OPEN PO RPP DEEP LEARNING TINGKAT SD< SMP<SMA
INFO LEBIH LANJUT /ORDER VIA WA , CHAT KE 081221137588
RPP DEEP LEARNING
BAB V
Identitas Modul
Nama
Sekolah :
Penyusun :
Kelas /
Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Lingkup : Wilayah NKRI (
Unsur-Unsur Negara)
Durasi : 1 Pertemuan
Tujuan Pembelajaran
Pada bab
ini, siswa dapat mengidentiikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
dengan indikator capaian tujuan
•
memahami makna Negara Kesatuan,
• mengidentiikasi
wilayah NKRI, dan
• memberikan
contoh upaya menjaga keutuhan wilayah
Minat dan Kebutuhan Murid
• Memanfaatkan gambar menarik atau peta untuk mengidentiikasi wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
• Aktivitas bermain
peran dan diskusi
untuk memahami penerapan upaya menjaga keutuhan wilayah .
• Media visual
dan pertanyaan pemantik untuk
meningkatkan keterlibatan murid.
Bukti Asesmen
• Produk: gambar wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
• Proyek: Poster
penerapan upaya menjaga keutuhan wilayah ..
• Observasi: Keterlibatan murid dalam diskusi
kelompok.
Kegiatan pembelajaran
1) Kegiatan
Awal - 15 menit
Minful dan Joyful:
1.
Mengucap salam dan menyapa siswa.
2.
Mengecek kehadiran siswa dan mengondisikan kelas
3.
Meminta seorang siswa
memimpin do’a.
4.
Menyapa dan berinteraksi dengan 2–3 siswa.
5.
Mengajak menyanyi lagu Dari Sabang Sampai
Merauke bersama-sama.
6.
Memberikan assesmen
awal kepada siswa
Apersepsi
- Guru
mengaitkan pengalaman atau pengetahuan siswa sebelumnya dengan materi
baru.. Guru mengajukan pertanyaan seperti
“tahukah kalian wilayah NKRI itu sampai mana?”
- Guru
menunjukkan gambar menarik tentang wilayah NKRI
- Guru
meminta siswa berbagi pengalaman sederhana terkait keragaman suku, seperti
Pernahkah kalian ke negeri tetanggari RI? Tahukah
kalian batas Wilayah NKRI itu?
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
- Guru
menyampaikan:
*"Hari ini, kita akan belajar:memahami makna Negara Kesatuan, mengidentiikasi wilayah NKRI, dan memberikan contoh upaya menjaga keutuhan wilayah
·
menambahkan
motivasi:
"Dengan memahami ini, kalian akan lebih mencintai negara Kita Republik Indonesia, dan
tetap menjaga keutuhan wilayah kita."
2) Kegiatan
Inti (Kegiatan Joyful dan Meaningful) -
Eksplorasi
(Joyful)
1.
Guru mengajak siswa untuk membaca
materi Unsur-unsur Negara selama
5 menit. (literasi, berfikir kritis)
Sebagai miniatur negara, coba kalian amati lingkungan kelurahan atau
desa kalian dan analisislah dengan perumpamaan unsur-unsur negara!
a. Bagaimana batas-batas wilayah lingkungan kelurahan atau desa
tersebut dari sebelah barat, timur, utara, dan selatan?
b. Siapa saja yang berada di lingkungan kelurahan atau desa itu?
c. Bagaimana
struktur kepemimpinan lingkungan kelurahan atau desa?
d. Apakah lingkungan kelurahan atau desa bekerja sama
dengan pihak lain?
Jelaskan!
Bagaimana jika ada pihak lain yang mengganggu keamanan
Di lingkungan
kelurahan atau desa? Apa yang akan kalian lakukan?
Apakah
Indonesia sudah memenuhi unsur-unsur negara? Buktikan jika Indonesia telah
memenuhi syarat sebagai sebuah negara merdeka dengan melengkapi tabel di bawah
ini
2.
Siswa mengidentifikasi wilayah NKRI (mindful)
3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang mind mapping pembagian wilayah RI
4.
Siswa secara berkelompok membuat mind mapping pembagian
wilayah NKRI. (mindful, kolaborasi)
Langkah yang harus kalian lalui untuk menyelesaikan aktivitas ini
adalah sebagai berikut. 1) Siapkan kertas HVS atau karton, pensil, bolpoin, dan
spidol warna
2) Rangkailah kerangka pemikiran tentang pembagian wilayah Negara
Kesatuan Republik Indonesia dengan tampilan yang menarik
3) Desain dan warnailah hasil karyamu
4) Persentasikan hasil karyamu di depan kelas
5) Karya terbaik akan ditampilkan di mading sekolah
5.
Siswa mepresentasikan hasil kerja kelompok
dan kelompok lain menanggapi (kolaborasi)
6.
Guru membuat
penilaian dan penguatan
terhadap hasil kerja siswa
Umpan
Balik Penguatan Keterampilan
- Guru
memberikan pujian untuk usaha siswa, misalnya:
- "Kelompok
A sudah sangat baik dalam menjelaskan pemetaan wilayah di Indonesia,. Apakah
ada yang ingin menambahkan?"
- Guru
juga memberikan penjelasan tambahan jika ada kesalahpahaman yang muncul
dalam presentasi.
Refleksi
Diri
- Guru
meminta siswa menuliskan jawabannya di buku catatan:
- "Apa
yang paling kalian pelajari hari ini?"
- "Apa
yang kalian temukan menarik?"
- "Apa
yang masih membuat kalian penasaran?"
Umpan
Balik Reflektif (Pemikiran Lebih Lanjut)
- Guru
memberikan tugas terbuka, seperti:
- "Carilah
di sekitar lingkungan rumah contoh
keragaman lalu coba amati dan catat hasilnya."
- "Coba
pikirkan, apakah ada cara lain untuk
melestarikan berbagai keragaman budaya di Indonesia?
- Meaningful
Aspect: Siswa menghubungkan pembelajaran dengan
kehidupan sehari-hari mereka
3) Kegiatan
Akhir -
Mindful
Reflection
- Guru
meminta siswa menutup mata atau duduk tenang selama 1-2 menit, lalu
memikirkan:
- Apa
yang mereka pelajari hari ini?
- Bagaimana
perasaan mereka selama proses belajar?
- Apa
yang menurut mereka paling menantang atau menarik?
- Setelah
refleksi singkat, beberapa siswa diminta berbagi pemikiran mereka secara
sukarela.
Contoh
Pertanyaan:
- "Apa
hal baru yang kamu temukan hari ini tentang pemetaan wilayah NKRI
- "Bagaimana
kamu bisa menggunakan pengetahuan ini di rumah?"
Penugasan
Mandiri.
o
Guru memberikan tugas terbuka, misalnya:
o
"Coba cari dua contoh kebegaraman yang
terjadi di lingkungan keluargamu."
o
"Tuliskan cerita pendek tentang budaya yang ada di sekitar mu /kearifan
local.
Catatan: Tugas bersifat kreatif dan
tidak membebani siswa.
Umpan
Balik Positif
- Guru
memberikan pujian spesifik, seperti:
- "Saya
senang melihat bagaimana kalian bekerja sama dalam kelompok hari
ini!"
- "Presentasi
kelompok tadi sangat menarik, terutama cara kalian menjelaskan tentang
penyaringan pasir."
Catatan: Hindari
kritik langsung; fokus pada penguatan hal-hal positif.
Apresiasi
kepada Siswa yang Aktif
- Guru
menyebutkan beberapa siswa yang aktif bertanya, berdiskusi, atau membantu
teman.
- "Saya
apresiasi kerja keras kalian hari ini, terutama [Nama Siswa], yang berani
menjawab pertanyaan dengan percaya diri."
Motivasi /
Pesan Penutup
- Guru
memberikan pesan penyemangat:
- "Kalian
hebat! Ilmu hari ini adalah langkah awal memahami proses yang terjadi di
dunia nyata. Teruslah penasaran dan bertanya!"
- "Ingat,
pengetahuan kecil hari ini bisa menjadi dasar untuk menemukan hal besar
di masa depan."
C. Asesmen Pembelajaran (terlampir)
Rubrik Penilaian
1. Pengetahuan (Menyebutkan Sila dan Simbol Pancasila)
Aspek yang
Dinilai |
Kriteria Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Perbaikan (1) |
Menyebutkan wilayah NKRI |
Menyebutkan semua dengan benar |
Menyebutkan 3-4 dengan benar |
Menyebutkan kurang dari 3 |
Memahami gambar peta wilayah RI |
Memahami semua peta dengan
tepat |
Memahami 2-3 gambar dengan benar |
Memahami kurang dari 2 peta |
2. Keterampilan (Mengaplikasikan Nilai
Pancasila)
Aspek yang Dinilai |
Kriteria Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Perbaikan (1) |
Menggambar
simbol/aktivitas |
Gambar sesuai tema, rapi, dan kreatif |
Gambar sesuai
tema, kurang detail |
Gambar tidak sesuai tema |
Bermain peran/diskusi |
Aktif dan
sesuai arahan |
Cukup aktif namun arahan kurang jelas |
Pasif atau
tidak berpartisipasi |
3. Proyek (Poster dan Cerita Bergambar)
Aspek yang
Dinilai |
Kriteria Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Perbaikan (1) |
Kreativitas dan Relevansi |
Produk sangat kreatif dan relevan |
Produk cukup kreatif dan relevan |
Produk kurang kreatif atau tidak relevan |
4. Sikap (Observasi dan Refleksi)
Aspek yang
Dinilai |
Kriteria Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Perbaikan (1) |
Keterlibatan |
Sangat aktif
dan antusias |
Aktif namun
kurang antusias |
Tidak aktif |
Refleksi |
Jawaban refleksi relevan dan mendalam |
Jawaban refleksi cukup relevan |
Jawaban refleksi tidak relevan |
Rekapitulasi Nilai
Kategori |
Skor Maksimal |
Skor Murid |
Pengetahuan |
6 |
|
Keterampilan |
6 |
|
Proyek |
3 |
|
Sikap |
6 |
|
Total |
21 |
|
Predikat |
A/B/C/D |
|
Keterangan Predikat
·
A (Baik Sekali): 18-21
·
B (Baik): 14-17
·
C (Cukup):
10-13
·
D (Perlu
Perbaikan): Di bawah 10
Catatan:
Rubrik ini mencakup
semua aspek (pengetahuan, keterampilan, proyek, dan sikap) dengan cara yang mudah dipahami. Setiap kategori memberikan panduan yang jelas untuk penilaian. Jika perlu, rubrik dapat
disesuaikan lebih lanjut sesuai kebutuhan.
ASESMEN FORMATIF
A.
Lembar Analisis
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN PENILAIAN UNJUK KERJA
(Berfikir Kritis)
Satuan Pendidikan : SMPN 3 Soreang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Waktu
pelaksanaan : Pada saat kegiatan
pembelajaran (presentasi} Berikan
tanda ceklist (ü) pada
kriteria dalam tabel di bawah ini:
No |
Nama Peserta Dididk |
Kemampuan Bertanya |
Kemampuan
Menjawab/ Berargumentasi |
Memberi Masukan/ Saran |
Mengapresiasi |
||||||||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kategori Penilaian
: 4 = sangat baik, 3 = baik,
2 = cukup, 1 = kurang
Nilai = Skor Perolehan × 50
2
Pedoman Penskoran (Rubrik)
No. |
Aspek |
Penskoran |
1 |
Kemampuan Bertanya |
Skor 4 apabila selalu bertanya. Skor 3 apabila sering
bertanya. Skor
2 apabila kadang-kadang bertanya. Skor 1 apabila tidak pernah bertanya |
2 |
Kemampuan Menjawab/ Argumentasi |
Skor
4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas. Skor
3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas. Skor
2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas. Skor
1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak
jelas. |
3 |
Kemampuan Memberi Masukan |
Skor 4 apabila selalu memberi masukan. Skor 3 apabila sering
memberi masukan. Skor
2 apabila kadang-kadang memberi masukan.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan. |
4 |
Mengapresiasi |
Skor 4 apabila selalu memberikan pujian. Skor 3 apabila sering memberikan pujian. Skor
2 apabila kadang-kadang memberi pujian.
Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian. |
B.
Penilaian Sikap
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
Satuan
Pendidikan : SMPN 3 Soreang
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Pancasila Kelas/Fase : VII/D
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Semester : Genap
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara
kesatuan
No |
Nama Siswa |
Skor |
Jumlah Skor |
Predikat |
|
Berdoa bersama |
Mengucap syukur |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian diisi dengan pedoman
penilaian sikap berdasarkan Aspek yang dinilai disesuaikan dengan materi
Pedoman Penilaian Sikap Spiritual
Deskripsi |
Kriteria |
Skor |
Berdoa |
·
Peserta didik selalu
berdo’a dengan khusuk dalam setiap kegiatan |
4 |
·
Peserta didik sering berdo’a dengan khusuk dalam setiap kegiatan |
3 |
|
·
Peserta didik kadang kadang selalu berdo’a dengan khusuk dalam setiap kegiatan |
2 |
|
·
Peserta didik tidak pernah selalu berdo’a dengan khusuk
dalam setiap kegiatan |
1 |
|
Mengucap syukur |
·
Peserta didik selalu mengucapkan syukur setelah melakukan kegiatan |
4 |
·
Peserta didik sering mengucapkan syukur setelah melakukan kegiatan |
3 |
|
·
Peserta didik kadang kadang mengucapkan syukur setelah melakukan kegiatan |
2 |
|
·
Peserta didik tidak pernah mengucapkan syukur setelah
melakukan kegiatan |
1 |
Predikat yang diperoleh peserta didik berdasarkan nilai yaitu:
A : Jika memperoleh skor 85 s.d. 100
A- :
Jika memperoleh skor 80 s.d. 84 B+ :
Jika memperoleh skor 76 s.d. 79 B : Jika memperoleh
skor 70 s.d. 75 B- : Jika memperoleh skor 66 s.d. 69 C+: Jika memperoleh skor 60 s.d. 65
C
: Jika memperoleh skor 56 s.d. 59
D : Jika memperoleh skor 50
s.d. 55
E : Jika memperoleh skor 0
s.d. 4
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP PENILAIAN DIRI
Satuan Pendidikan : SMPN
3 Soreang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Fase :
VII/D
Tahun Pelajaran : 2024/2025 Semester :
Genap
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara
kesatuan
Indikator:
1. Memiliki motivasi internal selama proses pembelajaran
2. Bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
3.
Menunjukkan sikap konsisten
dalam proses pembelajaran
4. Menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun
kelompok
5.
Menunjukkan rasa percaya
diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan
hasil diskusi
6.
Menunjukkan sikap toleransi dan saling menghargai terhadap
perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
7. Menunjukan sikap positif (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
8.
Menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau pencarian informasi
9.
Menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab
PENILAIAN DIRI |
|||||
Nama Kelas Kelompok |
: : : |
……………………………………… |
|
||
Untuk pertanyaan 1 sampai dengan
9, tulis masing-masing angka
sesuai dengan pendapatmu! |
|||||
100 = Selalu |
|
75 = Sering |
50 = Jarang |
25 = Tidak pernah |
|
1 |
|
Saya memiliki motivasi dalam diri saya
sendiri selama proses
pembelajaran |
|||
2 |
|
Saya bekerjasama dalam
menyelesaikan tugas kelompok |
|||
3 |
|
Saya menunjukkan sikap
konsisten dalam proses
pembelajaran |
|||
4 |
|
Saya menunjukkan sikap
disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun
kelompok |
|||
5 |
|
Saya menunjukkan rasa
percaya diri dalam
mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi |
6 |
|
Saya menunjukkan sikap
toleransi dan saling
menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam
menyelesaikan masalah |
7 |
|
Saya menunjukan sikap
positif (individu dan sosial) dalam
diskusi kelompok |
8 |
|
Saya menunjukkan sikap
ilmiah pada saat melaksanakan studi
literature atau pencarian informasi |
9 |
|
Saya menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerjakeras,
disiplin dan tanggungjawab |
Pedoman Penskoran
: Skor 100, jika A = Selalu
Skor 75, jika B = Sering
Skor 50, jika C = Jarang
Skor 25, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan =
𝑱𝒖𝒎𝒍𝒂𝒉𝑺𝒌𝒐𝒓𝑷𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉𝒂𝒏
𝟗
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP PENILAIAN OBSERVASI
Satuan Pendidikan : SMPN
3 Soreang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Fase :
VII/D
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Waktu Pengamatan : Pada saat pembelajaran
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara
kesatuan
Indikator :
1. Tanggung Jawab
2.
Jujur
3.
Mandiri
4. Berkolaborasi
5. Percaya Diri
6.
Kreatif
Rubrik:
Indikator sikap aktif
dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian
dalam pembelajaran
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian
dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah
ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara
terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk
bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
2. Cukup jika menunjukkan ada
sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum
ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok tetapi masih belum
ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif.
1.
Kurang baik
jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus
dan ajeg / konsisten.
REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP PENILAIAN OBSERVASI
KELAS : ………….
NO |
NAMA SISWA |
SIKAP |
Skor Rata-rata |
|||||
Tanggung Jawab |
Jujur |
Mandiri |
Berkola borasi |
Percaya Diri |
Kreatif |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
21 |
|
|
|
|
|
|
|
|
22 |
|
|
|
|
|
|
|
|
K : |
Kurang |
= 00 – 25 |
C : |
Cukup |
= 26 – 50 |
B : |
Baik |
= 51 – 75 |
SB : |
Baik Sekali |
= 76 - 100 |
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP PENILAIAN ANTAR TEMAN
Satuan Pendidikan : SMPN
3 Soreang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Fase :
VII/D
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Semester : Genap
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang
pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan
Indikator:
1.
Siswa tidak meniru (menyontek) hasil kerja teman ketika
mengerjakan tugas individu
2.
Siswa tangguh dalam menyelesaikan masalah
3. Siswa menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok
maupun klasikal
4. Siswa menunjukkan sikap disiplin
dalam menyelesaikan tugas
individu maupun kelompok
Instrumen
|
Tidak Pernah |
||||||
Jarang |
25 |
||||||
|
Sering |
50 |
|||||
|
Selalu |
75 |
|||||
No. |
Aspek Penilaian |
100 |
|||||
1. |
Siswabertanyakepadatemanketikamengerjakantugasindividu |
|
|
|
|
||
2. |
Siswa meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat
ulangan |
|
|
|
|
||
3. |
Siswatidakmengeluhketikamenyelesaikantugasindividuataukelompok |
|
|
|
|
||
4. |
Siswa menuntaskan tugas
yang diberikan guru |
|
|
|
|
||
5. |
Siswa bertanya kepada
guru atau teman
ketika proses pembelajaran berlangsung |
|
|
|
|
||
6. |
Siswa mengumpulkan tugas
tepat waktu |
|
|
|
|
||
Jumlah |
|
|
|
|
|||
Total Skor |
|
||||||
Kategori: 86 – 100 : SangatBaik 71 – 85 : Baik
55 – 70 : Cukup < 55 : Kurang
ASESMEN FORMATIF
Kisi-kisi Asesmen Formatif
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Fase : VII/D
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Jumlah Soal 4
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang
pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan
No. |
Elemen CP |
Tujuan Pembelajaran |
Kelas /Fase |
Materi Pembelajaran |
Level Kognitif |
Nomor Soal |
Bentuk Soal |
1 |
NKRI |
Peserta didik secara
kritis
mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan
Indonesia sebagai negara kesatuan |
VII/D |
Wilayah
negara dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia |
C1 |
1 |
Essay |
2 |
C2 |
2 |
Essay |
||||
3 |
C4 |
3 |
Essay |
||||
4 |
C4 |
4 |
Essay |
Pertanyaan |
Skor |
Setiap bentuk negara pasti mempunyai
ciri yang menjadi cirikhas bentuk negara tersebut, begitu pula dengan bentuk
negara kesatuan juga mempunyai ciri-ciri. Sebutkan 4 ciri-ciri dari negara kesatuan! |
25 |
Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak di wilayah yang
sangat strategis. Jelaskan letak Geografis dan Astronomis Negara Kesatuan Republik
Indonesia! |
25 |
Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai sebuah negara
mempunyai batas-batas dengan negara tetangga. Sebutkan
batas-batas wilayah Indonesia mulai dari bagian selatan, timur, utara, hingga
barat! |
25 |
Indonesia merupakan negara kesatuan yang
dimana kita perlu menjaganya. Berikan contoh perilaku yang menunjukkan cara untuk
mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat! |
25 |
Jumlah Skor |
100 |
Jawaban |
Skor |
Sebutkan 4 ciri-ciri dari negara kesatuan! 1.
pemerintahan pusat
yang memegang seluruh kekuasaan, 2.
Kedua, satu undang-undang dasar
yang berlaku di seluruh wilayah
negara, 3.
Ketiga, satu kepala negara
dan kepala pemerintahan untuk seluruh rakyat
serta, 4.
Keempat, satu badan perwakilan yang mewakili seluruh
rakyat. |
25 |
Jelaskan letak Geografis dan Astronomis Negara
Kesatuan Republik Indonesia! Letak Geografis Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia
dan Benua Australia. Indonesia juga
terletak di antara
dua samudera, yaitu
Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. letak astronomis Indonesia adalah 6° LU - 11°
LS dan 95° BT - 141° BT. |
25 |
Sebutkan batas-batas wilayah Indonesia mulai
dari bagian selatan, timur, utara, hingga
barat!
|
25 |
Berikan contoh
perilaku yang menunjukkan cara untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat! mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat, bergaul
dan terlibat dalam
aktivitas lingkungan tetangga, ikut serta dalam komunitas keagamaan
ataupun komunitas hobi. |
25 |
Jumlah Skor |
100 |
Perolehan Skor =
Pembelajaran Remedial
dan PengayaanProgram Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran (KKTP), maka guru memberikan bimbingan untuk kembali memahami
materi tentang Wilayah negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
PROGRAM REMEDIAL
Sekolah : SMPN 3 Soreang
Kelas/Fase/Semester : VII/D/Genap
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Asesmen Sumatif ke : ………………………………………
Tanggal asesmen sumatif : ……………………………………… Bentuk asesmen
sumatif : ………………………………………
Materi asesmen sumatif : ………………………………………
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik secara
kritis mampu menjelaskan
(C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara
kesatuan
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) : ………………………………………
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai |
Tujuan Pembelajaran yang
belum dikuasai |
Bentuk
Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
KET. |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Program Pengayaan
Bagi peserta didik yang mencapai KKTP di kelas VII, maka guru memberikan
pengayaan kepada peserta didik dengan menugaskan untuk membuat video pendek
yang berisi tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia lalu posting di media
sosial
PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah : SMPN 3 Soreang
Kelas/Fase/Semester : VII/D/Genap
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Asesmen Sumatif ke : ………………………………………
Tanggal asesmen sumatif : ……………………………………… Bentuk asesmen
sumatif : ………………………………………
Materi asesmen sumatif : ………………………………………
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik secara
kritis mampu menjelaskan
(C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara
kesatuan
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) : ………………………………………
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai |
Tujuan
Pembelajaran yang dikuasai |
Bentuk Tindakan
Pengayaan |
KET. |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment