Monday, 16 November 2020

PROGRAM PERBAIKAN/PENGAYAAN

 

Program  Perbaikan/ Pengayaan

Kelas IX

Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Kegiatan

Waktu

Materi

3.1 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapanselamatatassuatuk ebahagiaandanprestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

 

4.1 menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapanselamatatassuatuk ebahagiaandanprestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dansesuaikonteks

- Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari

- Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda

 - Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.

- Melakukan percakapan terkait tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi

 - Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar

Tes tulis

 

2x 40 menit

 

Fungsi sosial Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

 Struktur teks - Memulai - Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

  Unsur kebahasaan - Ungkapan a.l. Congratulations,I hope so,I wish you luck; dll. - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 Topik Prestasi dan kebahagiaan yang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI

3.2 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that (dis)agreement)

4.2 menyusunteks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dansesuaikonteks

Fungsi sosial Membuat rencana, menunjukkan kesungguhan, mengarahkan

 Struktur teks - Memulai - Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

  Unsur Kebahasaan - Kalimat deklaratif dan interogatif dengan modal: will, be going to.

 - Ungkapan persetujuan: I agree. That’s a good idea. I don’t think it’s a good idea

- Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 Topik Tindakan dan kegiatansiswa di sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar yang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI

Unjuk kerja

4x40 menit

- Bertanya jawab tentang rencana dan kemauan yang disebutkan dalam teks.

- Menyimak, membaca, dan menirukan, guru membacakan teks-teks tersebut dengan suara lantang

 - Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda - Bertanya jawab dengan teman tentang rencana dan kemauan untuk menghadapi ujian akhir sebaik-baiknya

- Memaparkan hasil temuannya dalam bentuk teks pendek tentang temannya.

 - Mempresentasikan di kelompok lain dan bertanya jawab tentang isi teks

 - Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

3.3  membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.3 menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk label pendekdansederhana, terkait obat/makanan/minuman

Fungsi sosial Memilih obat/makanan/minuman yang sehat dan aman, menghindari efek negatif, dan mendapatkan hasil terbaik

 Struktur Teks Dapat mencakup, nama asli dan nama dagang obat, deskripsi, volume, bahan, cara menggunakan, cara menyimpan, tanggal kadaluarsa

 Unsur Kebahasaan - Istilah khusus terkait dengan produk.

- Kalimat imperatif

- Tata bahasa: frasa nominal untuk menyebut benda, cara menyebut jumlah/ukuran

 - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

Topik Informasi tentang obat/makanan/minuman yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

Tes tulis/

Unjuk kerja

2x40 menit

·         mengidentifikasi berbagai informasi yang tertera di  label obat/makanan/minuman dengan menuliskan informasi ke dalam tabel analisis

·          - Mempelajari contoh mempresentasikan isi tabel, dan kemudian belajar menyampaikan secara lisan dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

·          - Melakukan langkah-langkah yang sama yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengamati label makanan dan minuman

·          - Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain

·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

                                               

  Cangkuang,  Juli 2020

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

       

         


Hasil Kegiatan  Perbaikan/ Pengayaan

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Kelas /Semester           : IX  / ………

Sekolah                       : SMPN 1 Cangkuang

Kompetensi Dasar       : 3.2 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that (dis)agreement)

4.2 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dansesuaikonteks

 

No

Nama Siswa

Kegiatan 1

Kegiatan 2

Keterangan

Nilai Sebelum

Nilai sesudah

Nilai Sebelum

Nilai sesudah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                        

 

 

 

No comments:

Post a Comment