Tuesday, 26 May 2015

Mengapa Saya Layak Menjadi Guru Berprestasi





Bab I  Latar Belakang
Guru adalah pendidik professional yang mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik seperti yang disebutkan dalam UU No 14/2005. Guru  menjadi ujung tombak  dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Menjadi guru bukanlah cita-cita awal penulis. Namun dengan berkembangnya waktu, setelah hampir 18 tahun merasakan bagaimana menjadi guru, ternyata menjadi seorang guru lah profesi yang paling tepat dan mulia.
Dengan peran seorang guru, seorang siswa bisa berhasil menggapai cita-citanya dengan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diarahkan oleh para guru. Selain itu, tugas seorang guru juga merupakan bagian dari ibadah. Mengamalkan ilmu untuk kemaslahatan umat merupakan amalan yang tidak terputus oleh kematian. Seorang guru juga berpengaruh besar dalam pembentukan kepribadian seorang murid. Guru bisa membuat perubahan di lingkungannya dengan keteladanannya. Alangkah bahagianya ketika mengetahui salah satu murid bisa berhasil dalam hidup dan kehidupannya.
Bisa mewarnai kehidupan dan lingkungan dengan hal-hal yang penulis lakukan merupakan visi hidup penulis. Bisa membuat perubahan walau sekecil apapun kearah yang lebih baik merupakan misi yang harus dilakukan. Hal itulah yang memotivasi penulis untuk menjadi seorang guru. Bisa berbuat sesuatu untuk lingkungan, bermanfaat bagi orang lain dengan kemampuan  yang dimiliki merupakan kebanggaan bagi penulis.
Keikutsertaan penulis dalam seleksi Guru Berprestasi disebabkan beberapa alas an. Yang pertama, sebenarnya penulis merasa berat untuk mengemban amanat dari rekan-rekan sejawat dan kepala sekolah untuk mengikuti lomba ini. Hal ini disebabkan penulis merasa masih banyak kekurangan untuk memenuhi syarat-syarat sebagai guru berprestasi. Masih jauh dari kategori layak. Namun, karena didorong dengan motivasi dan kepercayaan dari teman-teman sejawat dan kepala sekolah, akhirnya penulis memberanikan diri mengikuti  lomba ini.
Yang  kedua, karena adanya dorongan untuk meningkatkan profesionalisme sebagai guru. Menjadi guru berprestasi merupakan salah satu langkah untuk pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Seperti disebutkan dalam peraturan bahwa seorang guru berprestasi menjadi contoh atau model bagi guru lainnya karena dianggap memiliki prestasi yang luar biasa atau melebihi yang dicapai guru lain sehingga berdampak positif terhadap peningkatan mutu dan  proses hasil pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.
Yang  ketiga,  dengan mengikuti seleksi ini, penulis bisa berbagi pengalaman dan bersilaturahmi dengan rekan-rekan guru satu gugus, satu kabupaten. Yang tentunya mereka memiliki keberagaman dalam latar belakang, pengetahuan, pengalaman dan kompetensinya. Bertemu dengan mereka, menjadi sarana untuk menambah pertemanan dan pengalaman.

BAB II  Prestasi yang Layak  Menjadikan Saya sebagai Guru Berprestasi
2.1 Prestasi Akademik
A. Lomba/ Kegiatan Akademik
Ø  Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Gugus III tahun 2013
Ø  Juara 6 Guru Berprestasi tingkat Kabupaten  tahun 2012
Ø  Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Gugus II tahun 2012
Ø  Skor Tertinggi UKG Online bahasa Inggris (Skor 8,2) di SMK Katapang Kab Bandung 10 Oktober2012
Ø  Skor Tertinggi Test TOEIC  segugus SMK Kabupaten Bandung di SMKN 2 Baleendah, tanggal 15 Februari 2007
B. Sertifikat Keahlian yang dimiliki : Sertifikat TOEIC dan TOEFL.
C. Pembimbingan Teman Sejawat
            Dalam proses PKG dan PKB di SMPN 1 Cangkuang, Penulis berperan sebagai Guru Pendamping yang mana bertugas untuk membantu, mendampingi dan memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan guru dalam proses PKG dan PKB.
            Selain itu,  penulis juga terbiasa untuk menjadi sumber informasi atau tempat bertanya bagi rekan-rekan sejawat mengenai informasi-informasi pendidikan terkini, pengetahuan, maupun membantu pengadministrasian. Lebih lanjut, penulis pernah juga membimbing mahasiswa UNIBBA yang sedang melakukan penelitian di SMPN 1 Cangkuang.
            Dalam hal sosial, penulis menjabat sebagai pengurus / sekretaris koperasi sekolah, yang merekap keuangan, mengelola perputaran kredit dan membagikan laporan keuangan kepada anggota tiap bulan sehingga hubungan antar guru lebih dekat. Selain itu,  jika ada dana-dana di luar gaji per bulan, misalnya sertifikasi, penulis dipercaya sebagai pengelola sumbangan atau kas guru untuk kepentingan sosial.
D. Pembimbingan Siswa
      Bimbingan yang diberikan pada siswa diantaranya:
Ø  Pembimbingan menjelang lomba siswa berprestasi, atas nama Chumairoh. Yang berhasil mengantarkan siswa yang bersangkutan menjadi juara 1 tingkat gugus IIdan juara 6 tingkat kabupaten.
Ø  Pembimbingan dalam lomba story telling di gugus II, tahun 2012 yang mengantarkan siswa menjadi juara ke 6.
Ø  Pembimbingan internal dalam story telling tingkat lokal/sekolah
Ø  Pembimbingan  dalam membaca berita/news presenter dalam ekskul  English Club.
Ø  Pembina sekaligus pelatih dalam Ekskul “English Club” setiap hari sabtu.

      2.2  Pengalaman  Mengajar
     
NO
NAMA SEKOLAH/ INSTITUSI
BIDANG STUDI/
MATA KULIAH

LAMA MENGAJAR
1.
SMPN 1 Cangkuang
Bahasa Inggris
2005- sekarang
2.
Universitas  Terbuka (UT) UPJJ Bandung
Bahasa Inggris untuk D2 Perpustakaan
2011-sekarang
3.
Universitas  Subang (UNSUB)
Language Acquisition dan Listening 3 Jurusan Pend Bahasa Inggris
2012 - sekarang
4.
SMA/SMK  Merdeka
Bahasa Inggris, English Conversation
2003- 2012
5.
SMPN 2 Banjaran
Bahasa Inggris
2003-2005
6.
CSBI Bandung
Instruktur  Bahasa Inggris
2003
7.
SMP PGRI  Banjaran
Bahasa Inggris
2000-2003
8.
Balai Bahasa  LAN, Cimandiri Bandung
Bahasa Inggris
1999
9.
STPDN  Jatinangor
Mulok Bahasa Inggris, Utusan dari LAN
2000
10.
SDN Merdeka 5 /IV Kota Bandung
Mulok Bahasa Inggris
Kelas I –VI
1997-1999
11.
SDN Embong I-II
Kota Bandung
Mulok Bahasa Inggris
Kelas I –VI
1997-1999
12.
SMPN 1 Banjaran
Bahasa Inggris
1995-1997

                 Seperti disebutkan di awal, jadi guru bukanlah cita-cita semula. Awalnya diterima PMDK di UGM jurusan Teknik Informatika, tetapi orangtua tidak merestui kuliah di Yogya. Mungkin sudah jalan hidup, penulis akhirnya diterima di IKIP Bandung tahun1994 di jurusan Bahasa Inggris. Dari pengalaman di perkuliahan, penulis mulai mencoba memberi les-les tambahan, membuka terjemahan dan mengajar di sekolah formal. Dari sinilah, penulis berkecimpung dengan dunia keguruan. Ternyata menjadi guru itu menyenangkan dan mendapat penghasilan yang lumayan. Penulis mendapat beasiswa  selama kuliah dan bisa membiayai kuliah dari penghasilan
  Mengajar. Dari situlah dimulai pengalaman mengajar dari mulai anak SD sampai Mahasiswa, dari satu sekolah ke sekolah atau institusi lainnya. Setiap tingkatan pendidikan mempunyai karakteristik masing-masing. Misalnya mengajar anak SD pasti akan berbeda rasanya dengan mengajar anak SMP/SMA. Penulis mendapat pengalaman berharga  dari menjadi guru selama 18 tahun berlalu, karena sesuai dengan visi misi kehidupan penulis, seperti yang disebutkan di awal.

2.3  Prestasi Dalam Pengembangan Profesi
a. Karya Tulis Ilmiah

NO
JUDUL
JENIS
TAHUN
PENERBIT
1)
Improving  the Students’ Motivation and Listening Ability through the Use  of Video (An Action Research at the Eighth Grade Students at SMPN 1 Cangkuang)
PTK

2012

Tidak Diterbitkan
2)
Constructing and Administering Testing and Evaluation at a Vocational School in Southern Bandung
RBP

2011
Tidak Diterbitkan
3)
The Evaluation System of English Teaching in the Implementation of School Based Curriculum for Vocational School ( A Case Study at a Private Vocational School in Soreang)
Tesis

2011

Tidak Diterbitkan
4)
Utilizing Assessment Result for the Betterment of Teaching and Learning Process
RBP
2011
Tidak Diterbitkan
5)
Monolingual and Bilingual  English Learners in one classroom:”Who is at a disadvantage?”
Review Jurnal

2011
Tidak Diterbitkan
6)
Learning Results of  Literature and English Language Teaching
Reflective Journal
2011
Tidak Diterbitkan
7)
“Konvoi Menjelang Kelulusan, Ironi Pendidikan”
Artikel Koran
Forum Guru
11 Mei 2011
Forum Guru, Pikiran Rakyat
8)
Daftar ke SBI …apa sich?

Artikel Koran
Forum Guru

25 Mei 2011
Pikiran Rakyat , Tidak Terbit
9)
Ironi Penerimaan Siswa Baru dan NEM

Artikel Koran
Forum Guru

6 Juli 2012
Pikiran Rakyat , Tidak Terbit
10)
Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media VCD Pembelajaran
Artikel Koran
Forum Guru

20 juni 2011
Pikiran Rakyat , Tidak Terbit
11)
“SK Pemerataan Guru PNS : Suatu Berkah atau Ancaman?”
Artikel Koran
Forum Guru
12 Januari 2012
Pikiran Rakyat , Tidak Terbit
12)
Inovasi dalam Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Kegiatan di Luar Kelas
Artikel Koran
Forum Guru

19 Mei 2011
Pikiran Rakyat , Tidak Terbit
13)
Evaluasi  dalam Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis KTSP: Suatu Refleksi Diri
Artikel Koran
Forum Guru

29 April 2011
Pikiran Rakyat , Tidak Terbit
14)
Exploring Students’ Understanding on English Speech Acts in the First Grade Materials of Students of SMPN 1 Cangkuang
Jurnal
2011
LPPM UPI Bandung
15)
The Influence of English Material Development on the Students’ Achievement( An Experimental Study of the Fifth Grade Students at SDN Merdeka 5/IV )
Skripsi

1999

Tidak Diterbitkan
16)
Exploring the Students’ Cultural Awarenes through Watching the Video
RBP
2010
Tidak Diterbitkan
17)
Sample  Lesson Unit and Instructional Procedures for Teaching English for Young Learners
Artikel

2011
Tidak Diterbitkan



b.  Modifikasi /Membuat Alat Pembelajaran

NO
JENIS MEDIA/ALAT
TAHUN
SUMBER DANA
1.
Alat peraga wayang “story telling”
2012
sendiri
2.
Alat peraga   ‘procedure text’
2012
sendiri


c. Keikutsertaan  dalam Forum Ilmiah

NO
JENIS KEGIATAN
TAHUN
PERAN
   TINGKAT

1.
Lesson study
2012
Peserta
Gugus
2.
MGMP Bahasa Inggris
2012
Peserta
Gugus
3.
Seminar on the Teaching of English
2012
Peserta
Nasional

4.
Cengage Learning, ELT day
2008
Peserta
KOTA/KAB BANDUNG
5.
Seminar bagi Para Guru
2009
Peserta
NASIONAL
6.
Seminar Pendidikan Internasional dalam Menunjang Program Sertifikasi Guru
2009
Peserta
NASIONAL
7.
Konferensi  PGRI Kabupaten Bandung
2012
Peserta
KABUPATEN





BAB III  Prestasi Dalam  Berkeluarga dan Bermasyarakat
Dalam keluarga penulis, ditanamkan nilai bahwa pendidikanlah modal utama dalam kehidupan, warisan yang paling berharga. Penulis berusaha untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak penulis. Selain di sekolah formal dan di madrasah, penulis menempatkan di keluarga lah tempat pendidikan yang utama. Melalui keteladanan, pendidikan agama, dan pengetahuan formal, penulis lakukan bersama suami dalam mendidik, mengajar dan mengarahkan anak-anak penulis. Kegiatan yang dilakukan misalnya membantu dalam mengerjakan PR/ belajar bersama anak, mengaji bersama atau sholat berjamaah di rumah.
Dalam masyarakat, penulis aktif di kegiatan kemasyarakatan, antara lain senam pagi ibu-ibu setiap selasa dan jumat, pengajian rutin, anggota koperasi RW, arisan dan kegiatan  desa.  Kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan antara lain :
NO
NAMA ORGANISASI
TAHUN
JABATAN
TINGKAT
1.      
PGRI  Kec. Cangkuang
2012
SEKBID
Cabang
2.      
KPU Kab Bandung dalam Pilbup dan Wabup
2010
Anggota
TPS
3.      
KPU-KPPS Desa Ciluncat dalam  Pemilu Anggota DPR,DPD dan DPRD, Pilpres dan Wapres
2009
Ketua TPS
TPS
4.      
KPU Kab Bandung dalam Pilbup dan Wabup
2005
Ketua TPS
TPS
5.      
P2KP Desa Ciluncat
2003
Anggota
Desa
6.      
Karang Taruna
1996
Ketua
RW

BAB IV  Harapan dan Rencana  Kegiatan Masa Datang
Harapan :
  1. Pendidikan di Kabupaten Bandung, terdepan atau lebih maju dari sekarang.
  2. Tingkat kelulusan, khususnya SMP semakin baik sesuai kemampuan yang sebenarnya.
  3. Tingkat kelulusan dari berbagai jenjang pendidikan terus meningkat
  4. Kerjasama dari berbagai pihak semakin peduli terhadap dunia pendidikan di Kab. Bandung
  5. Peningkatan profesionalisme  guru semakin lebih baik
Rencana :
1.      Pengembangan profesi berkelanjutan
2.      Membuat perpustakaan bagi masyarakat
3.      Meningkatkan “link”.
4.      Membuat buku pegangan siswa.
5.      Membuat program sekolah unggulan.

Demikian uraian yang bisa penulis sampaikan mengenai aspek-aspek yang penulis miliki untuk dipertimbangkan sebagai guru berprestasi.




















Mengapa Saya Layak Menjadi Guru Berprestasi




DIAJUKAN OLEH:


NAMA      :   Taryanah, M.Pd
            NIP           :   19741225 200801 2003







DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN BANDUNG
SMP NEGERI 1 CANGKUANG
Jalan Tenjolaya Desa Ciluncat Kecamatan Cangkuang
Kabupaten Bandung Telp. (022) 5944744
2013

No comments:

Post a Comment