KISI – KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN AKADEMIK 2020/2021
Jenis Sekolah : SMPN 1 Cangkuang
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No |
Kompetensi Dasar |
Jenis Teks |
Lingkup Materi |
Indikator Soal |
Level |
Nomor Soal |
1 |
3.7
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya |
Descriptive teks |
Fungsi Sosial Teks |
Disajikan teks deskriptif, peserta didik
diharapkan mampu menyimpulkan topic dari teks tersebut |
C4 |
1 |
2 |
Struktur Teks |
Disajikan teks deskriptif, peserta didik
diharapkan mampu mengidentifikasi rincian peristiwa dari teks tersebut |
C2 |
2 |
||
3 |
Struktur Teks |
Disajikan teks deskriptif, peserta didik
diharapkan mampu menyimpulkan rincian peristiwa dari teks tersebut |
C4 |
3 |
||
4 |
3.12
membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan
(notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah,
sesuai dengan konteks penggunaannya |
Announcement |
Struktur Teks |
Disajikan teks pengumuman, peserta didik
diminta menyimpulkan rincian peristiwa pada teks tersebut |
C4 |
4 |
5 |
Struktur Teks |
Disajikan teks pengumuman, peserta didik
diminta menyimpulkan pendapat yang menjadi ide utama pada teks tersebut |
C4 |
5 |
||
6 |
3.12 membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan
singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Notice |
Fungsi Sosial |
Disajikan
teks peringatan peserta didik mampu menyimpulkan tujuan penulisan teks. |
C2 |
6 |
7 |
Struktur Teks |
Disajikan teks peringatan peserta didik
mampu menyimpulkan tempat yang tepat untuk memasang teks. |
C4 |
9 |
||
8 |
3.4
Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman dan manual,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Procedure Text |
Fungsional teks |
Disajikan teks prosedur, peserta didik
diminta untuk menyimpulkan tujuan dari teks tersebut |
C4 |
7 |
9 |
Struktur teks |
Disajikan teks prosedur, peserta didik
diminta untuk menyimpulkan rincian langkah dari teks tersebut |
C4 |
8 |
||
10 |
3.11Memahami fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks naratif
berbentuk cerita rakyat, sesuai dengan konteks penggunanaanya. |
Narrative Text |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks naratif berupa cerita
rakyat, peserta didik mengidentifikasikan unsur kebahasaan yang terkait
dengan teks berupa rujukan kata. |
C3 |
10 |
11 |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks naratif berupa cerita
rakyat, peserta didik mengidentifikasikan unsur kebahasaan yang terkait
dengan teks berupa persamaan kata. |
C3 |
11 |
||
12 |
Struktur Teks |
Disajikan teks naratif berupa cerita
rakyat, peserta didik mengidentifikasikan struktur teks berupa
keterkaitan makna antar bagian-bagian
tertentu dalam teks. |
C3 |
12 |
||
13 |
Fungsi Sosial |
Disajikan teks naratif berupa cerita
rakyat, peserta didik menganalisi aspek fungsi sosial teks berupa sikap /
nilai moral yang diusung. |
C4 |
13 |
||
14 |
3.11
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di
waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Recount Text |
Fungsi Sosial Teks |
Disajikan text Recount, peserta didik
dapat menyimpulkan isi dari text tersebut |
C4 |
14 |
15 |
Struktur Teks |
Disajikan teks recount, peserta didik
menyimpulkan ide pokok dari paragraph tertentu |
C4 |
15 |
||
16 |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks Recount, peserta didik
mengidentifikasi sinonim dari kata yang digarisbawahi |
C4 |
16 |
||
17 |
3.10
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait
produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Advertisement |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks iklan peserta didik mampu
menyimpulkan informasi dari unsur kebahasaan dalam teks. |
C3 |
17 |
18 |
3.4 Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep
makanan/minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
Procedure Text |
Struktur Teks |
Disajikan teks prosedur, peserta didik
diminta untuk menyimpulkan rincian langkah dari teks tersebut |
C2 |
18 |
19 |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks prosedur, peserta didik
diminta untuk mengidentifikasi persamaan makna kata yang berkaitan dengan isi
teks |
C2 |
19 |
||
20 |
Struktur Teks |
Disajikan teks prosedur, peserta didik
diminta untuk menyimpulkan rincian langkah dari teks tersebut |
C2 |
20 |
||
21 |
3.13.
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang
teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa
alam dan sosial , pendek dan sederhana sesuai dengan konteks pembelajaran |
Report Text |
Fungsi Sosial |
Disajikan teks faktual report pendek
sederhana, peserta didik menganalisis gambaran umum teks report tentang media
sosial |
C4 |
21 |
22 |
|
Disajikan teks faktual report pendek
sederhana, peserta didik menganalisis latar belakang/alasan yang terkait
dengan informasi tertentu dalam teks. |
C4 |
22 |
||
23 |
|
Disajikan teks faktual report pendek
sederhana, peserta didik menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi
teks berupa persamaan kata. |
C3 |
23 |
||
24 |
|
Disajikan teks faktual report pendek
sederhana, peserta didik menyimpulkan aspek-aspek fungsi sosial teks berupa
akibat/dampak/manfaat. |
C4 |
24 |
||
25 |
3.4
Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menyuruh,
mengajak, meminta ijin, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Invitation |
Fungsi Sosial |
Disajikan sebuah undangan tertulis,
peserta didik diminta untuk menentukan tujuan text |
C4 |
25 |
26 |
Struktur Teks |
Disajikan undangan tertulis, peserta
didik dapat menggali informasi tersirat |
C4 |
26 |
||
27 |
3.10
Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan
memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks
penggunaannya |
Advertisement |
Struktur Teks |
Disajikan teks iklan peserta didik mampu
menentukan keterkaitan makna terperinci dalam teks. |
C2 |
27 |
28 |
3.11
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di
waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Recount Text |
Fungsi Sosial Teks |
Disajikan text Recount, peserta didik dapat
menyimpulkan isi dari text tersebut |
C4 |
28 |
29 |
Struktur Teks |
Disajikan teks recount, peserta didik menyimpulkan
ide pokok dari paragraph tertentu |
C4 |
29 |
||
30 |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks Recount, peserta didik mengidentifikasi
sinonim dari kata yang digarisbawahi |
C4 |
30 |
||
31 |
3.3.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan must, should) |
Obligation |
Struktur Teks |
Disajikan dialogue tentang suatu aturan,
peserta didik dapat menjelaskan tentang rincian informasi yang berkaitan
dengan peristiwa lainnya. |
C3 |
31 |
32 |
Struktur Teks |
Disajikan dialogue tentang suatu aturan,
peserta didik dapat menjelaskan tentang rincian informasi yang berkaitan
dengan peristiwa lainnya. |
C3 |
32 |
||
33 |
3.12 Membandingkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan
singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Short Message |
Fungsi Sosial |
Disajikan teks pesan pendek peserta
didik mampu menjelaskan tujuan penulisan teks. |
C2 |
33 |
34 |
Notice |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks peringatan peserta didik
mampu mengidentifikasi lambang atau kata yang memiliki makna yang tepat
sesuai dengan teks. |
C3 |
34 |
|
35 |
3.15
Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu. |
|
Fungsi Sosial |
Disajikan teks berupa lirik lagu,
peserta didik menyimpulkan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya
seni. |
C4 |
35 |
36 |
|
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks berupa lirik lagu,
peserta didik menganalis unsur kebahasaan berupa kata, ungkapan, dan tata
bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.karya seni. |
C4 |
36 |
|
37 |
3.3
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait
obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Label |
Struktur Teks |
Disajikan teks label, peserta didik
diminta menyimpulkan informasi rinci tersirat dari teks |
C4 |
37 |
38 |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks label, peserta didik
dapat menentukan makna kata yang digarisbawahi. |
C4 |
38 |
||
39 |
3.13. Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang,
binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial , pendek dan sederhana
sesuai dengan konteks pembelajaran |
Report Text |
Fungsi Sosial Teks |
Disajikan teks laporan tentang hewan,
peserta didik menyimpulkan isu utama dari teks tersebut |
C4 |
39 |
40 |
Struktur Teks |
Disajikan teks laporan tentang hewan,
peserta didik menyimpulkan ide utama dari salah satu paragraph diteks
tersebut |
C4 |
40 |
||
41 |
3.3
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks
penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan must, should) |
Notice/caution/warning |
Fungsi Sosial |
Disajikan sebuah gambar, peserta didik
diminta menjelaskan makna dari notice tersebut. |
C4 |
41 |
42 |
Struktur Teks |
Disajikan sebuah papan peringatan atau
himbauan, peserta didik diminta mengidentifikasi informasi tersirat |
C4 |
42 |
||
43 |
Struktur Teks |
Peserta didik diminta menentukan
informasi tersirat dari teks. |
C3 |
43 |
||
44 |
3.10
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait
produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Advertisement |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks iklan peserta didik mampu
menyimpulkan informasi dari unsur kebahasaan dalam teks. |
C3 |
44 |
45 |
3.3
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait
obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Label |
Struktur Teks |
Disajikan teks label, peserta didik
diminta menyimpulkan informasi rinci tersirat dari teks |
C4 |
45 |
46 |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks label, peserta didik
dapat menentukan makna kata yang digaris bawahi. |
C4 |
46 |
||
47 |
3.12
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan
(notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah,
sesuai dengan konteks penggunaannya |
Letter |
Fungsi Sosial |
Disajikan sebuah surat untuk sahabat,
peserta didik menyimpulkan alasan sipenulis membuat surat tersebut |
C4 |
47 |
48 |
Struktur teks |
Disajikan sebuah surat untuk sahabat,
peserta didik menyimpulkan isi dari surat tersebut |
C4 |
48 |
||
49 |
3.4
Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman dan manual,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Procedure Text |
Struktur Teks |
Disajikan sebuat teks prosedur, peserta
didik menyusun langkah-langkah yang benar. |
C3 |
49 |
50 |
3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan
pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi
terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya |
Warning |
Unsur Kebahasaan |
Disajikan teks peringatan peserta didik
mampu mengidentifikasi lambang atau kata yang memiliki makna yang tepat
sesuai dengan teks. |
C3 |
50 |
DRAFT INTI
KISI-KISI
PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
Jenis
Sekolah : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
BAHAN
SEMESTER |
MATERI |
INDIKATOR |
NOMOR SOAL |
|
|
|
PESAN SINGKAT |
Disajikan
sebuah PESAN SINGKAT tentang KEGIATAN SEKOLAH, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat. |
1 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah PESAN SINGKAT tentang KEGIATAN SEKOLAH, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL SESUI DENGAN PESAN dengan tepat. |
2 |
|
|
|
PENGUMUMAN |
Disajikan
sebuah PENGUMUMAN yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat. |
3 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah PENGUMUMAN tentang KEGIATAN SEKOLAH, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang ISI PESAN TEKS
dengan tepat. |
4 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah PENGUMUMAN tentang KEGIATAN SEKOLAH, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA
dengan tepat. |
5 |
|
|
|
PESAN SINGKAT KEGIATAN SEHARI HARI |
Disajikan
sebuah PESAN SINGKAT tentang KEGIATAN SEHARI HARI, peserta didik dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang PENERIMA dengan tepat. |
6 |
|
|
Disajikan
sebuah PESAN SINGKAT yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL
SESUAI PESAN dengan tepat. |
7 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah PESAN yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang RUJUKAN KATA
dengan tepat. |
8 |
|
PENGUMUMAN KEGIATAN
SEHARI HARI |
Disajikan
sebuah PENGUMUMAN tentang KEGIATAN SEHARI HARI, peserta didik dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang TEMPAT DITEMUKANNYA dengan tepat. |
9 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah PENGUMUMAN yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL
SETELAH MEMBACA TEKS dengan tepat. |
10 |
|
|
Disajikan
sebuah PENGUMUMAN yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang UNSUR GRAMATIKAL
dengan tepat. |
11 |
||
|
|
|
UNDANGAN PRIBADI |
Disajikan
sebuah UNDANGAN PRIBADI , peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang TUJUAN TEKS dengan tepat. |
12 |
|
|
Disajikan
sebuah UNDANGAN PRIBADI yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG DIAMBIL
SETELAH MEMBACA TEKS dengan tepat. |
13 |
||
|
|
Disajikan
sebuah UNDANGAN PRIBADI yang sama , peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN KEGIATAN DALAM TEKS
dengan tepat. |
14 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah UNDANGAN PRIBADI yang sama , peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat. |
15 |
|
IKLAN
|
Disajikan
sebuah IKLAN PRODUK MAKANAN/MINUMAN/ELEKTRONIK , peserta didik dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat. |
16 |
||
|
|
Disajikan
sebuah IKLAN yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang BAGIAN/ISI PESAN dengan tepat. |
17 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah IKLAN yang sama , peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat. |
18 |
|
IKLAN |
Disajikan
sebuah IKLAN JASA KURSUS/HOTEL peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang PENERIMA IKLAN dengan tepat. |
19 |
||
|
|
Disajikan
sebuah IKLAN yang sama , peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang BAGIAN YANG
MENJADI FOKUS TEKS dengan tepat. |
20 |
||
|
|
Disajikan
sebuah IKLAN yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat. |
21 |
||
|
|
|
DESCRIPTIVE
|
Disajikan
sebuah DESCRIPTIVE tentang ORANG POPULER, peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat. |
22 |
|
|
Disajikan
sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN DESKRIPSI
(KARAKTER) dengan tepat. |
23 |
||
|
|
Disajikan
sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN KARAKTER TOKOH dengan tepat. |
24 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah DESCRIPTIVE tentang ORANG TERDEKAT, peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang TMAKNA KATA dengan
tepat. |
25 |
|
DESCRIPTIVE |
Disajikan
sebuah DESCRIPTIVE tentang IKON OBJECT WISATA DI LUAR NEGERI , peserta didik
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TOPIKTEKS dengan tepat. |
26 |
||
|
|
Disajikan
sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang GAMBARAN SALAH SATU BAGIAN
OBJECT dengan tepat. |
27 |
||
|
|
Disajikan
sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG MUNGKIN AKAN
DILAKUKAN dengan tepat. |
28 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah DESCRIPTIVE yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RUJUKAN KATA dengan tepat. |
29 |
|
RECOUNT
|
Disajikan
sebuah RECOUNT tentang pengalaman, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang TOPIKTEKS dengan tepat. |
30 |
||
|
|
Disajikan
sebuah RECOUNT yang sama , peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang RINCIAN PERISTIWA dengan tepat. |
31 |
||
|
|
Disajikan
sebuah RECOUNT yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang SALAH SATU RINCIAN TINDAKAN dengan tepat. |
32 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah RECOUNT yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat. |
33 |
|
PROCEDURE |
Disajikan
sebuah PROCEDURE MANUAL tentang MENOPERASIKAN SESUATU, peserta didik dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat. |
34 |
||
|
|
Disajikan
sebuah PROCEDURE yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang RINCIAN LANGKAH KEGIATAN dengan tepat. |
35 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah PROCEDURE yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RINCIAN PERISTIWA
KETERKAITAN DENGAN LANGKAH dengan
tepat. |
36 |
|
|
Disajikan
sebuah PROCEDURE yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RUJUKAN KATA dengan tepat. |
37 |
||
|
NARRATIVE |
Disajikan
sebuah NARRATIVE tentang FOLKTALE LUAR
NEGERI, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TOPIK TEKS
dengan tepat. |
38 |
||
|
|
Disajikan
sebuah NARRATIVE yang sama,
peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MASALAH YANG
DIHADAPI dengan tepat. |
39 |
||
|
|
Disajikan
sebuah yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang AKIBAT DARI SALAH SATU PERISTIWA dengan tepat. |
40 |
||
|
|
Disajikan
sebuah NARRATIVE yang sama,
peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang DESKRIPSI TOKOH
dengan tepat. |
41 |
||
|
|
|
REPORT |
Disajikan
sebuah REPORT tentang PERISTIWA ALAM, peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang TOPIK (FRASA) dengan tepat. |
42 |
|
|
Disajikan
sebuah REPORT t yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang ASPEK YANG DIDESKRIPSIKAN dengan tepat. |
43 |
||
|
|
Disajikan
sebuah REPORT yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang RINCIAN DESKRIPSI dengan tepat. |
44 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah REPORT yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang TARGET AUDIENCE
dengan tepat. |
45 |
|
REPORT |
Disajikan
sebuah REPORT tentang BINATANG ( REPTILE), peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat. |
46 |
||
|
|
|
|
Disajikan
sebuah REPORT yang sama, peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang JENIS-JENIS YANG DIDESKRIPSIKAN dengan tepat. |
47 |
|
|
Disajikan
sebuah REPORT yang sama , peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang PERNYATAAN YANG MANFAAT
SETELAH MEMBACA TEKS dengan tepat. |
48 |
||
|
|
|
RECOUNT |
Disajikan
sebuah RECOUNT tentang HAL YANG MENYENANGKAN, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang MANFAAT SETELAH MEMBACA TEKS dengan tepat. |
49 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah RECOUNT yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang PERNYATAAN YANG MENJELASKAN ALASAN TERJADINYA
PERISTIWA dengan tepat. |
50 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah RECOUNT yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang KATA
SAMBUNG UNTUK MELENGKAPI TEKS dengan tepat. |
51 |
|
|
|
NARRATIVE |
Disajikan
sebuah NARRATIVE BERBENTUK FABLE, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan tepat. |
52 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah NARRATIVE yang sama,
peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang TINDAKAN YANG
DIAMBIL SALAH SATU TOKOH dengan tepat. |
53 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah NARRATIVE yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang RUJUKAN KATA dengan tepat. |
54 |
|
|
|
LABEL |
Disajikan
sebuah LABLE tentang
MAKANAN /
MINUMAN, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang MANFAAT
ADANYA INFORMASI dengan tepat. |
55 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah LABEL yang sama, peserta
didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang UNSUR UNSUR YANG ADA DALAM
TEKS dengan tepat. |
56 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah LABEL yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang MAKNA KATA dengan tepat. |
57 |
|
|
|
GREETING
CARD |
Disajikan
sebuah GREETING CARD tentang
KEBERHASILAN SESEORANG, peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang TUJUAN TEKS dengan
tepat.
|
58 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah GREETING CARD yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang MAKNA KALIMAT TERTENTU dengan tepat. |
59 |
|
|
|
|
Disajikan
sebuah GREETING CARD yang sama, peserta didik dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang PERSAMAAN KATA/ SYNONYM dengan tepat. |
60 |
TREND KALIMAT TANYA YANG DIPAKAI
DALAM UN TAHUN 2017 adalah hanya dibagi dalam 3 kelompok
yaitu:
- FUNGSI
SOSIAL
- STRUKTUR
TEXT
- UNSUR
KEBAHASAAN
- FUNGSI SOSIAL:
1.
Tujuan
penulisan teks
2.
The text is written to….
3.
What is the writer’s intention to write
the text?
4.
Who is the text addressed to?
a.
The text is likely addressed to….
5.
The text is about….
a.
The topic of the text is….
b.
=Jawabannya berupa frase bukan hanya 1 kata
6.
The profession of the writer is likely…./ What is likely the writer of the text?
7.
Where can we find such kind of the text?
- STRUKTUR TEKS
- After eceiving
the message, what will Ida do?
- How is the product being advertised?
- What is the characteristic of…?
- The adventages of Aloe Veracan be found in
paragraph….
- The main idea of the second paragraph is….
- Based on the text, what will happen if we do
not cut the wood?
- Based on the steps on the text, what is the
adventages of the rope?
- Based on the steps on the text, the blender will
stop unless….
- The word “him” refers to….
- UNSUR KEBAHASAAN:
- The underlined word is closest in meaning to….
- Grammar tetapi tetap sesuai konteks text yang
dipakai..
- Conjunction tapi tetap terkait sesuai dengan
teks yang tersedia
LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH SMP/MTs MATA
PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Choose A, B, C, or D which best answer
the questions. Read Text 1 to answer question 1.
Text
1
Indikator :
Menentukan makna teks fungsional pendek berbentuk warning.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks warning tentang keamanan di tempat rekreasi/ taman
nasional, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna warning itu
dengan tepat.
Soal :
1.
What does the text mean?
A.
It tells us about the cliffs, children, and trails.
B.
It asks us to stay in our car with our children.
C.
It forbids us to do bring pets and money.
D.
It reminds us about safety in the cliffs.
Kunci
jawaban : D
Pembahasan : Frase ‘dangerous cliffs’ yang diikuti rincian kegiatan
yang harus dilakukan dan dihindari supaya bahayanya cliff bisa diminimalisir
menunjukkan teks itu mengingatkan kita untuk menjaga keselamatan di tempat itu.
Read Text 2 to answer questions 2 and 3.
Text
2
Indikator : Menentukan informasi rinci dalam teks fungsional pendek
berbentuk greeting card.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks greeting card tentang prestasi dalam lomba olahraga,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks
itu dengan tepat.
Soal :
2.
What has Wawan won?
A.
Race.
B.
Tour.
C.
Success.
D.
Big win.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Frase “Tour de
Java race” menjadi kunci bahwa yang
dimenangkan wawan adalah race (balap sepeda).
Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks fungsional pendek
berbentuk greeting card.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks greeting card tentang prestasi dalam lomba olahraga,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks itu
dengan tepat.
Soal :
3.
What is Yulia’s purpose
for writing the text?
A.
To celebrate the win.
B.
To congratulate Wawan.
C.
To wish for success.
D.
To look forward to winning.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Kata “congratulation” menjadi kunci bahwa Yulia ingin memberi selamat kepada wawan
atas prestasi balap sepedanya.
Read Text 3 to answer
questions 4 and 5.
Text
3
Indikator : Menentukan informasi tersirat dalam teks fungsional
pendek berbentuk short message.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks short message tentang berita yang tidak menyenangkan,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks
itu dengan tepat.
Soal :
4.
What does Sukarman mean in his statement “…need somebody
who is strong enough”?
A.
Sulaiman is weak.
B.
Scout leader is a hard
job.
C.
Sulaiman is too smart.
D.
Scout doesn’t want Sulaiman.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Frase “somebody who is strong” dan “you are unable”
menyiratkan bahwa keadaan Sulaiman berlawanan dari yang diharapkan yaitu
strong. Ini berarti Sulaiman itu lemah.
Indikator : Menentukan informasi tertentu dalam teks fungsional
pendek berbentuk short message.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks short message tentang berita yang tidak menyenangkan,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks
itu dengan tepat.
Soal :
5.
What is the application about?
A.
Science club.
B.
Scout leader.
C.
Science competition.
D.
Our program manager.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Frase “your scout leader application” menunjukkan bahwa
Sulaiman melamar sebagai scout leader.
Read Text 4 to answer
questions 6 and 7.
Text
4
Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks fungsional pendek
berbentuk announcement.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks announcement di tempat rekreasi, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks itu dengan tepat.
Soal :
6.
Why is the text written?
A.
To promote Lady Evelyn Falls Campground.
B.
To close Lady Evelyn Falls Campground.
C.
To announce closure of Lady Evelyn
Falls Campground.
D.
To thank the individuals with
reservations at Lady Evelyn Falls Campground.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Dalam judul teks, berturut-turut setelah kata
“announcement” adalah “temporary closure of Lady Evelyn Falls Campground”. Ini
menunjukkan tujuan teks ini.
Indikator : Menentukan informasi rinci dalam teks fungsional pendek
berbentuk announcement.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks announcement di tempat rekreasi, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks itu dengan tepat.
Soal :
7.
What will happen to the booking of the reservations?
A.
It will be closed.
B.
It will be refunded.
C.
It will be announced.
D.
It will be contacted.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Kalimat “Individuals with reservations at Lady Evelyn
Falls Campground will receive refunds” menunjukkan akan ada refund bagi yang
sudah pesan. Reservations=bookings.
Read Text 5 to answer
questions 8 and 9.
Text
5
Indikator : Menentukan rujukan kata dalam teks fungsional pendek
berbentuk invitation.
Indikator soal : Disajikan
sebuah teks invitation tentang rapat OSIS, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang rujukan kata dalam teks itu dengan tepat.
Soal :
8.
What does “Them” in “who will be in-charge-of them” refer to?
A.
Purposes.
B.
Students.
C.
You and other students.
D.
Programs.
Kunci jawaban : D
Pembahasan :
Kata benda jamak dalam kalimat itu adalah purposes dan programs.
Nah
yang terkait kata in-charge-of adalah program.
Indikator : Menentukan informasi tertentu dalam teks fungsional
pendek berbentuk invitation.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks invitation tentang rapat OSIS, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks itu dengan tepat.
Soal :
9.
Where can Jamilah meet Siti Aminah?
A.
In Student center.
B.
In 9D classroom.
C.
In the meeting.
D.
In the anniversary.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Frase “stop by my class (Grade 9D)” menunjukkan
tempat bisa bertemu nya adalah kelas 9D.
Read Text 6 to
answer questions 10 and 11.
Text
6
Indikator : Menentukan informasi rinci dalam teks fungsional pendek
berbentuk schedule.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks schedule tentang tur sekolah, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks itu dengan tepat.
Soal :
10.
Who will camp at Philip
Island?
A.
Grade 7.
B.
Grade 8.
C.
Grade 9.
D.
Grades 7-8.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Sudah jelas dalam “Tuesday,
26th: Grade 7 depart for camp at
Phillip Island” menunjukkan Grade 7 yang akan camping di Philip Island.
Indikator : Menentukan informasi tersirat dalam teks fungsional pendek
berbentuk schedule.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks schedule tentang tur sekolah, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks itu dengan tepat.
Soal :
11.
Who is the busiest class?
A.
Grade 7.
B.
Grade 8.
C.
Grade 9.
D.
Grades 7-8.
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Dari teks di dapat informasi Grade 7 muncul di empat kegiatan.
Read Text 7 to
answer questions 12 to 14.
Text
7
Subject :
Hello Ismawati
From : habibah.granada@gmail.com To : ismawati@yahoo.co.id
Date :
Fri, 22 August, 2014
Dear
Ismawati,
Hello! My name is Habibah and I am your new
friend. I am fourteen years old and I am a Spanish.
I live in Granada in Spain. Attached
are photographs of the people
in my family. My father’s
name is Yousef. He’s a chemist. My mother’s name is Maryam.
My brother’s name is Fauzan and my sister’s
name is Raysa.
I am the girl with short brown hair.
My cat’s name is Pluto. He’s in the photograph with me.
I like tennis but I don’t like basketball. My
favourite subject is Geography, but
I don’t like math because it’s difficult.
I love pop music but I don’t like opera. I like cats but I don’t like dogs. My
favourite singer is Westlife. They
are fantastic.
What about you? What does Indonesia look like? What do
you like? Who’s your favourite singer? Please write email soon and tell me
about yourself.
Best wishes,
Habibah
(Reading and Writing Targets 2: Student Book, 1999, p. 4)
Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks fungsional pendek
berbentuk surat (email).
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks surat (email) tentang perkenalan diri, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif dalam teks itu dengan
tepat.
Soal :
12.
What is the purpose of the text?
A.
To greet Ismawati.
B.
To send a photograph.
C.
To introduce the writer.
D.
To describe a country.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Dari
hal nya email “hello” dan dari kalimat pertama dalam surat “I’m your new
friend” dapat disimpulkan email itu untuk memperkenalkan diri penulis.
Indikator : Menentukan informasi tertentu dalam teks fungsional
pendek berbentuk surat (email).
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks surat (email) tentang perkenalan diri, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks itu dengan
tepat.
Soal :
13.
Who is Habibah’s sister?
A.
Ismawati.
B.
Yousef.
C.
Maryam.
D.
Raysa.
Kunci jawaban : D
Pembahasan : Dari kalimat “my sister’s name is Raysa” dapat
disimpulkan nama saudari penulis
adalah Raysa.
Indikator : Menentukan makna kata dalam teks fungsional pendek
berbentuk surat (email).
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks surat (email) tentang perkenalan diri, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam teks itu dengan tepat.
Soal :
14.
What does “attached” mean in “Attached are photographs of
the..”?
A.
Enclosed.
B.
Glued.
C.
Sent.
D.
Seen.
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Sinonim kata “attached” adalah enclosed (terlampir).
Read Text 8 to
answer questions 15 to 17.
Text
8
Indikator : Menentukan informasi tersirat dalam teks fungsional
pendek berbentuk advertisement.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks advertisement tentang wisata, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks itu dengan tepat.
Soal :
15.
Where is the text possibly printed?
A.
Longreach.
B.
Katherine.
C.
Darwin.
D.
Melbourne.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Kalimat “offer price from Melbourne $12,995 per person”
mensyiratkat teks itu khusus untuk Melbourne, atau dicetak di Melbourne.
Indikator : Menentukan tujuan penulisan teks fungsional pendek
berbentuk advertisement.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks advertisement tentang wisata, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan penulisan teks itu dengan tepat.
Soal :
16.
What is the text written
for?
A.
To describe aircruise.
B.
To offer an aircruise tour.
C.
To inform the beauty of outback.
D.
To charter an aircraft.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Rincian informasi dalam teks menawarkan paket wisata
lewat udara keliling Australia.
Indikator : Menentukan informasi rinci dalam teks fungsional pendek
berbentuk advertisement.
Indikator soal :
Disajikan sebuah teks advertisement tentang wisata, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks itu dengan tepat.
Soal :
17.
Where will be ground touring held?
A.
Uluru and Kakadu.
B.
Darwin and the Kimberly.
C.
The Mitchel falls and the Bunge Bungle Range.
D.
Longreach and Katherine.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Kata “ground touring throughout” ditulis setelah
sightseeing of the the Bunge Bungle Range and the Mitchel fall. Jadi
trouringnya berlaku untuk dua tempat tersebut.
Read Text 9 to answer
Questions 18 to 20
Text
9
Indikator :
Menentukan tujuan penulisan esai pendek berbentuk procedure.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang tips, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan penulisan esai itu dengan tepat.
Soal :
18.
What is the purpose of the text?
A.
To explain what hay fever is.
B.
To describe the cure of hay fever.
C.
To give ways to reduce hay fever symptoms.
D.
To cure hay fever by medicines.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Rangkaian daftar hal-hal yang perlu dilakukan agar
tidak terkena hayfever menunjukkan esai ditulis untuk memberikan tips/ways to
reduce hay fever symptoms.
Indikator :
Menentukan rujukan kata dalam esai pendek berbentuk procedure.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang tips, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
19.
What does “this” in “you need to discuss this with your
doctor or pharmacist” refer to?
A.
Taking anti-histamine.
B.
Using nasal sprays.
C.
Applying eye drops.
D.
Alleviating symptoms.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Kata “this” biasanya merujuk pada suatu tindakan.
Tindakan yang harus dilakukan dalam tip tersebut adalah untuk meminum/taking
anti- histamine.
Indikator :
Menentukan makna kata dalam esai pendek berbentuk procedure.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang tips, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
20.
What does “air-borne pollen” mean?
A.
Pollen from flowers.
B.
Pollen taken by air.
C.
Pollen produced by air.
D.
Pollen in the air.
Kunci jawaban : D
Pembahasan : Kata “air-borne” berarti tersebar lewat udara, yang
berarti yang ada di udara (in the air), bukan yang diambil oleh udara (taken by air).
Read Text 10 to
answer Questions 21 to 24
Text
10
Indikator :
Menentukan gambaran umum esai pendek berbentuk
descriptive.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai descriptive pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum esai itu dengan tepat.
Soal :
21.
What is the text about?
A.
A girl named Matilda.
B.
Matilda, a favourite book.
C.
The story of Matilda.
D.
A book titled Matilda.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Kata pertama menunjukkan topic esai descriptive, yaitu
Matilda, judul buku favorit penulis.
Indikator : Menentukan pokok pikiran paragraph dalam esai pendek
berbentuk descriptive.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai descriptive pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf dalam esai itu
dengan tepat.
Soal :
22.
What does paragraph 2 tell?
A.
Name of the book and why it’s favourite.
B.
The professor in Matilda’s school.
C.
Matilda’s school
experience.
D.
Hard life of Matilda.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Inti cerita di paragraph 2 adalah pengalaman Matilda di
sekolah, yaitu diajar oleh guru yang kurang simpatik walaupun ada satu orang
yang baik pada Matilda.
Indikator :
Menentukan informasi rinci dalam esai pendek berbentuk descriptive.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai descriptive pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai itu dengan
tepat.
Soal :
23.
Why did the family leave
Matilda?
A.
They disliked her.
B.
She hated them.
C.
The professor asked them.
D.
They had law problem.
Kunci jawaban : D
Pembahasan : Frase “because of problems with the law” menunjukkan
mereka berurusan dengan hukum.
Indikator :
Menentukan rujukan kata dalam esai pendek berbentuk descriptive.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai procedure pendek tentang benda kesayangan, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
24.
What does “they” in “they let her in custody of the
teacher” refer to?
A.
A foster family.
B.
Matilda and Professor.
C.
A teacher and children.
D.
Matilda’s parents.
Kunci jawaban : D
Pembahasan : Kata benda jamak sebelum kata “they” dalam kalimat ini
Cuma parents. Jadi they merujuk pada Matilda’s parents.
Read Text 11 to
complete the blanks of questions 25 to 27.
Text
11
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek
berbentuk recount sederhana.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga
rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
Soal :
25.
A. telephone
B.
car
C.
airplane
D.
helicopter
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Wright bersaudara
terkenal sebagai pencipta pesawat terbang. Di kalimat kedua pun ada keterangan
“they took their plane”. Jadi kata yang tepat adalah airplane.
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek
berbentuk recount sederhana.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga
rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
Soal :
26.
A. drive
B.
fly
C. direct
D. steer
Kunci jawaban : B
Pembahasan :
Terkait dengan kalimat “they took
their plane”. Jadi kata yang tepat
adalah untuk menerbangkan pesawat adala “fly”.
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek
berbentuk recount sederhana.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai recount pendek sederhana tentang sejarah dengan tiga
rumpang siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
Soal:
27.
A. great
B.
spectacular
C.
new
D.
amazing
Kunci jawaban : C
Pembahasan : kata age= zaman, lebih tepat di gandengkan dengan kata new, terkait juga dengan penciptaan
pesawat.
Read Text 12 to
answer questions 28 to 30.
Text
12
Indikator :
Menentukan informasi tertentu dalam esai pendek berbentuk narrative.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
28.
Where did the Fox lead the Ass to?
A.
The Lion.
B.
The trouble.
C.
The pit.
D.
The death.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Dalam “it managed to lead him by a hidden pit“ sudah
jelas bahwa the Fox lead the Ass to the hidden
pit.
Indikator : Menentukan pikiran utama paragraf dalam esai pendek
berbentuk narrative.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang pikiran utama paragraf dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
29.
What does paragraph 2 tell?
A.
The Fox and the Ass.
B.
The Fox’s evil plan.
The
Lion’s hunger.
The
Ass’s fool.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Inti cerita dalam paragraph 2 sudah jelas bahwa ada
rencana jahat (evil plan) the Fox untuk menyelamatkan diri dari the Lion dengan
mengajukan the Ass untuk dimakan the Lion.
Indikator :
Menentukan pesan moral dalam esai pendek berbentuk narrative.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang fabel, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
30.
What lesson does the text teach?
A.
If you betray a friend, you’ll trouble yourself.
B.
If you have a friend, you have to be careful.
C.
If you have enemy, never
trust him/her.
D.
If you meet danger, go
away.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Dalam cerita ternyata rencana jahat the Fox untuk
menyelamatkan diri dari the Lion dengan mengajukan the Ass untuk dimakan the
Lion tidak berjalan baik. Justru
yang dimakan terlebih dulu oleh the Lion adalah the Fox sendiri. Ini berarti
jika mau mencelakai orang lain, kita bisa terkena celaka sendiri. Pilihan A
yang paling tepat.
Read Text 13 to
answer questions 31 to 33.
Text
13
Indikator :
Menentukan gambaran umum esai pendek berbentuk
report.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai report pendek tentang penyakit, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang gambaran umum esai itu dengan tepat.
Soal :
31.
What is the text about?
A.
The origins of the flu.
B.
How contagious is the flu.
C.
What influenza is.
D.
Vaccinations of influenza.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Diantara pilihan jawaban, yang paling general adalah C.
Pilihan yang lain termasuk
informasi rinci.
Indikator :
Menentukan informasi rinci dalam esai pendek berbentuk report.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai report pendek tentang penyakit, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
32.
What are some of the symptoms of the flu in children?
A.
Fever, headaches.
B.
Muscle aches and pains.
C.
Vomiting and diarrhea.
D.
Headaches and muscle pains.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :Symptoms diare untuk anak-anak serupa dengan ciri-ciri
diare untuk orang dewasa ditambah ciri lain yaitu nausea, vomittind and
diarrhea
Indikator :
Menentukan makna kata dalam esai pendek berbentuk report.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai report pendek tentang penyakit, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
33.
What does “contagious” mean?
A.
Easily spread.
B.
Hard to cure.
C.
Fast growing.
D.
Long lasting.
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Sudah jelas dalam teks bahwa influenza mudah menyebar ke orang lain
lewat berbagai cara. Jadi contagious=easily spread.
Read Text 14 to
answer questions 34 to 37.
Text
14
Indikator :
Menentukan informasi tertentu dalam esai pendek berbentuk recount.
Indikator soal : Disajikan
sebuah esai recount pendek tentang pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
34.
How did the writer feel at first?
A.
Happy.
B.
Confused.
C.
Afraid.
D.
Amazed.
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Sudah jelas dalam teks bahwa “I shouted happily to Sarah”.
Indikator : Menentukan pokok pikiran paragraph dalam esai pendek
berbentuk recount.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai recount pendek tentang pengalaman pribadi, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf dalam esai itu
dengan tepat.
Soal :
35.
What does paragraph 3 tell?
A.
Their feeling in two minutes.
B.
The beginning of the big wheel accident.
C.
How the writer overcame her fear.
D.
How the mechanic fixed the big wheel.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Inti cerita paragraph 2 adalah bagaiman awal kecelakaan
di big wheel itu.
Indikator :
Menentukan rujukan kata dalam esai pendek berbentuk recount.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai recount pendek tentang pengalaman pribadi, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
36.
What does “they” in “they shouted” refer to?
A.
The writer and Sarah.
B.
Everyone below us.
C.
The big wheel passengers.
D.
Two mechanics.
Kunci jawaban : D
Pembahasan : Sudah jelas dalam teks bahwa yang “shouted” adalah the
two mechanics.
Indikator :
Menentukan informasi tersirat dalam esai pendek berbentuk recount.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai recount pendek tentang pengalaman pribadi, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam esai itu dengan
tepat.
Soal :
37.
What does the writer mean by “$1 for a two-minute ride ”?
A.
It is very quick.
B.
It is very fun.
C.
It will not kill.
D.
It is expensive.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Dalam cerita, walaupun awalnya ragu, penulis akhirnya
setuju naik big wheel karena cuma sebentar (2 minutes) saja.
Read Text 15 to complete the
blanks of questions 38 to 40.
Text
15
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek
berbentuk descriptive sederhana.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai descriptive pendek sederhana tentang rumah dengan tiga
rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
Soal :
38.
A. live
B.
stay
C.
sit
D.
are
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Kata armchair berkaitan dengan kata kerja “sit”.
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek
berbentuk descriptive sederhana.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai descriptive pendek sederhana tentang rumah dengan tiga
rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
Soal :
39.
A. room
B.
floor
C.
rug
D.
fireplace
Kunci jawaban : C
Pembahasan : Dalam gambar sudah jelas bahwa sofa dan meja kaca ada
DI ATAS rug atau karpet.
Indikator : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi esai pendek
berbentuk descriptive sederhana.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai descriptive pendek sederhana tentang rumah dengan tiga
rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya.
Soal :
40.
A. in front of
B.
behind
C.
beside
D.
next to
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Dalam gambar sudah jelas bahwa meja kaca ada DI DEPAN sofa.
Read Text 16 to
answer questions 41 to 43.
Text
16
Indikator :
Menentukan informasi rinci dalam esai pendek berbentuk report.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai report pendek tentang benda angkasa, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai itu dengan
tepat.
Soal :
41.
How different is the Earth’s seasons from Mars’ seasons?
A.
They are longer.
B.
They are shorter.
C.
They have less seasons.
D.
They have more seasons.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Dalam paragraph 2, perbedaan musim Mars dan Bumi
disebutkan dalam aspek lamanya, yaitu dua kali “only they are almost twice as
long as ours”.
Indikator : Menentukan pokok pikiran paragraph dalam dalam esai
pendek berbentuk report.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai report pendek tentang benda angkasa, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf dalam esai itu
dengan tepat.
Soal :
42.
What is the main idea of paragraph 3?
A.
Mars and the Earth have differences too.
B.
Ther Earth is closer to Sun than Mars does.
C.
Mars is much colder than the Earth.
D.
The Earth has more atmosphere than Mars does.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Dalam teks sudah jelas bahwa inti paragraph 3 adalah differences,
“Mars is different from Earth”.
Indikator :
Menentukan makna kata dalam esai pendek berbentuk report.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai report pendek tentang benda angkasa, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
43.
What does the word “respects” in “It is similar to Earth
in some respects” mean?
A.
Salutes.
B.
Aspects.
C.
Areas.
D.
Factors.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Dalam hal ini, perbandingan biasanya aspeknya, jadi
kata respects maksudnya aspects.
Read Text 17 to
answer questions 44 to 46.
Text
17
Once there was a town called Hamelin. The only thing
wrong was it was full of rats. They destroyed people’s
farms, houses and food supplies.
The people went to the mayor
to solve the problem.
One day, a strange man came to town. The
stranger offered to get rid off the rats. In return, the mayor would give him
money.
The Pied Piper was a strange-looking man. He wore a tall,
pointed hat, and a long,
flowing cape. He played a long, shiny flute. The piper
began to play in the town square.
Rats came running from everywhere. They came
out if the houses and the shops. The Pied Piper played up and down the streets.
Everywhere he went, the rats followed him. The Pied Piper led the rats to the
river. The rats all jumped into the river and drowned.
The people cheered. They were happy to be rid
of the rats. But the mayor changed his mind about the money. He refused to give any money at all to the Pied Piper. “Give me the money your promised,”
he said. “If you don’t, I’ll play a different tune you will not like,” he
warned. But the mayor still refused. The Pied Piper picked up his flute and
began to play a new tune.
Once the flute was played,
all the children
in the town were like being hipnotised. These children followed the Pied Piper wherever he was playing
the flute. When The Pied Piper reached the river bank, he stopped walking, but
the children were still walking toward the river.
Fear of their safety,
the mayor begged The Pied Piper to let the children go and paid the
money he promised. All of sudden the children awoke and their parents rushed to
get their beloved children.
The Pied Piper was happy to get the money and the mayor
finally learned a lesson from
this. (Addison Wesley ESL Student book, 1992, p.39)
Indikator :
Menentukan gambaran umum esai pendek berbentuk
narrative.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang myth, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang gambaran umum esai itu dengan tepat.
Soal :
44.
What is the text about?
A.
The myth of Pied Piper.
B.
A story about rats.
C.
The legend of rat city.
D.
The tale of greedy mayor.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Tokoh cerita
ini adalah the Pied Piper, dan ini adalah mitos, jadi pilihan A adalahh jawabannya.
Indikator :
Menentukan informasi tersirat dalam esai pendek berbentuk narrative.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang myth, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
45.
Why did the Pied Piper say “I’ll play the tune you will
not like”?
A.
He wanted to entertain the mayor.
B.
He was happy to play another tune.
C.
He threatened the mayor.
D.
He was very patient with the mayor.
Kunci jawaban : C
Pembahasan : The Pied Piper tidak diberi uang atas jasanya mengusir
tikur karena itu dia marah dan mengancam walikota dengan kata-katanya “I’ll
play the tune you won’t like”.
Indikator :
Menentukan pesan moral dalam esai pendek berbentuk narrative.
Indikator soal :
Disajikan sebuah esai narrative pendek tentang myth, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam esai itu dengan tepat.
Soal :
46.
What lesson does the text teach?
A.
You have to keep your promise.
B.
You cause your own problem.
C.
You should help others willingly.
D.
You can hurt someone if necessary.
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Dalam cerita, walikota tidak menepati janjinya sehingga
anak-anak terancam walaupun akhirnya dilepaskan oleh the Pied Piper. Jadi kita harus menepati janji. Ini
yang dipesankan oleh teks.
Indikator : Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.
Indikator soal :
Disajikan sejumlah kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata
yang tepat untuk membuat kalimat sederhana mengandung klausa keterangan
berjenis recount yang bermakna.
Soal :
47.
Study the following words:
Indonesian’s independence-- When--
World War II -- Soekarno --the Japanese--surrendered---
in-- proclaimed
The
above words can be written into a good sentence as follows ...
A.
When Soekarno surrendered in
Indonesian’s independence, the Japanese proclaimed World War II.
B.
Soekarno proclaimed in Indonesian’s
independence when the Japanese surrendered World
War II.
C.
When the Japanese surrendered in
Indonesian’s independence, Soekarno proclaimed World War II.
D.
When the Japanese surrendered in World War
II, Soekarno proclaimed Indonesian’s independence.
Kunci jawaban : D
Pembahasan : Dalam kata-kata acak ada kata soekarno, proclaimed, dan
independence. Ketiga kata ini terkait sejarah proklamasi Indonesia, sehingga
Klausa “Soekarno-proclaimed-Indonesia’s indepene” merupakan inti kalimat yang
bermakna dan klause keterangannya adalah “When the Japanese surrendered in World War II”.
Indikator : Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.
Indikator soal :
Disajikan sejumlah kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata
yang tepat untuk membuat kalimat sederhana mengandung klausa kondisional If
berjenis procedure yang bermakna.
Soal :
48.
Study the following words:
If --more --than --3 minutes you-- be--
overcooked -- boil-- the noodle -- it --will The above words can be written
into a good sentence as follows ...
A.
If it boil the noodle more than 3 minutes, you will be overcooked.
B.
If you boil the noodle more than 3 minutes, it will be overcooked.
C.
You will be overcooked it if boil
the noodle more than 3 minutes.
D.
You boil the noodle if it will be
overcooked more than 3 minutes.
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Dalam klausa If, kondision dalam bentuk present (V1),
sedangkan result klause berbentuk simple future (will+V1). Jadi pilihan B
adalah kalimat yang paling tepat.
Indikator : Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat
paragraf narrative yang padu dan bermakna.
Indikator soal :
Disajikan sejumlah kalimat yang diacak tentang sesuatu, siswa dapat menentukan
susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf narrative yang padu dan
bermakna.
Soal :
49.
Study the following sentences:
1-
A Fox invited a Stork to dinner, a large flat dish of soup.
2-
Thus, while she enjoyed her dinner, the
Fox sat by hungry and helpless, for it was
impossible for him to reach the tempting contents of the vessel.
3-
This caused much amusement for the sly Fox.
4-
She set before him a pitcher with a long and narrow neck.
5-
But not long after the Stork invited him in turn.
6-
The Fox lapped it up with great relish,
but the Stork with her long bill tried in vain to take of the savoury broth.
(http://www.worldoftales.com/fables/Aesop_fables/Aesop_Fables_2.html)
The above sentences can be written into a paragraph as
follows ... A. 2-6-3-5-4-1
B. 1-6-3-5-4-2
C. 1-6-3-4-5-2
D. 1-5-4-6-3-2
Kunci jawaban : B
Pembahasan : Cerita naratif selalu diawali dengan menyebutkan tokoh,
kapan dan tempat cerita (orientation). Ini bisa dibaca di kalimat 1. Cerita
selalu diakhiri dengan resolution. Kata “Thus” dapat menunjukkan akhir cerita.
Jadi, pilihan B adalah kalimat yang paling tepat.
Indikator : Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat
paragraf recount yang padu dan bermakna.
Indikator soal :
Disajikan sejumlah kalimat yang diacak tentang sesuatu, siswa dapat menentukan susunan kalimat yang
tepat untuk membuat paragraf recount yang padu dan bermakna.
Soal :
50.
Study the following sentences:
1- When we
arrived home last night, we realised that someone broke into our house. 2- The thieves had stolen our new CD player.
3-
Half an hour later the police arrived.
4-
But, all other electrical equipment was still there.
5-
While my husband called the police I
looked around the house to see what was missing.
6-
They asked us a lot of questions and
write everything down. (Reading and Writing
Targets 2: Student Book, 1999,
p. 14)
The above sentences can be written into a paragraph as
follows ... A. 1-5-2-4-3-6
B. 1-2-4-5-3-6
C. 5-2-4-3-6-1
D. 1-6-5-2-4-3
Kunci jawaban : A
Pembahasan : Cerita recount selalu diawali dengan apa, kapan dan
tempat cerita (orientation). Ini bisa dibaca di kalimat 1. Cerita kemudian
bergulir ke kejadian-kejadian secara urut. Jadi, pilihan A adalah jawaban yang paling tepat.
No comments:
Post a Comment