JURNAL REFLEKSI MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
“Dialog tidak
dapat terjadi tanpa kerendahan hati “(Paulo Freire)
Pada modul 2.2 ini saya mempelajari Pembelajaran Sosial dan Emosional. Pada awal ,
saya ditanya tentang pengalaman yang pernah saya alami sebagai guru dalam
hubungannya dengan masalah sosial dan
emosional. Kemudian ada ekplorasi konsep
yang berisi materi-materi tentang Kompetensi Sosial Emosional, Pembelajarannya
serta Implementasinya di sekolah. Selain itu juga diselingi dengan tugas-tugas
yang berisi refleksi dari tiap-tiap materi yang telah dipelajari. Tujuan dari
materi Pembelajaran Sosial Emosional adalah memberikan pemahaman, penghayatan
dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri); menetapkan dan mencapai
tujuan positif (pengelolaan diri); merasakan dan menunjukan empati kepada orang
lain (kesadaran sosial); dan membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Saya sangat bersyukur mendapat pengeatahuan luar
biasa dan berpengaruh terhadap
eksistensi saya menjalani profesi sebagai guru. Sebenarnya pembelajaran social dan
emosional sudah saya jalankan namun tidak tahu bahwa hal tersebut merupakan
pembelajaran social dan emosiona. Dengan
mempelajri modul 2.2 ini, saya lebih faham
tentang pembelajaran social dan emosional
dan bersemangat dalam
mengimplementasikan semua yang saya dapatkan. Saya harap dengan mempelajari
ini, saya akan mampu mengontrol setiap emosi dalam diri saya yang tentunya
berdampak kepada orang lain serta memberikan contoh kepada rekan sejawat
lainnya.
Pembelajaran bermakna yang saya peroleh setelah
mempelajari modul 2.2 adalah bahwa mengenali emosi diri sebelum melakukan
setiap tindakan itu harus, agar tindakan tersebut tidak berdampak buruk bagi
diri sendiri maupun orang lain. Selain mengenali emosi diri, kita juga dituntut
untuk mampu mengelola emosi tersebut agar kita kembali ke keadaan semula yaitu
dalam keadaan yang bahagia. Selain itu, banyak lagi ilmu yang saya dapatkan di
modul ini seperti kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan
keputusan yang bertanggung jawab. Semua materi tersebut bertujuan untuk
menciptakan hubungan yang baik dan positif dengan sesama rekan kerja, dengan
murid maupun dengan masyarakat disekitar kita.
Setelah mempelajari modul 2.2 ini saya berencana
untuk menerapkannya terlebih dahulu dalam lingkup kelas saya di sekolah seperti
melakukan Bernafas dengan kesadaran penuh sebelum memulai pembelajaran dengan
teknik STOP, kemudian juga mengintegrasikan kompetensi tersebut dalam
pembelajaran saya seperti menerapkan kompetensi kesadaran sosial dalam
perencanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan, kemudian menerapkan
keterampilan berelasi pada saat melakukan refleksi ataupun memberikan umpan
balik terhadap hasil kerja teman maupun penjelasan guru dengan menggunakan
kata-kata yang positif dan mudah dimengerti.
No comments:
Post a Comment