Program Perbaikan/ Pengayaan
Kelas IX
Tahun Pelajaran 2020/2021
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Kegiatan |
Waktu |
Materi |
3.1 menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan,
doa, dan ucapanselamatatassuatuk ebahagiaandanprestasi, serta menanggapinya,
sesuai dengan konteks penggunaannya 4.1 menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapanselamatatassuatuk
ebahagiaandanprestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dansesuaikonteks |
- Mengidentifikasi ungkapan yang
sedang dipelajari - Menanyakan hal-hal yang tidak
diketahui atau yang berbeda - Menentukan ungkapan yang tepat secara
lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa. - Melakukan percakapan terkait
tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan
dan prestasi - Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajar |
Tes tulis |
2x 40 menit |
Fungsi sosial Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman Struktur teks - Memulai - Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) Unsur kebahasaan - Ungkapan a.l.
Congratulations,I hope so,I wish you luck; dll. - Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan Topik Prestasi dan kebahagiaan yang dapat menumbuhkanperilaku yang
termuat di KI |
3.2 menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu
tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan to, in order to, so that (dis)agreement) 4.2 menyusunteks interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dansesuaikonteks |
Fungsi sosial Membuat rencana, menunjukkan kesungguhan, mengarahkan Struktur teks - Memulai - Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) Unsur Kebahasaan - Kalimat
deklaratif dan interogatif dengan modal: will, be going to. - Ungkapan persetujuan: I agree.
That’s a good idea. I don’t think it’s a good idea - Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my,
their, dsb. - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan Topik Tindakan dan kegiatansiswa
di sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar yang dapat menumbuhkanperilaku yang
termuat di KI |
Unjuk kerja |
4x40 menit |
- Bertanya jawab tentang rencana dan kemauan yang disebutkan dalam teks. - Menyimak, membaca, dan menirukan, guru membacakan teks-teks tersebut
dengan suara lantang - Menanyakan hal-hal yang tidak
diketahui atau yang berbeda - Bertanya jawab dengan teman tentang rencana dan
kemauan untuk menghadapi ujian akhir sebaik-baiknya - Memaparkan hasil temuannya dalam
bentuk teks pendek tentang temannya. - Mempresentasikan di kelompok lain dan
bertanya jawab tentang isi teks - Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya |
3.3
membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/minuman,
sesuai dengan konteks penggunaannya 4.3 menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk label
pendekdansederhana, terkait obat/makanan/minuman |
Fungsi sosial Memilih
obat/makanan/minuman yang sehat dan aman, menghindari efek negatif, dan
mendapatkan hasil terbaik Struktur Teks Dapat
mencakup, nama asli dan nama dagang obat, deskripsi, volume, bahan, cara
menggunakan, cara menyimpan, tanggal kadaluarsa Unsur Kebahasaan - Istilah
khusus terkait dengan produk. - Kalimat imperatif - Tata bahasa: frasa nominal
untuk menyebut benda, cara menyebut jumlah/ukuran - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan Topik Informasi tentang
obat/makanan/minuman yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
Tes tulis/ Unjuk kerja |
2x40 menit |
·
mengidentifikasi berbagai informasi yang tertera
di label obat/makanan/minuman dengan
menuliskan informasi ke dalam tabel analisis ·
- Mempelajari
contoh mempresentasikan isi tabel, dan kemudian belajar menyampaikan secara
lisan dengan ucapan dan tekanan kata yang benar ·
- Melakukan
langkah-langkah yang sama yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengamati
label makanan dan minuman ·
-
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain ·
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya |
Cangkuang,
Juli 2020
Guru Mata Pelajaran,
Hasil Kegiatan
Perbaikan/ Pengayaan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /Semester : IX / ………
Sekolah : SMPN 1 Cangkuang
Kompetensi Dasar : 3.2 menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan,
persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that
(dis)agreement)
4.2 menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana
yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dansesuaikonteks
No |
Nama
Siswa |
Kegiatan
1 |
Kegiatan
2 |
Keterangan |
||
Nilai
Sebelum |
Nilai
sesudah |
Nilai
Sebelum |
Nilai
sesudah |
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment