Sunday, 21 March 2021

KISI-KISI DAN LATIHAN SOAL US BAHASA INGGRIS 2021

 

KISI – KISI SOAL UJIAN SEKOLAH

TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Jenis Sekolah               : SMPN 1 Cangkuang

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Bentuk Soal                : Pilihan Ganda

No

Kompetensi Dasar

Jenis Teks

Lingkup Materi

Indikator Soal

Level

Nomor Soal

1

3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

Descriptive teks

Fungsi Sosial Teks

 

Disajikan teks deskriptif, peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan topic dari teks tersebut

C4

1

2

Struktur Teks

Disajikan teks deskriptif, peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi rincian peristiwa dari teks tersebut

C2

2

3

Struktur Teks

Disajikan teks deskriptif, peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan rincian peristiwa dari teks tersebut

C4

3

4

3.12 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

Announcement

Struktur Teks

Disajikan teks pengumuman, peserta didik diminta menyimpulkan rincian peristiwa pada teks tersebut

C4

4

5

Struktur Teks

Disajikan teks pengumuman, peserta didik diminta menyimpulkan pendapat yang menjadi ide utama pada teks tersebut

C4

5

6

3.12 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

Notice

Fungsi Sosial

 

 

 

Disajikan teks peringatan peserta didik mampu menyimpulkan tujuan penulisan teks.

C2

6

7

Struktur Teks

Disajikan teks peringatan peserta didik mampu menyimpulkan tempat yang tepat untuk memasang teks.

C4

9

8

3.4  Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

Procedure Text

Fungsional teks

Disajikan teks prosedur, peserta didik diminta untuk menyimpulkan tujuan dari teks tersebut

C4

7

9

Struktur teks

Disajikan teks prosedur, peserta didik diminta untuk menyimpulkan rincian langkah dari teks tersebut

C4

8

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.11Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan  teks naratif berbentuk cerita rakyat, sesuai dengan konteks penggunanaanya.

Narrative Text

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks naratif berupa cerita rakyat, peserta didik mengidentifikasikan unsur kebahasaan yang terkait dengan teks berupa rujukan kata.

C3

10

11

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks naratif berupa cerita rakyat, peserta didik mengidentifikasikan unsur kebahasaan yang terkait dengan teks berupa persamaan kata.

C3

11

12

Struktur Teks

Disajikan teks naratif berupa cerita rakyat, peserta didik mengidentifikasikan struktur teks berupa keterkaitan  makna antar bagian-bagian tertentu dalam teks.

C3

12

13

Fungsi Sosial

Disajikan teks naratif berupa cerita rakyat, peserta didik menganalisi aspek fungsi sosial teks berupa sikap / nilai moral yang diusung.

C4

13

14

3.11 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

Recount Text

Fungsi Sosial Teks

Disajikan text Recount, peserta didik dapat menyimpulkan isi dari text tersebut

C4

14

15

Struktur Teks

Disajikan teks recount, peserta didik menyimpulkan ide pokok dari paragraph tertentu

C4

15

16

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks Recount, peserta didik mengidentifikasi sinonim dari kata yang digarisbawahi

C4

16

17

3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya

Advertisement

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks iklan peserta didik mampu menyimpulkan informasi dari unsur kebahasaan dalam teks.

C3

17

18

3.4   Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

Procedure Text

Struktur Teks

Disajikan teks prosedur, peserta didik diminta untuk menyimpulkan rincian langkah dari teks tersebut

C2

18

19

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks prosedur, peserta didik diminta untuk mengidentifikasi persamaan makna kata yang berkaitan dengan isi teks

C2

19

20

Struktur Teks

Disajikan teks prosedur, peserta didik diminta untuk menyimpulkan rincian langkah dari teks tersebut

 

 

 

 

 

C2

20

21

3.13.  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial , pendek dan sederhana sesuai dengan konteks pembelajaran

Report Text

Fungsi Sosial

Disajikan teks faktual report pendek sederhana, peserta didik menganalisis gambaran umum teks report tentang media sosial

C4

21

22

 

Disajikan teks faktual report pendek sederhana, peserta didik menganalisis latar belakang/alasan yang terkait dengan informasi tertentu dalam teks.

C4

22

23

 

Disajikan teks faktual report pendek sederhana, peserta didik menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berupa persamaan kata.

C3

23

24

 

Disajikan teks faktual report pendek sederhana, peserta didik menyimpulkan aspek-aspek fungsi sosial teks berupa akibat/dampak/manfaat.

C4

24

25

3.4     Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  menyuruh, mengajak, meminta ijin, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

Invitation

Fungsi Sosial

Disajikan sebuah undangan tertulis, peserta didik diminta untuk menentukan tujuan text

C4

25

26

Struktur Teks

Disajikan undangan tertulis, peserta didik dapat menggali informasi tersirat

C4

26

27

3.10  Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya

Advertisement

Struktur Teks

Disajikan teks iklan peserta didik mampu menentukan keterkaitan makna terperinci dalam teks.

C2

27

28

3.11 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

Recount Text

Fungsi Sosial Teks

Disajikan text Recount, peserta didik dapat menyimpulkan isi dari text tersebut

C4

28

29

Struktur Teks

Disajikan teks recount, peserta didik menyimpulkan ide pokok dari paragraph tertentu

C4

29

30

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks Recount, peserta didik mengidentifikasi sinonim dari kata yang digarisbawahi

C4

30

31

3.3. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks

interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan

memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan must, should)

Obligation

Struktur Teks

Disajikan dialogue tentang suatu aturan, peserta didik dapat menjelaskan tentang rincian informasi yang berkaitan dengan peristiwa lainnya.

 

C3

31

32

Struktur Teks

Disajikan dialogue tentang suatu aturan, peserta didik dapat menjelaskan tentang rincian informasi yang berkaitan dengan peristiwa lainnya.

C3

32

33

3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

Short Message

Fungsi Sosial

Disajikan teks pesan pendek peserta didik mampu menjelaskan tujuan penulisan teks.

C2

33

34

Notice

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks peringatan peserta didik mampu mengidentifikasi lambang atau kata yang memiliki makna yang tepat sesuai dengan  teks.

C3

34

35

3.15 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.

 

Fungsi Sosial

Disajikan teks berupa lirik lagu, peserta didik menyimpulkan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni.

C4

35

36

 

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks berupa lirik lagu, peserta didik menganalis unsur kebahasaan berupa kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.karya seni.

 

C4

36

37

3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya

Label

Struktur Teks

Disajikan teks label, peserta didik diminta menyimpulkan informasi rinci tersirat dari teks

C4

37

38

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks label, peserta didik dapat menentukan makna kata yang digarisbawahi.

C4

38

39

3.13.  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial , pendek dan sederhana sesuai dengan konteks pembelajaran

Report Text

Fungsi Sosial Teks

Disajikan teks laporan tentang hewan, peserta didik menyimpulkan isu utama dari teks tersebut

C4

39

40

Struktur Teks

Disajikan teks laporan tentang hewan, peserta didik menyimpulkan ide utama dari salah satu paragraph diteks tersebut

C4

40

41

3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan must, should)

Notice/caution/warning

Fungsi Sosial

Disajikan sebuah gambar, peserta didik diminta menjelaskan makna dari notice tersebut.

C4

41

42

Struktur Teks

Disajikan sebuah papan peringatan atau himbauan, peserta didik diminta mengidentifikasi informasi tersirat

 

 

C4

42

43

Struktur Teks

Peserta didik diminta menentukan informasi tersirat dari teks.

C3

43

44

3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya

Advertisement

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks iklan peserta didik mampu menyimpulkan informasi dari unsur kebahasaan dalam teks.

C3

44

45

3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya

Label

Struktur Teks

Disajikan teks label, peserta didik diminta menyimpulkan informasi rinci tersirat dari teks

C4

45

46

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks label, peserta didik dapat menentukan makna kata yang digaris bawahi.

C4

46

47

3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

Letter

Fungsi Sosial

Disajikan sebuah surat untuk sahabat, peserta didik menyimpulkan alasan sipenulis membuat surat tersebut

C4

47

48

Struktur teks

Disajikan sebuah surat untuk sahabat, peserta didik menyimpulkan isi dari surat tersebut

C4

48

49

3.4   Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

Procedure Text

Struktur Teks

Disajikan sebuat teks prosedur, peserta didik menyusun langkah-langkah yang benar.

C3

49

50

3.12   Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

Warning

Unsur Kebahasaan

Disajikan teks peringatan peserta didik mampu mengidentifikasi lambang atau kata yang memiliki makna yang tepat sesuai dengan  teks.

C3

50

 

Bandingkan :

 DRAFT INTI KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH

Jenis Sekolah           : SMP/MTs

Mata Pelajaran          : Bahasa  Inggris

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

BAHAN SEMESTER

MATERI

INDIKATOR

NOMOR SOAL

 

 

 

 PESAN SINGKAT

Disajikan sebuah PESAN SINGKAT tentang KEGIATAN SEKOLAH, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS  dengan tepat.

1

 

 

 

 

 

Disajikan sebuah PESAN SINGKAT tentang KEGIATAN SEKOLAH, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL SESUI DENGAN PESAN  dengan tepat.

 2

 

 

 

 PENGUMUMAN

Disajikan sebuah PENGUMUMAN yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS  dengan tepat.

3

 

 

 

 

 

Disajikan sebuah PENGUMUMAN tentang KEGIATAN SEKOLAH, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang ISI PESAN TEKS  dengan tepat.

4

 

 

 

 

 

Disajikan sebuah PENGUMUMAN tentang KEGIATAN SEKOLAH, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA  dengan tepat.

5

 

 

 

 PESAN SINGKAT KEGIATAN SEHARI HARI

Disajikan sebuah PESAN SINGKAT tentang KEGIATAN SEHARI HARI, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang PENERIMA  dengan tepat.

6

 

 

Disajikan sebuah PESAN SINGKAT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL SESUAI PESAN  dengan tepat.

7

 

 

 

 

Disajikan sebuah PESAN yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RUJUKAN KATA  dengan tepat.

8

 

 PENGUMUMAN KEGIATAN SEHARI HARI

Disajikan sebuah PENGUMUMAN tentang KEGIATAN SEHARI HARI, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TEMPAT DITEMUKANNYA dengan tepat.

9

 

 

 

 

Disajikan sebuah PENGUMUMAN yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL SETELAH MEMBACA TEKS dengan tepat.

10

 

 

Disajikan sebuah PENGUMUMAN  yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang UNSUR GRAMATIKAL  dengan tepat.

11

 

 

 

 UNDANGAN PRIBADI

Disajikan sebuah UNDANGAN PRIBADI , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat.

12

 

 

Disajikan sebuah UNDANGAN PRIBADI yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL SETELAH MEMBACA TEKS dengan tepat.

13

 

 

Disajikan sebuah UNDANGAN PRIBADI yang sama , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN KEGIATAN DALAM TEKS dengan tepat.

14

 

 

 

 

Disajikan sebuah UNDANGAN PRIBADI yang sama , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat.

15

 

 IKLAN 

Disajikan sebuah IKLAN PRODUK MAKANAN/MINUMAN/ELEKTRONIK , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat.

16

 

 

Disajikan sebuah IKLAN yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang BAGIAN/ISI PESAN dengan tepat.

17

 

 

 

 

 

Disajikan sebuah IKLAN yang sama , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat.

18

 

 IKLAN

Disajikan sebuah IKLAN JASA KURSUS/HOTEL peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang PENERIMA IKLAN dengan tepat.

19

 

 

Disajikan sebuah IKLAN yang sama , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  BAGIAN YANG MENJADI FOKUS TEKS dengan tepat.

20

 

 

Disajikan sebuah IKLAN yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat.

21

 

 

 

DESCRIPTIVE

Disajikan sebuah DESCRIPTIVE tentang ORANG POPULER,  peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat.

22

 

 

Disajikan sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN DESKRIPSI (KARAKTER) dengan tepat.

23

 

 

Disajikan sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN KARAKTER TOKOH  dengan tepat.

24

 

 

 

 

 

Disajikan sebuah DESCRIPTIVE tentang ORANG TERDEKAT,  peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TMAKNA KATA  dengan tepat.

25

 

 DESCRIPTIVE

Disajikan sebuah DESCRIPTIVE tentang IKON OBJECT WISATA DI LUAR NEGERI , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TOPIKTEKS dengan tepat.

26

 

 

Disajikan sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang GAMBARAN SALAH SATU BAGIAN OBJECT dengan tepat.

27

 

 

Disajikan sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG MUNGKIN AKAN DILAKUKAN dengan tepat.

28

 

 

 

 

Disajikan sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RUJUKAN KATA dengan tepat.

29

 

RECOUNT

Disajikan sebuah RECOUNT tentang pengalaman, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TOPIKTEKS dengan tepat.

30

 

 

Disajikan sebuah RECOUNT yang sama , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN PERISTIWA dengan tepat.

31

 

 

Disajikan sebuah RECOUNT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang SALAH SATU RINCIAN TINDAKAN dengan tepat.

32

 

 

 

 

 

Disajikan sebuah RECOUNT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat.

33

 

 PROCEDURE

Disajikan sebuah PROCEDURE MANUAL  tentang MENOPERASIKAN SESUATU, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat.

34

 

 

Disajikan sebuah PROCEDURE yang sama,  peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN LANGKAH KEGIATAN dengan tepat.

35

 

 

 

 

 

Disajikan sebuah PROCEDURE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN PERISTIWA KETERKAITAN DENGAN LANGKAH  dengan tepat.

36

 

 

Disajikan sebuah PROCEDURE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RUJUKAN KATA  dengan tepat.

37

 

 NARRATIVE

Disajikan sebuah NARRATIVE  tentang FOLKTALE LUAR NEGERI, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TOPIK TEKS dengan tepat.

38

 

 

Disajikan sebuah NARRATIVE  yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MASALAH YANG DIHADAPI dengan tepat.

39

 

 

Disajikan sebuah yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang AKIBAT DARI SALAH SATU PERISTIWA dengan tepat.

40

 

 

Disajikan sebuah NARRATIVE  yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang DESKRIPSI TOKOH dengan tepat.

41

 

 

 

 REPORT

Disajikan sebuah REPORT tentang PERISTIWA ALAM, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TOPIK (FRASA) dengan tepat.

42

 

 

Disajikan sebuah REPORT t yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang ASPEK YANG DIDESKRIPSIKAN dengan tepat.

43

 

 

 

Disajikan sebuah REPORT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN DESKRIPSI dengan tepat.

44

 

 

 

 

Disajikan sebuah REPORT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TARGET AUDIENCE  dengan tepat.  

45

 

REPORT

Disajikan sebuah REPORT tentang BINATANG ( REPTILE), peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat.

46

 

 

 

 

Disajikan sebuah REPORT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang JENIS-JENIS YANG DIDESKRIPSIKAN  dengan tepat.

47

 

 

Disajikan sebuah REPORT yang sama , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang PERNYATAAN YANG MANFAAT SETELAH MEMBACA TEKS dengan tepat.

48

 

 

 

 

 RECOUNT

Disajikan sebuah RECOUNT tentang HAL YANG MENYENANGKAN, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MANFAAT SETELAH MEMBACA  TEKS dengan tepat.

49

 

 

 

 

Disajikan sebuah RECOUNT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang PERNYATAAN YANG MENJELASKAN ALASAN TERJADINYA PERISTIWA dengan tepat.

50

 

 

 

 

Disajikan sebuah RECOUNT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  KATA SAMBUNG UNTUK MELENGKAPI TEKS dengan tepat.

51

 

 

 

NARRATIVE

Disajikan sebuah NARRATIVE BERBENTUK FABLE, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat.

52

 

 

 

 

Disajikan sebuah NARRATIVE  yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL SALAH SATU TOKOH  dengan tepat.

53

 

 

 

 

Disajikan sebuah NARRATIVE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RUJUKAN KATA dengan tepat.

54

 

 

 

LABEL

Disajikan sebuah LABLE  tentang MAKANAN / MINUMAN, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MANFAAT ADANYA INFORMASI dengan tepat.

55

 

 

 

 

Disajikan sebuah LABEL  yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang UNSUR UNSUR YANG ADA DALAM TEKS dengan tepat.

56

 

 

 

 

Disajikan sebuah LABEL  yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat.

57

 

 

 

GREETING CARD

Disajikan sebuah GREETING CARD  tentang KEBERHASILAN SESEORANG, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS  dengan tepat.

 

58

 

 

 

 

Disajikan sebuah GREETING CARD  yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MAKNA KALIMAT TERTENTU  dengan tepat.

59

 

 

 

 

Disajikan sebuah GREETING CARD  yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang PERSAMAAN KATA/ SYNONYM  dengan tepat.

60

 

 

 

TREND KALIMAT TANYA YANG DIPAKAI DALAM UN TAHUN 2017 adalah hanya dibagi dalam 3 kelompok yaitu:

  1. FUNGSI SOSIAL
  2. STRUKTUR TEXT
  3. UNSUR KEBAHASAAN

 

  1. FUNGSI SOSIAL:

1.       Tujuan penulisan teks

2.       The text is written to….

3.       What is the writer’s intention to write the text?

4.       Who is the text addressed to?

a.       The text is likely addressed to….

5.       The text is about….                                  

a.       The topic of the text is….

b.       =Jawabannya berupa frase bukan hanya 1 kata

6.       The profession of the writer is likely…./ What is likely the writer of the text?

7.       Where can we find such kind of the text?

 

  1. STRUKTUR TEKS
  1. After eceiving the message, what will Ida do?
  2. How is the product being advertised?
  3. What is the characteristic of…?
  4. The adventages of Aloe Veracan be found in paragraph….
  5. The main idea of the second paragraph is….
  6. Based on the text, what will happen if we do not cut the wood?
  7. Based on the steps on the text, what is the adventages of the rope?
  8. Based on the steps on the text, the blender will stop unless….
  9. The word “him” refers to….

 

 

  1. UNSUR KEBAHASAAN:
  1. The underlined word is closest in meaning to….
  2. Grammar tetapi tetap sesuai konteks text yang dipakai..
  3. Conjunction tapi tetap terkait sesuai dengan teks yang tersedia

 






 
LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

 

Choose A, B, C, or D which best answer the questions. Read Text 1 to answer question 1.

Text 1

Text Box: WARNING: Dangerous cliffs

Watch your children
Stay in your car during lighting storms
No pets or bicycles on trails
Do not leave valuables in your car


 

Indikator             : Menentukan makna teks fungsional pendek berbentuk warning.

Indikator soal : Disajikan sebuah teks warning tentang keamanan di tempat rekreasi/ taman nasional, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna warning itu dengan tepat.

Soal                       :

1.       What does the text mean?

A.            It tells us about the cliffs, children, and trails.

B.             It asks us to stay in our car with our children.

C.             It forbids us to do bring pets and money.

D.            It reminds us about safety in the cliffs.

 

Kunci jawaban : D

Pembahasan        : Frase ‘dangerous cliffs’ yang diikuti rincian kegiatan yang harus dilakukan dan dihindari supaya bahayanya cliff bisa diminimalisir menunjukkan teks itu mengingatkan kita untuk menjaga keselamatan di tempat itu.


 

 

Read Text 2 to answer questions 2 and 3.

Text 2

Text Box: Dear Wawan,
Congratulations on the big win in the Tour de Java race! Enjoy your success today, and look forward to a future success.
From Yulia


 

Indikator             : Menentukan informasi rinci dalam teks fungsional pendek berbentuk greeting card.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks greeting card tentang prestasi dalam lomba olahraga, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks itu dengan tepat.

Soal                      :

2.       What has Wawan won?

A.            Race.

B.             Tour.

C.             Success.

D.            Big win.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Frase “Tour de Java race” menjadi kunci bahwa yang dimenangkan wawan adalah race (balap sepeda).

 

Indikator             : Menentukan tujuan komunikatif teks fungsional pendek berbentuk greeting card.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks greeting card tentang prestasi dalam lomba olahraga, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks itu dengan tepat.

Soal                      :

3.       What is Yulia’s purpose for writing the text?

A.            To celebrate the win.

B.             To congratulate Wawan.

C.             To wish for success.

D.            To look forward to winning.


 

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Kata “congratulation” menjadi kunci bahwa Yulia ingin memberi selamat kepada wawan atas prestasi balap sepedanya.

 

Read Text 3 to answer questions 4 and 5.

Text 3

Text Box: Dear Sulaiman,
I feel bad to tell you this, but I need to let you know that that your scout leader application has been denied. We currently need somebody who is strong enough to carry out our program. Upon reviewing your experience, we consider that you would likely be unable to take that responsibility.
Needless to say, I feel very badly about this situation. As your achievement is in science competition, I suggest that you join the science club instead.

Thanks for understanding, Sukarman


 

Indikator             : Menentukan informasi tersirat dalam teks fungsional pendek berbentuk short message.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks short message tentang berita yang tidak menyenangkan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks itu dengan tepat.

Soal                       :

 

4.       What does Sukarman mean in his statement “…need somebody who is strong enough”?

A.            Sulaiman is weak.

B.             Scout leader is a hard job.

C.             Sulaiman is too smart.

D.            Scout doesn’t want Sulaiman.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Frase “somebody who is strong” dan “you are unable” menyiratkan bahwa keadaan Sulaiman berlawanan dari yang diharapkan yaitu strong. Ini berarti Sulaiman itu lemah.


 

 

Indikator             : Menentukan informasi tertentu dalam teks fungsional pendek berbentuk short message.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks short message tentang berita yang tidak menyenangkan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks itu dengan tepat.

Soal                      :

5.       What is the application about?

A.            Science club.

B.             Scout leader.

C.             Science competition.

D.            Our program manager.

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Frase “your scout leader application” menunjukkan bahwa Sulaiman melamar sebagai scout leader.

 

Read Text 4 to answer questions 6 and 7.

Text 4

Text Box: Public Service Announcement: Temporary Closure of Parks Due to Forest Fires
Lady Evelyn Falls Campground will be temporarily closed due to forest fires in the area. This is a precautionary measure. Individuals with reservations at Lady Evelyn Falls Campground will receive refunds. These parks will remain closed until such time as it is safe for campers and visitors to return to the area.
The Department of Industry, Tourism and Investment thanks you for your cooperation.
For more information, please contact the South Slave Regional Superintendent at 0867- 872-643.


 

Indikator             : Menentukan tujuan komunikatif teks fungsional pendek berbentuk announcement.

Indikator soal : Disajikan sebuah teks announcement di tempat rekreasi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks itu dengan tepat.

Soal                      :

6.       Why is the text written?

A.            To promote Lady Evelyn Falls Campground.

B.             To close Lady Evelyn Falls Campground.

C.             To announce closure of Lady Evelyn Falls Campground.

D.            To thank the individuals with reservations at Lady Evelyn Falls Campground.


 

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Dalam judul teks, berturut-turut setelah kata “announcement” adalah “temporary closure of Lady Evelyn Falls Campground”. Ini menunjukkan tujuan teks ini.

 

Indikator             : Menentukan informasi rinci dalam teks fungsional pendek berbentuk announcement.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks announcement di tempat rekreasi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks itu dengan tepat.

Soal                       :

7.       What will happen to the booking of the reservations?

A.            It will be closed.

B.             It will be refunded.

C.             It will be announced.

D.            It will be contacted.

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Kalimat “Individuals with reservations at Lady Evelyn Falls Campground will receive refunds” menunjukkan akan ada refund bagi yang sudah pesan. Reservations=bookings.

 

Read Text 5 to answer questions 8 and 9.

Text 5

Text Box: 20 September 2014 Dear Jamilah,
You are invited to attend a meeting to plan our school anniversary programs. The meeting will be held on Monday, 22 September 2014 in Student Center.
One of the purposes of the meeting is to brainstorm programs for celebrating our school anniversary and to decide who will be in-charge-of them. Along with students of Grades 8 and 9, we will also invite Mr. Jaelani, the vice school principal on academic matters.
If you have any questions about this letter or the meeting, please give me a call at 0812345678 or stop by my class (Grade 9D).
We look forward to having the meeting with you and other students.

Sincerely, Siti Aminah
Student Association President



 

 

Indikator             : Menentukan rujukan kata dalam teks fungsional pendek berbentuk invitation.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks invitation tentang rapat OSIS, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam teks itu dengan tepat.

Soal                      :

8.       What does “Them” in “who will be in-charge-of them” refer to?

A.            Purposes.

B.             Students.

C.             You and other students.

D.            Programs.

 

Kunci jawaban : D

Pembahasan        : Kata benda jamak dalam kalimat itu adalah purposes dan programs.

Nah yang terkait kata in-charge-of adalah program.

 

Indikator             : Menentukan informasi tertentu dalam teks fungsional pendek berbentuk invitation.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks invitation tentang rapat OSIS, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks itu dengan tepat.

Soal                      :

9.       Where can Jamilah meet Siti Aminah?

A.            In Student center.

B.             In 9D classroom.

C.             In the meeting.

D.            In the anniversary.

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Frase “stop by my class (Grade 9D)” menunjukkan tempat bisa bertemu nya adalah kelas 9D.


 

 

Read Text 6 to answer questions 10 and 11.

Text 6


 

Indikator             : Menentukan informasi rinci dalam teks fungsional pendek berbentuk schedule.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks schedule tentang tur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks itu dengan tepat.

Soal                       :

10.   Who will camp at Philip Island?

A.            Grade 7.

B.             Grade 8.

C.             Grade 9.

D.            Grades 7-8.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Sudah jelas dalam “Tuesday, 26th: Grade 7 depart for camp at Phillip Island” menunjukkan Grade 7 yang akan camping di Philip Island.


 

 

Indikator             : Menentukan informasi tersirat dalam teks fungsional pendek berbentuk schedule.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks schedule tentang tur sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks itu dengan tepat.

Soal                      :

11.   Who is the busiest class?

A.            Grade 7.

B.             Grade 8.

C.             Grade 9.

D.            Grades 7-8.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Dari teks di dapat informasi Grade 7 muncul di empat kegiatan.

 

Read Text 7 to answer questions 12 to 14.

Text 7

 

Subject       : Hello Ismawati

From          : habibah.granada@gmail.com To                    : ismawati@yahoo.co.id

Date           : Fri, 22 August, 2014

 

Dear Ismawati,

Hello! My name is Habibah and I am your new friend. I am fourteen years old and I am a Spanish. I live in Granada in Spain. Attached are photographs of the people in my family. My father’s name is Yousef. He’s a chemist. My mother’s name is Maryam. My brother’s name is Fauzan and my sister’s name is Raysa. I am the girl with short brown hair. My cat’s name is Pluto. He’s in the photograph with me.

I like tennis but I don’t like basketball. My favourite subject is Geography, but I don’t like math because it’s difficult. I love pop music but I don’t like opera. I like cats but I don’t like dogs. My favourite singer is Westlife. They are fantastic.

What about you? What does Indonesia look like? What do you like? Who’s your favourite singer? Please write email soon and tell me about yourself.

 

Best wishes,

Habibah

(Reading and Writing Targets 2: Student Book, 1999, p. 4)


 

 

Indikator             : Menentukan tujuan komunikatif teks fungsional pendek berbentuk surat (email).

Indikator soal : Disajikan sebuah teks surat (email) tentang perkenalan diri, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif dalam teks itu dengan tepat.

Soal                       :

12.   What is the purpose of the text?

A.            To greet Ismawati.

B.             To send a photograph.

C.             To introduce the writer.

D.            To describe a country.

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan : Dari hal nya email “hello” dan dari kalimat pertama dalam surat “I’m your new friend” dapat disimpulkan email itu untuk memperkenalkan diri penulis.

 

Indikator             : Menentukan informasi tertentu dalam teks fungsional pendek berbentuk surat (email).

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks surat (email) tentang perkenalan diri, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks itu dengan tepat.

Soal                       :

13.   Who is Habibah’s sister?

A.            Ismawati.

B.             Yousef.

C.             Maryam.

D.            Raysa.

 

Kunci jawaban : D

Pembahasan        : Dari kalimat “my sister’s name is Raysa” dapat disimpulkan nama saudari penulis adalah Raysa.


 

 

Indikator             : Menentukan makna kata dalam teks fungsional pendek berbentuk surat (email).

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks surat (email) tentang perkenalan diri, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam teks itu dengan tepat.

Soal                      :

14.   What does “attached” mean in “Attached are photographs of the..”?

A.            Enclosed.

B.             Glued.

C.             Sent.

D.            Seen.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Sinonim kata “attached” adalah enclosed (terlampir).

 

Read Text 8 to answer questions 15 to 17.

Text 8

Text Box: Aircruise Australia in Style
12-Day Great Australian Aircruise
Departs May-September 2014

Highlights and inclusions:
-	Fully inclusive, all meals, all accommodation, all touring and travel by private chartered Dash 8 aircraft
-	Explore the Australian outback-flying directly into Longreach, Katherine, Darwin, the Kimberly, Uluru and Kakadu
-	Experience the spectacular aerial sightseeing of the Bunge Bungle Range and the Mitchel falls and exclusive ground touring throughout
-	Fully inclusive special offer price from Melbourne $12,995 per person twin share. Single supplement $1,629



 

 

Indikator             : Menentukan informasi tersirat dalam teks fungsional pendek berbentuk advertisement.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks advertisement tentang wisata, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks itu dengan tepat.

Soal                       :

15.   Where is the text possibly printed?

A.            Longreach.

B.             Katherine.

C.             Darwin.

D.            Melbourne.

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Kalimat “offer price from Melbourne $12,995 per person” mensyiratkat teks itu khusus untuk Melbourne, atau dicetak di Melbourne.

 

Indikator             : Menentukan tujuan penulisan teks fungsional pendek berbentuk advertisement.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks advertisement tentang wisata, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan penulisan teks itu dengan tepat.

Soal                       :

16.   What is the text written for?

A.            To describe aircruise.

B.             To offer an aircruise tour.

C.             To inform the beauty of outback.

D.            To charter an aircraft.

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Rincian informasi dalam teks menawarkan paket wisata lewat udara keliling Australia.


 

 

Indikator             : Menentukan informasi rinci dalam teks fungsional pendek berbentuk advertisement.

Indikator soal      : Disajikan sebuah teks advertisement tentang wisata, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks itu dengan tepat.

Soal                      :

17.   Where will be ground touring held?

A.            Uluru and Kakadu.

B.             Darwin and the Kimberly.

C.             The Mitchel falls and the Bunge Bungle Range.

D.            Longreach and Katherine.

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Kata “ground touring throughout” ditulis setelah sightseeing of the the Bunge Bungle Range and the Mitchel fall. Jadi trouringnya berlaku untuk dua tempat tersebut.

 

Read Text 9 to answer Questions 18 to 20

Text 9

Text Box: Hay fever can occur all year round but it is traditionally worse in the spring months when the pollen count in the air is high. Hay fever is a common name for allergic rhinitis – meaning an allergy in the nose. The allergic reaction causes the nasal passages to become inflamed and produce more mucous. Some of the common symptoms are : sneezing; runny or stuffy nose; itchy ears ,nose and throat; red, itchy and watery eyes and sometimes headaches.
Tips to try and reduce hay fever symptoms:
1: Stay indoors where possible on windy and stormy days.
2: Smear Vaseline on the inside of your nose to help stop the air-borne pollen touching the lining of your nose.
3: Splash your eyes often with cold water as this tries to flush out any pollen.
4: Try and reduce contact with known allergens. For example –pet fur, flowers, dust
etc.
5: Anti-histamine medications in the form of tablets, nasal sprays and eye drops may help alleviate symptoms but you need to discuss this with your doctor or pharmacist.



 

 

Indikator             : Menentukan tujuan penulisan esai pendek berbentuk procedure.

Indikator soal : Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang tips, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan penulisan esai itu dengan tepat.

Soal                       :

18.   What is the purpose of the text?

A.            To explain what hay fever is.

B.             To describe the cure of hay fever.

C.             To give ways to reduce hay fever symptoms.

D.            To cure hay fever by medicines.

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Rangkaian daftar hal-hal yang perlu dilakukan agar tidak terkena hayfever menunjukkan esai ditulis untuk memberikan tips/ways to reduce hay fever symptoms.

 

Indikator             : Menentukan rujukan kata dalam esai pendek berbentuk procedure.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang tips, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam esai itu dengan tepat.

Soal                       :

19.   What does “this” in “you need to discuss this with your doctor or pharmacist” refer to?

A.            Taking anti-histamine.

B.             Using nasal sprays.

C.             Applying eye drops.

D.            Alleviating symptoms.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Kata “this” biasanya merujuk pada suatu tindakan. Tindakan yang harus dilakukan dalam tip tersebut adalah untuk meminum/taking anti- histamine.


 

 

Indikator             : Menentukan makna kata dalam esai pendek berbentuk procedure.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang tips, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

20.   What does “air-borne pollen” mean?

A.            Pollen from flowers.

B.             Pollen taken by air.

C.             Pollen produced by air.

D.            Pollen in the air.

 

Kunci jawaban : D

Pembahasan        : Kata “air-borne” berarti tersebar lewat udara, yang berarti yang ada di udara (in the air), bukan yang diambil oleh udara (taken by air).

 

Read Text 10 to answer Questions 21 to 24

Text 10

Text Box: My favorite book is Matilda, a book written by Ronald Dahl, which was published in 1988 in London by Jonathan Cape. It is about a girl who lives with a foster family who abuse her and do not give her affection.
The girl goes to a school where a teacher is rude to children. But in that school she meets a very good teacher that is great. Professor and girl are slowly holding his affection and spending more time together.
As they spend more time together, they realize they have much in common. At the end, Matilda’s parents are leaving the city because of problems with the law and they let her in custody of the teacher. Matilda is very happy.
(http://englishforeso.wordpress.com/2011/05/14/my-favourite-book/)


 

Indikator             : Menentukan gambaran umum esai pendek berbentuk descriptive.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai descriptive pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum esai itu dengan tepat.

Soal                      :

21.   What is the text about?

A.            A girl named Matilda.

B.             Matilda, a favourite book.

C.             The story of Matilda.

D.            A book titled Matilda.


 

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Kata pertama menunjukkan topic esai descriptive, yaitu Matilda, judul buku favorit penulis.

 

Indikator             : Menentukan pokok pikiran paragraph dalam esai pendek berbentuk descriptive.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai descriptive pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf dalam esai itu dengan tepat.

Soal                       :

22.   What does paragraph 2 tell?

A.            Name of the book and why it’s favourite.

B.             The professor in Matilda’s school.

C.             Matilda’s school experience.

D.            Hard life of Matilda.

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Inti cerita di paragraph 2 adalah pengalaman Matilda di sekolah, yaitu diajar oleh guru yang kurang simpatik walaupun ada satu orang yang baik pada Matilda.

 

Indikator             : Menentukan informasi rinci dalam esai pendek berbentuk descriptive.

Indikator soal : Disajikan sebuah esai descriptive pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai itu dengan tepat.

Soal                       :

23.   Why did the family leave Matilda?

A.            They disliked her.

B.             She hated them.

C.             The professor asked them.

D.            They had law problem.

 

Kunci jawaban : D

Pembahasan        : Frase “because of problems with the law” menunjukkan mereka berurusan dengan hukum.


 

 

Indikator             : Menentukan rujukan kata dalam esai pendek berbentuk descriptive.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

24.   What does “they” in “they let her in custody of the teacher” refer to?

A.            A foster family.

B.             Matilda and Professor.

C.             A teacher and children.

D.            Matilda’s parents.

 

Kunci jawaban : D

Pembahasan        : Kata benda jamak sebelum kata “they” dalam kalimat ini Cuma parents. Jadi they merujuk pada Matilda’s parents.

 

Read Text 11 to complete the blanks of questions 25 to 27.

Text 11

Text Box: Orville and Wilbur Wright invented the first successful (25)… . Orville took their plane, name d “flyer 1” up in the air in 1903. It flew for 12 seconds. Orville had to lie down to (26) …the plane. He balanced it by moving his hips. Wilbur took the plane up on the fourth flight of the day. It stayed in the air for 59 seconds. But a gust of wind knocked it over and wrecked it after landing. It was the flight of “Flyer 1”. But the two brothers had opened the door to a whole (27)… age. (Addison Wesley ESL Student book, 1992, p.31)


 

Indikator             : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk recount sederhana.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.

Soal                      :

25.   A. telephone

B.      car

C.      airplane

D.     helicopter

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Wright bersaudara terkenal sebagai pencipta pesawat terbang. Di kalimat kedua pun ada keterangan “they took their plane”. Jadi kata yang tepat adalah airplane.


 

 

Indikator             : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk recount sederhana.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.

Soal                       :

26.   A. drive

B.      fly

C.      direct

D.      steer

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Terkait dengan kalimat “they took their plane”. Jadi kata yang tepat

adalah untuk menerbangkan pesawat adala “fly”.

 

Indikator             : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk recount sederhana.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.

Soal:

 

27.   A. great

B.      spectacular

C.      new

D.     amazing

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : kata age= zaman, lebih tepat di gandengkan dengan kata new, terkait juga dengan penciptaan pesawat.

 

Read Text 12 to answer questions 28 to 30.

Text 12

Text Box: THE ASS, THE FOX, AND THE LION
An Ass and a Fox went into partnership and went out to search for food together. They hadn’t gone far before they saw a Lion coming their way, at which they were both extremely frightened.



 

 

 

Text Box: But the Fox thought he saw a way of saving his own skin, and went boldly up to the Lion and whispered in his ear, “I’ll manage that you shall get hold of the Ass without any trouble, if you’ll promise to let me go free.” The Lion agreed to this, and the Fox then rejoined his companion.
Before long it managed to lead him by a hidden pit, which some hunter had dug as a trap for wild animals, and into which he fell. When the Lion saw that the Ass was safely caught and couldn’t get away, it was to the Fox that he first turned his attention, and he soon finished him off, and then at his leisure proceeded to feast upon the Ass.

(http://www.worldoftales.com/fables/Aesop_fables/Aesop_Fables_2.html)

 

Indikator             : Menentukan informasi tertentu dalam esai pendek berbentuk narrative.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

28.   Where did the Fox lead the Ass to?

A.            The Lion.

B.             The trouble.

C.             The pit.

D.            The death.

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Dalam “it managed to lead him by a hidden pit“ sudah jelas bahwa the Fox lead the Ass to the hidden pit.

 

Indikator             : Menentukan pikiran utama paragraf dalam esai pendek berbentuk narrative.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama paragraf dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

29.   What does paragraph 2 tell?

A.            The Fox and the Ass.

B.             The Fox’s evil plan.

The Lion’s hunger.

The Ass’s fool.


 

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Inti cerita dalam paragraph 2 sudah jelas bahwa ada rencana jahat (evil plan) the Fox untuk menyelamatkan diri dari the Lion dengan mengajukan the Ass untuk dimakan the Lion.

 

Indikator             : Menentukan pesan moral dalam esai pendek berbentuk narrative.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam esai itu dengan tepat.

Soal                       :

30.   What lesson does the text teach?

A.            If you betray a friend, you’ll trouble yourself.

B.             If you have a friend, you have to be careful.

C.             If you have enemy, never trust him/her.

D.            If you meet danger, go away.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Dalam cerita ternyata rencana jahat the Fox untuk menyelamatkan diri dari the Lion dengan mengajukan the Ass untuk dimakan the Lion tidak berjalan baik. Justru yang dimakan terlebih dulu oleh the Lion adalah the Fox sendiri. Ini berarti jika mau mencelakai orang lain, kita bisa terkena celaka sendiri. Pilihan A yang paling tepat.

 

Read Text 13 to answer questions 31 to 33.

Text 13

Text Box: Influenza or ‘the flu’ is a serious, painful illness which affects the whole body. Symptoms include fever, headaches, muscle aches and pains. In children, symptoms may also include nausea, vomiting and diarrhea. The infections occur between July-September usually lasting for about five days. Fever and other symptoms usually disappear after that time but a cough and weakness may continue. All symptoms usually gone within a week or two.
According to the influenza specialist group (ISG), vaccination reduces the average person’s chances of catching the flue by up to 80% during the flu season. Vaccination isn’t a guarantee against getting sick but it generally reduces the symptoms. Vaccination is only good for the current year.
Influenza is highly contagious—the influenza viruses can survive for an hour or more in the air in enclosed environments, such as child care centres and schools; for more than eight hours on hard surfaces such as stainless steel and plastics; and up to five minutes on hands after transfer from other surfaces. (Australian Family, Winter 2009, p.21)



 

 

Indikator             : Menentukan gambaran umum esai pendek berbentuk report.

Indikator soal : Disajikan sebuah esai report pendek tentang penyakit, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum esai itu dengan tepat.

Soal                      :

31.   What is the text about?

A.            The origins of the flu.

B.             How contagious is the flu.

C.             What influenza is.

D.            Vaccinations of influenza.

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Diantara pilihan jawaban, yang paling general adalah C. Pilihan yang lain termasuk informasi rinci.

 

Indikator             : Menentukan informasi rinci dalam esai pendek berbentuk report.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai report pendek tentang penyakit, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

32.   What are some of the symptoms of the flu in children?

A.            Fever, headaches.

B.             Muscle aches and pains.

C.             Vomiting and diarrhea.

D.            Headaches and muscle pains.

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        :Symptoms diare untuk anak-anak serupa dengan ciri-ciri diare untuk orang dewasa ditambah ciri lain yaitu nausea, vomittind and diarrhea

 

Indikator             : Menentukan makna kata dalam esai pendek berbentuk report.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai report pendek tentang penyakit, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

33.   What does “contagious” mean?

A.            Easily spread.

B.             Hard to cure.

C.             Fast growing.

D.            Long lasting.


 

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Sudah jelas dalam teks bahwa influenza mudah menyebar ke orang lain

lewat berbagai cara. Jadi contagious=easily spread.

 

Read Text 14 to answer questions 34 to 37.

Text 14

Text Box: It happened one weekend while I was at the fairground. I was with my friend Sarah and we were both really excited. The flashing lights and bright colours made everything appear magical. We were having a great time and we had been on most of the rides when Sarah pointed to the big wheel. The sign said “$1 for a two-minute ride”.
At first I wasn’t sure, but Sarah had been on it before. “It only takes two minutes,” she said. “Come on- it’s a really thrilling ride!” A minute later we were in the air. It was like flying! “This is a mazing!” I shouted happily to Sarah.
Then suddenly, there was a loud crash and everything stopped. I was really frightened! Sarah held my hand tightly because she was worried, too. We looked down and saw two mechanics. “Don’t worry,” they shouted. “It won’t take us long to fix it!” So we waited…and waited! At first we were amused. Everyone was running around below us. After a while though, it became scary up there.
Two  hours later, the wheel finally started to move again. I was so happy.  It had been  a long tiring evening. That two-minute ride had turned into a two-hour nightmare! (Reading and Writing Targets 2: Student Book, 1999, p. 48)


 

Indikator             : Menentukan informasi tertentu dalam esai pendek berbentuk recount.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai recount pendek tentang pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai itu dengan tepat.

Soal                       :

34.   How did the writer feel at first?

A.            Happy.

B.             Confused.

C.             Afraid.

D.            Amazed.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Sudah jelas dalam teks bahwa “I shouted happily to Sarah”.


 

 

Indikator             : Menentukan pokok pikiran paragraph dalam esai pendek berbentuk recount.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai recount pendek tentang pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

35.   What does paragraph 3 tell?

A.            Their feeling in two minutes.

B.             The beginning of the big wheel accident.

C.             How the writer overcame her fear.

D.            How the mechanic fixed the big wheel.

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Inti cerita paragraph 2 adalah bagaiman awal kecelakaan di big wheel itu.

 

Indikator             : Menentukan rujukan kata dalam esai pendek berbentuk recount.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai recount pendek tentang pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

36.     What does “they” in “they shouted” refer to?

A.            The writer and Sarah.

B.             Everyone below us.

C.             The big wheel passengers.

D.            Two mechanics.

 

Kunci jawaban : D

Pembahasan        : Sudah jelas dalam teks bahwa yang “shouted” adalah the two mechanics.


 

 

Indikator             : Menentukan informasi tersirat dalam esai pendek berbentuk recount.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai recount pendek tentang pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam esai itu dengan tepat.

Soal                       :

37.   What does the writer mean by “$1 for a two-minute ride ”?

A.            It is very quick.

B.             It is very fun.

C.             It will not kill.

D.            It is expensive.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Dalam cerita, walaupun awalnya ragu, penulis akhirnya setuju naik big wheel karena cuma sebentar (2 minutes) saja.

 

Read Text 15 to complete the blanks of questions 38 to 40.

Text 15


 

Indikator             : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk descriptive sederhana.

Indikator soal : Disajikan sebuah esai descriptive pendek sederhana tentang rumah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.

Soal                       :

38.   A. live

B.      stay

C.      sit

D.     are


 

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Kata armchair berkaitan dengan kata kerja “sit”.

 

Indikator             : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk descriptive sederhana.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai descriptive pendek sederhana tentang rumah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.

Soal                      :

39.   A. room

B.      floor

C.      rug

D.      fireplace

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan        : Dalam gambar sudah jelas bahwa sofa dan meja kaca ada DI ATAS rug atau karpet.

 

Indikator             : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek berbentuk descriptive sederhana.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai descriptive pendek sederhana tentang rumah dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya.

Soal                      :

40.   A. in front of

B.      behind

C.      beside

D.     next to

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Dalam gambar sudah jelas bahwa meja kaca ada DI DEPAN sofa.


 

 

Read Text 16 to answer questions 41 to 43.

Text 16

Text Box: Mars is a planet that is easy to spot in the night sky. It is called the Red Planet because
of its fiery red-orange color.
Mars comes closer to earth than any other planet except venus. At times it comes within 35 million miles (56 million km). It is similar to Earth in some respects. A day on Mars is only slightly longer than our own day. The planet has seasons like the Earth, only they are almost twice as long as ours. It has ice caps at the north and south poles, like Earth. They shrink in summer and grow again in winter.
However, Mars is different from Earth in most other ways. It lies farther from the Sun and is much colder. Temperatures do not often rise above freezing, even in summer. It has only a very thin atmosphere, made up mainly of canbon dioxide gas.
Some people used to think that there might be some form of life on Mars, but conditions there are not suitable for life as we know it to survive. (New Science Library: Universe and Sun, 1996, p.72)


 

Indikator             : Menentukan informasi rinci dalam esai pendek berbentuk report.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai report pendek tentang benda angkasa, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai itu dengan tepat.

Soal                       :

41.   How different is the Earth’s seasons from Mars’ seasons?

A.            They are longer.

B.             They are shorter.

C.             They have less seasons.

D.            They have more seasons.

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Dalam paragraph 2, perbedaan musim Mars dan Bumi disebutkan dalam aspek lamanya, yaitu dua kali “only they are almost twice as long as ours”.


 

 

Indikator             : Menentukan pokok pikiran paragraph dalam dalam esai pendek berbentuk report.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai report pendek tentang benda angkasa, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

42.   What is the main idea of paragraph 3?

A.            Mars and the Earth have differences too.

B.             Ther Earth is closer to Sun than Mars does.

C.             Mars is much colder than the Earth.

D.            The Earth has more atmosphere than Mars does.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Dalam teks sudah jelas bahwa inti paragraph 3 adalah differences, “Mars is different from Earth”.

 

Indikator             : Menentukan makna kata dalam esai pendek berbentuk report.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai report pendek tentang benda angkasa, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

43.     What does the word “respects” in “It is similar to Earth in some respects” mean?

A.            Salutes.

B.             Aspects.

C.             Areas.

D.            Factors.

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Dalam hal ini, perbandingan biasanya aspeknya, jadi kata respects maksudnya aspects.


 

 

Read Text 17 to answer questions 44 to 46.

Text 17

 

Once there was a town called Hamelin. The only thing wrong was it was full of rats. They destroyed people’s farms, houses and food supplies. The people went to the mayor to solve the problem.

One day, a strange man came to town. The stranger offered to get rid off the rats. In return, the mayor would give him money.

The Pied Piper was a strange-looking man. He wore a tall, pointed hat, and a long,

flowing cape. He played a long, shiny flute. The piper began to play in the town square.

Rats came running from everywhere. They came out if the houses and the shops. The Pied Piper played up and down the streets. Everywhere he went, the rats followed him. The Pied Piper led the rats to the river. The rats all jumped into the river and drowned.

The people cheered. They were happy to be rid of the rats. But the mayor changed his mind about the money. He refused to give any money at all to the Pied Piper. “Give me the money your promised,” he said. “If you don’t, I’ll play a different tune you will not like,” he warned. But the mayor still refused. The Pied Piper picked up his flute and began to play a new tune.

Once the flute was played, all the children in the town were like being hipnotised. These children followed the Pied Piper wherever he was playing the flute. When The Pied Piper reached the river bank, he stopped walking, but the children were still walking toward the river.

Fear of their safety, the mayor begged The Pied Piper to let the children go and paid the money he promised. All of sudden the children awoke and their parents rushed to get their beloved children.

The Pied Piper was happy to get the money and the mayor finally learned a lesson from

this. (Addison Wesley ESL Student book, 1992, p.39)

 

 

Indikator             : Menentukan gambaran umum esai pendek berbentuk narrative.

Indikator soal : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang myth, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum esai itu dengan tepat.

Soal                       :

44.   What is the text about?

A.            The myth of Pied Piper.

B.             A story about rats.

C.             The legend of rat city.

D.            The tale of greedy mayor.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Tokoh cerita ini adalah the Pied Piper, dan ini adalah mitos, jadi pilihan A adalahh jawabannya.


 

 

Indikator             : Menentukan informasi tersirat dalam esai pendek berbentuk narrative.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang myth, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

45.   Why did the Pied Piper say “I’ll play the tune you will not like”?

A.            He wanted to entertain the mayor.

B.             He was happy to play another tune.

C.             He threatened the mayor.

D.            He was very patient with the mayor.

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan  : The Pied Piper tidak diberi uang atas jasanya mengusir tikur karena itu dia marah dan mengancam walikota dengan kata-katanya “I’ll play the tune you won’t like”.

 

Indikator             : Menentukan pesan moral dalam esai pendek berbentuk narrative.

Indikator soal      : Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang myth, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam esai itu dengan tepat.

Soal                      :

46.   What lesson does the text teach?

A.            You have to keep your promise.

B.             You cause your own problem.

C.             You should help others willingly.

D.            You can hurt someone if necessary.

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Dalam cerita, walikota tidak menepati janjinya sehingga anak-anak terancam walaupun akhirnya dilepaskan oleh the Pied Piper. Jadi kita harus menepati janji. Ini yang dipesankan oleh teks.


 

 

Indikator             : Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.

Indikator soal      : Disajikan sejumlah kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata yang tepat untuk membuat kalimat sederhana mengandung klausa keterangan berjenis recount yang bermakna.

Soal                       :

47.   Study the following words:

 

Indonesian’s independence-- When-- World War II -- Soekarno --the Japanese--surrendered--- in-- proclaimed

The above words can be written into a good sentence as follows ...

A.            When Soekarno surrendered in Indonesian’s independence, the Japanese proclaimed World War II.

B.             Soekarno proclaimed in Indonesian’s independence when the Japanese surrendered World War II.

C.             When the Japanese surrendered in Indonesian’s independence, Soekarno proclaimed World War II.

D.            When the Japanese surrendered in World War II, Soekarno proclaimed Indonesian’s independence.

 

Kunci jawaban : D

Pembahasan        : Dalam kata-kata acak ada kata soekarno, proclaimed, dan independence. Ketiga kata ini terkait sejarah proklamasi Indonesia, sehingga Klausa “Soekarno-proclaimed-Indonesia’s indepene” merupakan inti kalimat yang bermakna dan klause keterangannya adalah “When the Japanese surrendered in World War II”.

 

Indikator             : Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.

Indikator soal      : Disajikan sejumlah kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata yang tepat untuk membuat kalimat sederhana mengandung klausa kondisional If berjenis procedure yang bermakna.

Soal                       :

 

48.   Study the following words:

If --more --than --3 minutes you-- be-- overcooked -- boil-- the noodle -- it --will The above words can be written into a good sentence as follows ...

A.            If it boil the noodle more than 3 minutes, you will be overcooked.

B.             If you boil the noodle more than 3 minutes, it will be overcooked.

C.             You will be overcooked it if boil the noodle more than 3 minutes.

D.            You boil the noodle if it will be overcooked more than 3 minutes.


 

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Dalam klausa If, kondision dalam bentuk present (V1), sedangkan result klause berbentuk simple future (will+V1). Jadi pilihan B adalah kalimat yang paling tepat.

 

Indikator             : Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf narrative yang padu dan bermakna.

Indikator soal      : Disajikan sejumlah kalimat yang diacak tentang sesuatu, siswa dapat menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf narrative yang padu dan bermakna.

Soal                      :

49.   Study the following sentences:

 

1-                   A Fox invited a Stork to dinner, a large flat dish of soup.

2-                   Thus, while she enjoyed her dinner, the Fox sat by hungry and helpless, for it was impossible for him to reach the tempting contents of the vessel.

3-                   This caused much amusement for the sly Fox.

4-                   She set before him a pitcher with a long and narrow neck.

5-                   But not long after the Stork invited him in turn.

6-                   The Fox lapped it up with great relish, but the Stork with her long bill tried in vain to take of the savoury broth.

(http://www.worldoftales.com/fables/Aesop_fables/Aesop_Fables_2.html)

 

The above sentences can be written into a paragraph as follows ... A. 2-6-3-5-4-1

B.  1-6-3-5-4-2

C.  1-6-3-4-5-2

D.  1-5-4-6-3-2

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan        : Cerita naratif selalu diawali dengan menyebutkan tokoh, kapan dan tempat cerita (orientation). Ini bisa dibaca di kalimat 1. Cerita selalu diakhiri dengan resolution. Kata “Thus” dapat menunjukkan akhir cerita. Jadi, pilihan B adalah kalimat yang paling tepat.


 

 

Indikator             : Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf recount yang padu dan bermakna.

Indikator soal      : Disajikan sejumlah kalimat yang diacak tentang sesuatu, siswa dapat menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf recount yang padu dan bermakna.

Soal                       :

50.   Study the following sentences:

 

1-    When we arrived home last night, we realised that someone broke into our house. 2-    The thieves had stolen our new CD player.

3-        Half an hour later the police arrived.

4-        But, all other electrical equipment was still there.

5-        While my husband called the police I looked around the house to see what was missing.

6-        They asked us a lot of questions and write everything down. (Reading and Writing Targets 2: Student Book, 1999, p. 14)

The above sentences can be written into a paragraph as follows ... A. 1-5-2-4-3-6

B.  1-2-4-5-3-6

C.  5-2-4-3-6-1

D.  1-6-5-2-4-3

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan        : Cerita recount selalu diawali dengan apa, kapan dan tempat cerita (orientation). Ini bisa dibaca di kalimat 1. Cerita kemudian bergulir ke kejadian-kejadian secara urut. Jadi, pilihan A adalah jawaban yang paling tepat.

 

 





No comments:

Post a Comment