Bab
I Latar Belakang
Guru adalah pendidik professional yang mempunyai
tugas utama mendidik, mengajar, mengarahkan,melatih, menilai dan mengevaluasi
peserta didik seperti yang disebutkan dalam UU No 14/2005. Guru menjadi ujung tombak dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Menjadi
guru bukanlah cita-cita awal penulis. Namun dengan berkembangnya waktu, setelah
hampir 18 tahun merasakan bagaimana menjadi guru, ternyata menjadi seorang guru
lah profesi yang paling tepat dan mulia.
Dengan peran seorang guru, seorang siswa bisa
berhasil menggapai cita-citanya dengan bekal pengetahuan, keterampilan dan
sikap yang diarahkan oleh para guru. Selain itu, tugas seorang guru juga
merupakan bagian dari ibadah. Mengamalkan ilmu untuk kemaslahatan umat
merupakan amalan yang tidak terputus oleh kematian. Seorang guru juga berpengaruh besar
dalam pembentukan kepribadian seorang murid. Guru bisa membuat perubahan di
lingkungannya dengan keteladanannya. Alangkah bahagianya ketika mengetahui
salah satu murid bisa berhasil dalam hidup dan kehidupannya.
Bisa
mewarnai kehidupan dan lingkungan dengan hal-hal yang penulis lakukan merupakan
visi hidup penulis. Bisa membuat perubahan walau sekecil apapun kearah yang
lebih baik merupakan misi yang harus dilakukan. Hal itulah yang memotivasi
penulis untuk menjadi seorang guru. Bisa berbuat sesuatu untuk lingkungan,
bermanfaat bagi orang lain dengan kemampuan
yang dimiliki merupakan kebanggaan bagi penulis.
Keikutsertaan
penulis dalam seleksi Guru Berprestasi disebabkan beberapa alas an. Yang
pertama, sebenarnya penulis merasa berat untuk mengemban amanat dari
rekan-rekan sejawat dan kepala sekolah untuk mengikuti lomba ini. Hal ini
disebabkan penulis merasa masih banyak kekurangan untuk memenuhi syarat-syarat
sebagai guru berprestasi. Masih jauh dari kategori layak. Namun, karena
didorong dengan motivasi dan kepercayaan dari teman-teman sejawat dan kepala
sekolah, akhirnya penulis memberanikan diri mengikuti lomba ini.
Yang kedua, karena adanya dorongan untuk
meningkatkan profesionalisme sebagai guru. Menjadi guru
berprestasi merupakan salah satu langkah untuk pembinaan dan pengembangan
profesionalisme guru untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Seperti
disebutkan dalam peraturan bahwa seorang guru berprestasi menjadi contoh atau
model bagi guru lainnya karena dianggap memiliki prestasi yang luar biasa atau
melebihi yang dicapai guru lain sehingga berdampak positif terhadap peningkatan
mutu dan proses hasil pembelajaran
menuju standar nasional pendidikan.
Yang
ketiga, dengan mengikuti seleksi
ini, penulis bisa berbagi pengalaman dan bersilaturahmi dengan rekan-rekan guru
satu gugus, satu kabupaten. Yang tentunya mereka memiliki keberagaman dalam
latar belakang, pengetahuan, pengalaman dan kompetensinya. Bertemu dengan
mereka, menjadi sarana untuk menambah pertemanan dan pengalaman.
BAB II Prestasi yang Layak Menjadikan Saya sebagai Guru Berprestasi
2.1 Prestasi Akademik
A.
Lomba/ Kegiatan Akademik
Ø Juara
1 Guru Berprestasi Tingkat Gugus III tahun 2013
Ø Juara
6 Guru Berprestasi tingkat Kabupaten
tahun 2012
Ø Juara
1 Guru Berprestasi Tingkat Gugus II tahun 2012
Ø Skor
Tertinggi UKG Online bahasa Inggris (Skor 8,2) di SMK Katapang Kab Bandung 10
Oktober2012
Ø Skor
Tertinggi Test TOEIC segugus SMK
Kabupaten Bandung di SMKN 2 Baleendah, tanggal 15 Februari 2007
B.
Sertifikat Keahlian yang dimiliki : Sertifikat TOEIC dan TOEFL.
C.
Pembimbingan Teman Sejawat
Dalam
proses PKG dan PKB di SMPN 1 Cangkuang, Penulis berperan sebagai Guru Pendamping
yang mana bertugas untuk membantu, mendampingi dan memfasilitasi kebutuhan yang
diperlukan guru dalam proses PKG dan PKB.
Selain
itu, penulis juga terbiasa untuk menjadi
sumber informasi atau tempat bertanya bagi rekan-rekan sejawat mengenai informasi-informasi
pendidikan terkini, pengetahuan, maupun membantu pengadministrasian. Lebih
lanjut, penulis pernah juga membimbing mahasiswa UNIBBA yang sedang melakukan
penelitian di SMPN 1 Cangkuang.
Dalam hal sosial, penulis menjabat
sebagai pengurus / sekretaris koperasi sekolah, yang merekap keuangan,
mengelola perputaran kredit dan membagikan laporan keuangan kepada anggota tiap
bulan sehingga hubungan antar guru lebih dekat. Selain itu, jika ada dana-dana di luar gaji per bulan,
misalnya sertifikasi, penulis dipercaya sebagai pengelola sumbangan atau kas
guru untuk kepentingan sosial.
D. Pembimbingan Siswa
Bimbingan
yang diberikan pada siswa diantaranya:
Ø Pembimbingan menjelang lomba siswa
berprestasi, atas nama Chumairoh. Yang berhasil mengantarkan siswa yang
bersangkutan menjadi juara 1 tingkat gugus IIdan juara 6 tingkat kabupaten.
Ø Pembimbingan dalam lomba story
telling di gugus II, tahun 2012 yang mengantarkan siswa menjadi juara ke 6.
Ø Pembimbingan internal dalam story
telling tingkat lokal/sekolah
Ø Pembimbingan dalam membaca berita/news presenter dalam
ekskul English Club.
Ø Pembina sekaligus pelatih dalam
Ekskul “English Club” setiap hari sabtu.
2.2 Pengalaman
Mengajar
NO
|
NAMA SEKOLAH/ INSTITUSI
|
BIDANG STUDI/
MATA KULIAH
|
LAMA MENGAJAR
|
1.
|
SMPN
1 Cangkuang
|
Bahasa
Inggris
|
2005-
sekarang
|
2.
|
Universitas Terbuka (UT) UPJJ Bandung
|
Bahasa
Inggris untuk D2 Perpustakaan
|
2011-sekarang
|
3.
|
Universitas Subang (UNSUB)
|
Language
Acquisition dan Listening 3 Jurusan Pend Bahasa Inggris
|
2012 -
sekarang
|
4.
|
SMA/SMK Merdeka
|
Bahasa
Inggris, English Conversation
|
2003- 2012
|
5.
|
SMPN
2 Banjaran
|
Bahasa
Inggris
|
2003-2005
|
6.
|
CSBI
Bandung
|
Instruktur Bahasa Inggris
|
2003
|
7.
|
SMP
PGRI Banjaran
|
Bahasa
Inggris
|
2000-2003
|
8.
|
Balai
Bahasa LAN, Cimandiri Bandung
|
Bahasa
Inggris
|
1999
|
9.
|
STPDN Jatinangor
|
Mulok
Bahasa Inggris, Utusan dari LAN
|
2000
|
10.
|
SDN
Merdeka 5 /IV Kota Bandung
|
Mulok
Bahasa Inggris
Kelas I
–VI
|
1997-1999
|
11.
|
SDN
Embong I-II
Kota
Bandung
|
Mulok
Bahasa Inggris
Kelas I
–VI
|
1997-1999
|
12.
|
SMPN
1 Banjaran
|
Bahasa
Inggris
|
1995-1997
|
Seperti disebutkan di awal, jadi guru bukanlah
cita-cita semula. Awalnya diterima PMDK di UGM jurusan Teknik Informatika,
tetapi orangtua tidak merestui kuliah di Yogya. Mungkin sudah jalan hidup,
penulis akhirnya diterima di IKIP Bandung tahun1994 di jurusan Bahasa Inggris.
Dari pengalaman di perkuliahan, penulis mulai mencoba memberi les-les tambahan,
membuka terjemahan dan mengajar di sekolah formal. Dari sinilah, penulis
berkecimpung dengan dunia keguruan. Ternyata menjadi guru itu menyenangkan dan
mendapat penghasilan yang lumayan. Penulis mendapat beasiswa selama kuliah dan bisa membiayai kuliah dari
penghasilan
Mengajar. Dari situlah dimulai pengalaman
mengajar dari mulai anak SD sampai Mahasiswa, dari satu sekolah ke sekolah atau
institusi lainnya. Setiap tingkatan pendidikan mempunyai karakteristik
masing-masing. Misalnya mengajar anak SD pasti akan berbeda rasanya dengan
mengajar anak SMP/SMA. Penulis mendapat pengalaman berharga dari menjadi guru selama 18 tahun berlalu,
karena sesuai dengan visi misi kehidupan penulis, seperti yang disebutkan di
awal.
2.3
Prestasi Dalam Pengembangan Profesi
a.
Karya Tulis Ilmiah
NO
|
JUDUL
|
JENIS
|
TAHUN
|
PENERBIT
|
1)
|
Improving the Students’ Motivation and Listening
Ability through the Use of Video (An
Action Research at the Eighth Grade Students at SMPN 1 Cangkuang)
|
PTK
|
2012
|
Tidak
Diterbitkan
|
2)
|
Constructing
and Administering Testing and Evaluation at a Vocational School in Southern Bandung
|
RBP
|
2011
|
Tidak
Diterbitkan
|
3)
|
The
Evaluation System of English Teaching in the Implementation of School Based
Curriculum for Vocational School ( A Case Study at a Private Vocational
School in Soreang)
|
Tesis
|
2011
|
Tidak
Diterbitkan
|
4)
|
Utilizing
Assessment Result for the Betterment of Teaching and Learning Process
|
RBP
|
2011
|
Tidak
Diterbitkan
|
5)
|
Monolingual
and Bilingual English Learners in one
classroom:”Who is at a disadvantage?”
|
Review
Jurnal
|
2011
|
Tidak
Diterbitkan
|
6)
|
Learning
Results of Literature and English
Language Teaching
|
Reflective
Journal
|
2011
|
Tidak
Diterbitkan
|
7)
|
“Konvoi Menjelang
Kelulusan, Ironi Pendidikan”
|
Artikel
Koran
Forum
Guru
|
11
Mei 2011
|
Forum
Guru, Pikiran Rakyat
|
8)
|
Daftar ke SBI …apa sich?
|
Artikel
Koran
Forum
Guru
|
25
Mei 2011
|
Pikiran Rakyat , Tidak
Terbit
|
9)
|
Ironi
Penerimaan Siswa Baru dan NEM
|
Artikel
Koran
Forum
Guru
|
6
Juli 2012
|
Pikiran Rakyat , Tidak
Terbit
|
10)
|
Pembelajaran
Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media VCD Pembelajaran
|
Artikel
Koran
Forum
Guru
|
20
juni 2011
|
Pikiran Rakyat , Tidak
Terbit
|
11)
|
“SK
Pemerataan Guru PNS : Suatu Berkah atau Ancaman?”
|
Artikel
Koran
Forum
Guru
|
12
Januari 2012
|
Pikiran Rakyat , Tidak
Terbit
|
12)
|
Inovasi
dalam Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Kegiatan di Luar Kelas
|
Artikel
Koran
Forum
Guru
|
19
Mei 2011
|
Pikiran Rakyat , Tidak
Terbit
|
13)
|
Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis
KTSP: Suatu Refleksi Diri
|
Artikel
Koran
Forum
Guru
|
29
April 2011
|
Pikiran Rakyat , Tidak
Terbit
|
14)
|
Exploring Students’
Understanding on English Speech Acts in the First Grade Materials of Students
of SMPN 1 Cangkuang
|
Jurnal
|
2011
|
LPPM
UPI Bandung
|
15)
|
The Influence of English
Material Development on the Students’ Achievement( An Experimental Study of
the Fifth Grade Students at SDN Merdeka 5/IV )
|
Skripsi
|
1999
|
Tidak
Diterbitkan
|
16)
|
Exploring the Students’
Cultural Awarenes through Watching the Video
|
RBP
|
2010
|
Tidak
Diterbitkan
|
17)
|
Sample Lesson Unit
and Instructional Procedures for Teaching English for Young Learners
|
Artikel
|
2011
|
Tidak
Diterbitkan
|
b. Modifikasi /Membuat Alat Pembelajaran
NO
|
JENIS MEDIA/ALAT
|
TAHUN
|
SUMBER DANA
|
1.
|
Alat
peraga wayang “story telling”
|
2012
|
sendiri
|
2.
|
Alat
peraga ‘procedure text’
|
2012
|
sendiri
|
c.
Keikutsertaan dalam Forum Ilmiah
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
TAHUN
|
PERAN
|
TINGKAT
|
1.
|
Lesson
study
|
2012
|
Peserta
|
Gugus
|
2.
|
MGMP
Bahasa Inggris
|
2012
|
Peserta
|
Gugus
|
3.
|
Seminar
on the Teaching of English
|
2012
|
Peserta
|
Nasional
|
4.
|
Cengage
Learning, ELT day
|
2008
|
Peserta
|
KOTA/KAB BANDUNG
|
5.
|
Seminar
bagi Para Guru
|
2009
|
Peserta
|
NASIONAL
|
6.
|
Seminar
Pendidikan Internasional dalam Menunjang Program Sertifikasi Guru
|
2009
|
Peserta
|
NASIONAL
|
7.
|
Konferensi PGRI Kabupaten Bandung
|
2012
|
Peserta
|
KABUPATEN
|
BAB
III Prestasi Dalam Berkeluarga dan Bermasyarakat
Dalam keluarga penulis, ditanamkan nilai bahwa
pendidikanlah modal utama dalam kehidupan, warisan yang paling berharga.
Penulis berusaha untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak
penulis. Selain di sekolah formal dan di madrasah, penulis menempatkan di
keluarga lah tempat pendidikan yang utama. Melalui keteladanan, pendidikan
agama, dan pengetahuan formal, penulis lakukan bersama suami dalam mendidik,
mengajar dan mengarahkan anak-anak penulis. Kegiatan yang dilakukan misalnya
membantu dalam mengerjakan PR/ belajar bersama anak, mengaji bersama atau
sholat berjamaah di rumah.
Dalam masyarakat, penulis aktif di kegiatan
kemasyarakatan, antara lain senam pagi ibu-ibu setiap selasa dan jumat,
pengajian rutin, anggota koperasi RW, arisan dan kegiatan desa.
Kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan antara lain :
NO
|
NAMA ORGANISASI
|
TAHUN
|
JABATAN
|
TINGKAT
|
1.
|
PGRI Kec. Cangkuang
|
2012
|
SEKBID
|
Cabang
|
2.
|
KPU
Kab Bandung dalam Pilbup dan Wabup
|
2010
|
Anggota
|
TPS
|
3.
|
KPU-KPPS
Desa Ciluncat dalam Pemilu Anggota
DPR,DPD dan DPRD, Pilpres dan Wapres
|
2009
|
Ketua
TPS
|
TPS
|
4.
|
2005
|
Ketua
TPS
|
TPS
|
|
5.
|
P2KP
Desa Ciluncat
|
2003
|
Anggota
|
Desa
|
6.
|
Karang
Taruna
|
1996
|
Ketua
|
RW
|
BAB
IV Harapan dan Rencana Kegiatan Masa Datang
Harapan :
- Pendidikan di Kabupaten Bandung, terdepan atau lebih maju dari sekarang.
- Tingkat kelulusan, khususnya SMP semakin baik sesuai kemampuan yang sebenarnya.
- Tingkat kelulusan dari berbagai jenjang pendidikan terus meningkat
- Kerjasama dari berbagai pihak semakin peduli terhadap dunia pendidikan di Kab. Bandung
- Peningkatan profesionalisme guru semakin lebih baik
Rencana
:
1. Pengembangan
profesi berkelanjutan
2. Membuat
perpustakaan bagi masyarakat
3. Meningkatkan “link”.
4. Membuat buku pegangan siswa.
5. Membuat program sekolah unggulan.
Demikian uraian yang bisa penulis
sampaikan mengenai aspek-aspek yang penulis miliki untuk dipertimbangkan
sebagai guru berprestasi.
Mengapa Saya Layak Menjadi Guru Berprestasi
DIAJUKAN
OLEH:
NAMA :
Taryanah, M.Pd
NIP :
19741225 200801 2003
DINAS PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
KABUPATEN BANDUNG
SMP NEGERI 1 CANGKUANG
Jalan Tenjolaya Desa Ciluncat Kecamatan Cangkuang
Kabupaten Bandung Telp. (022) 5944744
2013
No comments:
Post a Comment