Look at the picture! (Perhatikan gambar)

I.             Fill in the blank to make a mind map! (isilah kolom kosong untuk membuat peta pikiran!)

 


 

 

II.          Write a short descriptive text based on the mind map! (tuliskan sebuah teks deskriptif teks berdasarkan peta pikiran tersebut!


LKPD II

(Kelompok 2)

Judul                               : Membuat mind map kata sifat tentang ciri ciri fisik seseorang untuk membuat teks deskriptif

Kelompok                       2

Nama Anggota :

1. …………….

2. …………….

3. …………….

4. …………….

Kelas                              :

Hari dan tanggal: ……………….

 

Look at the picture! (Perhatikan gambar)

I.         Fill in the blank to make a mind map! (isilah kolom kosong untuk membuat peta pikiran!)

 


 

 

II.    


Write a short descriptive text based on the mind map! (tuliskan sebuah teks deskriptif teks berdasarkan peta pikiran tersebut!


LKPD II

(Kelompok 3)

Judul                               : Membuat mind map kata sifat tentang ciri ciri fisik seseorang untuk membuat teks deskriptif

Kelompok                       3

Nama Anggota :

1. …………….

2. …………….

3. …………….

4. …………….

Kelas                              :

Hari dan tanggal: ……………….

 

Look at the picture! (Perhatikan gambar)

I.    Fill in the blank to make a mind map! (isilah kolom kosong untuk membuat peta pikiran!)

 

 

 


 

 

II.     Write a short descriptive text based on the mind map! (tuliskan sebuah teks deskriptif teks

berdasarkan peta pikiran tersebut!


LKPD II

(Kelompok 4)

Judul                               : Membuat mind map kata sifat tentang ciri ciri fisik seseorang untuk membuat teks deskriptif

Kelompok                       4

Nama Anggota :

1. …………….

2. …………….

3. …………….

4. …………….

Kelas                              :

Hari dan tanggal: ……………….

 

Look at the picture! (Perhatikan gambar)

III.          Fill in the blank to make a mind map! (isilah kolom kosong untuk membuat peta pikiran!)

 


 

 

 

IV.   Write a short descriptive text based on the mind map! (tuliskan sebuah teks deskriptif teks

berdasarkan peta pikiran tersebut!


LKPD II

(Kelompok 5)

Judul                               : Membuat mind map kata sifat tentang ciri ciri fisik seseorang untuk membuat teks deskriptif

Kelompok                       5

Nama Anggota :

1. …………….

2. …………….

3. …………….

4. …………….

Kelas                              :

Hari dan tanggal: ……………….

 

Look at the picture! (Perhatikan gambar)

I.     Fill in the blank to make a mind map! (isilah kolom kosong untuk membuat peta pikiran!)

 

 


 

 

 

II.     Write a short descriptive text based on the mind map! (tuliskan sebuah teks deskriptif teks

berdasarkan peta pikiran tersebut!



Rubrik penilaian Keterampilan

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

Pilihan kosa kata

Pilihan kosa kata sangat tepat

5

Pilihan kosa kata tepat

4

Pilihankosa kata cukup tepat

3

Pilihan kosa kata kurang tepat

2

Pilihan kosa kata tidak tepat

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

Pilihan Tata Bahasa

Pilihan tata Bahasa sangat tepat

5

Pilihan tata Bahasa tepat

4

Pilihan tata Bahasa cukup tepat

3

Pilihan tata Bahasa kurang tepat

2

Pilihan tata Bahasa tidak tepat

1

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Penulisan kosa kata

Penulisan kosa kata sangat tepat

5

Penulisan kosa kata tepat

4

Penulisan kosa kata cukup tepat

3

Penulisan kosa kata kurang tepat

2

Penulisan kosa kata tidak tepat

1

 

 

 

 

4

 

 

 

 

Kerapihan Tulisan

Tulisan rapih dan mudah dibaca

5

Tulisan tidak rapih tetapi mudah dibaca

4

Tulisan rapih tetpi tidak mudah dibaca

3

Tulisan tidak rapih dan sulit dibaca

2

Tulisan tidak rapih dan tidak terbaca sama sekali

1


LKPD III

 

Judul                               : Menentukan seseorang berdasarkan gambaran fisiknya Nama

Kelas                              :

Hari dan tanggal: ……………….

 

 

 

 

1

 

a. He is young. He has curly black hair. He hasbig black eyes. His face is oval. He has a pointed nose and a small mouth. He is tall.

2

 

b. He is middle aged. He is well built. His hairis curly.his eyes are small. He has a bid nose and a wide mouth. His face is long.

3

 

c.           He is middle aged. He wears glasse. His eyes are slanted. His nose is small.his mouth is also small. He is fat. He is mediumheight.

4

 

d.    He is middle aged. His hair is curly. He has a big nose and a wide mouth. He is tall. Her face is oval.

 

Jawaban benar

25

 

Total skor

100


A.     ASESMEN

1.      Non- kognitif

 

 

Informasi apa saja yang ingin digali?

Pertanyaan      kunci       yang      ingin ditanyakan

Kesejahteraan psikologis Minat siswa dan gaya belajar

Apa harapan kamu ?

Pergaulan siswa

Hal apa saja yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan ?

Kondisi keluarga

Apa saja aktifitas kamu di rumah sewaktu belajar daring ?

 

 

 

 

 

Langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan?

Alat bantu apa yang dibutuhkan?

Menyiapkan form online dengan pilihan jawaban berupa emoticon serta menceritakan melalui tulisan

Form online

Mengkelompokkan siswa yang teridentifikasi yang memiliki kendala atau tantangan

Platform Webinar

Diskusi dengan guru, kepala sekolah, bahkan jika diperlukan dengan orang tua siswa

Platform Webinar


2.      Asesmen Kognitif

 

 

Ø  Apakah kalian mempunyai guru favorit? Seperti apa guru favorit kalian? Apakah seperti Ms Harina Stones?

Ø  Read the text below and answer the questions.

 

 

 

My favorite teacher is MsHarina Stones.

 

 

She is a really caring and a good teacher. She is our class teacher. She comes to our class first and takes attendance. I love to stay attentive to her class. She is very charming and loving. She doesn’t yell at students at all. Her voice is soft and she teaches very well. She is an English teacher. She explains everything very well. We do lots of fun in her class. Our day starts with so much joy and fun for her. She is a smiling lady always. In personal life, Ms Stones is married with a two-year old kid. Hany. I have met with Hany once. We all went to her home on Hany’s birthday.

 

a.  What is the writer? Is she a student or a teacher?

                                                                                                             _.

b.  Why does the writer like her teacher much?

                                                                                                            .

c.  Whom Ms Stones live with?                                                 -

                                                             .

d.  What subject does Ms Stone teach?

                                                                                                     .

e.  When did the writer meet Ms Stones’ kid?

                                                                                                             _.

f. Does Ms Stone give too much home work?

                                       .

g.  Why does the writer write the text?                                                                                            .

 

 

 

Di bawah ini tersedia informasi-informasi tentang Ms. Harina Stones, Kalian bias membuat pertanyaan sesuai dengan informasi yang tersedia.

Ask questions for the following answers.

a.                                                      _? Her surname is Stones.

b.                                                        ? No, she isn’t. She is a teacher.

c.                                                        ? She has one kid.

d.                                                        ? Yes, she is. She is attentive.


e.                                                        ? Her hair is short, wavy and white.

 

 

 

 

3.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

 

 

B.   LAMPIRAN

 

 

v  Program Pembelajaran remedial, dilaksanakan dengan 2 alternatif :

 

 

Ø  Program pembelajaran remedial dilaksanakan secara klasika oleh guru apabila lebih dari 50% peserta didik tidak mencapai Capaian Pembelajaran

Ø  Pembelajaran remedial dilaksanakan secara individu dengan pendampingan oleh guru kelas, memperhatikan prestasi akademik yang dicapai

Ø  Remidialmelalui tutor sebaya, diharapkan peserta didik yang menempuh pembelajaran akan lebih terbuka dan akrab.

v Program Pembelajaran Pengayaan Program pembelajaran pengayaan dilaksanakan bagi peserta didik yang telah mencapai capaian pembelajaran dengan belajar mandiri untuk lebih mendalam dan pengembangan materi

BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

 

Language Focus/unsurkebahasaan

Describing people

verb 'to be' to describe height, body build and age 'have' and 'has' to describe hair colour, hair length and facial features

E.g. the woman is young and tall. Her eyes are blue They are old, short, and fat

E.g. He has long, straight, black hair and black

eyes. They have long, wavy and brown hai

8.      Formative Assessment

 

 

FORMATIVE ASSESSMENT MODUL 1

IT’S NICE TO BE FRIENDLY

 

 

CHOOSE THE BEST ANSWER, A, B, C, OR D

1.     Waitress              : “Good afternoon, Ma’am!”

Ms. Nita          :                             !”

Waitress         : “What do you like to order?”

Ms. Nita          : “I’d like to have fried rice and tea.” Waitress         : “Alright. Please, wait for a while.”

A.     Hi

B.     Hey

C.     Afternoon

D.     Good afternoon, Miss

 

2.    Jack        : Hey. Morning, Rita.! Rita

:               Morning, Jack!Don       :

Pleased to meet you.

Rita     : Pleased to meet you, too.

A.     Hi

B.     Hello

C.     How do you do.

D.     How have you been.

 

3.    Dinda : Hello, Eddy. It’s been a long time.Eddy : Hi, Dinda. How are you doing? Dinda : …. How about you?

Eddy : Great. So happy to see you again.

A.     So long

B.     I’m doing fine

C.     I’m little bit sick

D.     I have to go now


4.    Ms. Dahlia           : Hello, Ms. Lita. How are you doing?Ms. Lita                                : …. I need to go to the hospital. Ms.

Dahlia                    : I hope you get better soon.

A.     Great

B.     I’m fine

C.     Never better

D.     I’m not feeling well

 

5.    Mega                    : “Mr.Hambali, I’d like to introduce my father.”

Mr. Sukarno : “How do you do, Mr. Hambali?” Mr. Hambali : …, Mr. Sukarno.”

A.     I am fine

B.     Never better

C.     Good afternoon

D.     How do you do

 

6.    Ega         : “Let me introduce you to my twin, Egi.” Egi : “Nice, to meet you, Rafael. ” Rafael : “Hi, Egi.     , too.”

A.     I’m nice, right.

B.     It’s a great day.

C.     Long time no see.

D.     It’s nice to meet you, too.

 

7.    Bella      : “Chintya, my mom is waiting at home. I’ll go home first.”

Chintya          : “Okay, Bella. See you tomorrow.” Bella : “….”

A.     It’s very kind of you

B.     I’m fine thank you

C.     Nice to meet you

D.     See you

 

8.    Nana     : “Etty, the bell rings. I have to go to class now.”

Etty      : “Alright, see you after school.” Nana : “….”

A.     Great

B.     See you

C.     Nice to meet you.

D.     It’s very kind of you.


9.    Claire : “I think. It’s time for us to finish this task” Richard            : “I think so. Its 9 pm. I have to go home.”Claire : “.             Richard                        : “See you tomorrow”

A.     Good bye

B.     That’s alright

C.     I am sorry too

D.     Don’t mention it

 

10.     Lenny                 : “Vonny, I broke your ruler.”

Vonny          : “It’s okay. I still have another one.”

A.   Sorry

B.    Thank you

C.    Are you okay

D.   I have to go home now.

 

11.  Tia          : “Mom, I’m sorry I arrive late.”

Mother            : “… Please tell me first next time, okay.”

A.     Don’t worry about it.

B.     I’m glad you do it.

C.     You are welcome.

D.     You are so nice.

 

12.  Tita         : “I lost my pen. Can I borrow your pen before the test?”

Lala     : Sorry, I only have one pen.”

The underlined word is the expression of ….

A.     leave taking

B.     apologizing

C.     thanking

D.     greeting

 

13.  Clara : “Can I borrow your sharpener?”

James : “Sure here it is.”Clara : “Thank you.” James : “….”

A.     Don’t mention it

B.     Thank you

C.     I’m sorry

D.     I’m fine.


14.  Nunik : ”Would you add your soup?”

Fini     : “Enough. Thank you for the dinner.” The underlined sentence is the expressions of

A.     leave taking

B.     apologizing

C.     thanking

D.     greeting

 

15.  Mother                : “Have you cleaned the floor Reva?”

Reva : “…. I forget.”

A.     Thank you

B.     Don’t worry

C.     I’m very sorry

D.     It doesn’t matter

 

Dialogue (For question number 16 - 20 )

 

Marsha meets Ms. Rini, the English teacher in front of the library.” Marsha                : “Good morning, Ms. Rini.”

Ms. Rini              : “Good morning, Marsha.” Marsha                             : “How are you today, Ms Rini?” Ms. Rini                      : “I’m fine, but I’m little bit busy.”

Marsha                : “Ms. Rini, can I help you bringing the books?”Ms. Rini: “Thank you, Marsha. It’s very kind of you.” Marsha   : “Don’t mention it, Ma’am.”

Ms. Rini              : “Please put them in the teacher’s office on Ms. Imelda’s table.” Marsha                : “Okay, Ms Rini.”

Ms. Rini              : Sorry, Marsha. I have to leave first. See you in the lesson.” Ms. Rini                      : “It doesn’t matter, Ma’am. See you.”

 

16.  What does Marsha do for Ms. Rini? She ….

A.     reads the book

B.     brings the books

C.     buys the books

D.     borrows the book

 

17.  Where will Marsha put the books?

A.     At the teacher office

B.     In front of the class

C.     In the library

            D. At the library                                                                                                                        


18.  From the text we know that ….

A.     Marsha brings her books to the classroom.

B.     Marsha goes to teacher’s office herself.

C.     Ms. Rini and Marsha walk together.

D.     Ms. Imelda helps Ms. Rini.

 

19.  “Please put them in the teacher’s office…”. The underlined word refers to….

A.     the books

B.     the tables

C.     the offices

D.     the students

 

20. The underlined words is the expression of ….

A.     thanking

B.     apologizing

C.     leave taking

D.     asking condition


No comments:

Post a Comment