Saturday, 28 June 2025

RPP DEEP LEARNING (CONTOH)

 OPEN PO RPP DEEP LEARNING TINGKAT SD< SMP<SMA

 INFO LEBIH LANJUT /ORDER  VIA WA , CHAT KE  081221137588


RPP DEEP LEARNING

BAB V

 

Identitas Modul

Nama Sekolah           :

Penyusun                   :

Kelas / Semester        : VII/2

Mata Pelajaran          : Pendidikan Pancasila

Lingkup                     :  Wilayah NKRI ( Unsur-Unsur Negara)

Durasi                         : 1 Pertemuan

 

Tujuan Pembelajaran

Pada bab ini, siswa dapat mengidentiikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan indikator capaian tujuan

  memahami makna Negara Kesatuan,

  mengidentiikasi wilayah NKRI, dan

  memberikan contoh upaya menjaga keutuhan wilayah

 

Minat dan Kebutuhan Murid

  Memanfaatkan gambar menarik atau peta  untuk mengidentiikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  Aktivitas bermain peran dan diskusi untuk memahami penerapan upaya menjaga keutuhan wilayah .

  Media visual dan pertanyaan pemantik untuk meningkatkan keterlibatan murid.

 

Bukti Asesmen

  Produk: gambar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  Proyek: Poster penerapan upaya menjaga keutuhan wilayah ..

  Observasi: Keterlibatan murid dalam diskusi kelompok.

 

 

Kegiatan pembelajaran

1) Kegiatan Awal  - 15 menit

Minful dan Joyful:

1.   Mengucap salam dan menyapa siswa.

2.   Mengecek kehadiran siswa dan mengondisikan kelas

3.   Meminta seorang siswa memimpin do’a.

4.   Menyapa dan berinteraksi dengan 2–3 siswa.

5.   Mengajak menyanyi lagu Dari Sabang Sampai Merauke bersama-sama.

6.   Memberikan  assesmen awal  kepada siswa

Apersepsi

  • Guru mengaitkan pengalaman atau pengetahuan siswa sebelumnya dengan materi baru.. Guru mengajukan pertanyaan seperti  “tahukah kalian wilayah NKRI itu sampai mana?”
  • Guru menunjukkan gambar menarik tentang wilayah NKRI
  • Guru meminta siswa berbagi pengalaman sederhana terkait keragaman suku, seperti

Pernahkah  kalian ke negeri tetanggari RI? Tahukah kalian batas Wilayah NKRI itu?

Menyampaikan Tujuan Pembelajaran

  • Guru menyampaikan:
    *"Hari ini, kita akan belajar:
    memahami makna Negara Kesatuan, mengidentiikasi wilayah NKRI, dan memberikan contoh upaya menjaga keutuhan wilayah

·         menambahkan motivasi:
"Dengan memahami ini, kalian akan lebih  mencintai negara Kita Republik Indonesia, dan tetap menjaga keutuhan wilayah kita."

 

2) Kegiatan Inti (Kegiatan Joyful dan Meaningful) -

Eksplorasi (Joyful)

1.      Guru mengajak siswa untuk membaca materi  Unsur-unsur Negara selama 5 menit. (literasi, berfikir kritis)

Sebagai miniatur negara, coba kalian amati lingkungan kelurahan atau desa kalian dan analisislah dengan perumpamaan unsur-unsur negara!

a. Bagaimana batas-batas wilayah lingkungan kelurahan atau desa tersebut dari sebelah barat, timur, utara, dan selatan?

b. Siapa saja yang berada di lingkungan kelurahan atau desa itu?

             c. Bagaimana struktur kepemimpinan lingkungan kelurahan atau desa?

             d. Apakah   lingkungan kelurahan atau desa bekerja sama dengan pihak lain?   

                Jelaskan! Bagaimana jika ada pihak lain yang mengganggu keamanan  

                Di lingkungan kelurahan atau desa? Apa yang akan kalian lakukan?

Apakah Indonesia sudah memenuhi unsur-unsur negara? Buktikan jika Indonesia telah memenuhi syarat sebagai sebuah negara merdeka dengan melengkapi tabel di bawah ini

2.      Siswa mengidentifikasi wilayah NKRI  (mindful)

 

3.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang mind mapping pembagian wilayah RI

4.      Siswa secara berkelompok membuat mind mapping pembagian wilayah NKRI. (mindful, kolaborasi)

Langkah yang harus kalian lalui untuk menyelesaikan aktivitas ini adalah sebagai berikut. 1) Siapkan kertas HVS atau karton, pensil, bolpoin, dan spidol warna

2) Rangkailah kerangka pemikiran tentang pembagian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan tampilan yang menarik

3) Desain dan warnailah hasil karyamu

4) Persentasikan hasil karyamu di depan kelas

5) Karya terbaik akan ditampilkan di mading sekolah

5.      Siswa mepresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain menanggapi (kolaborasi)

6.      Guru membuat penilaian dan penguatan terhadap hasil kerja siswa

Umpan Balik Penguatan Keterampilan

  • Guru memberikan pujian untuk usaha siswa, misalnya:
    • "Kelompok A sudah sangat baik dalam menjelaskan  pemetaan wilayah di Indonesia,. Apakah ada yang ingin menambahkan?"
  • Guru juga memberikan penjelasan tambahan jika ada kesalahpahaman yang muncul dalam presentasi.

Refleksi Diri

  • Guru meminta siswa menuliskan jawabannya di buku catatan:
    • "Apa yang paling kalian pelajari hari ini?"
    • "Apa yang kalian temukan menarik?"
    • "Apa yang masih membuat kalian penasaran?"

Umpan Balik Reflektif (Pemikiran Lebih Lanjut)

  • Guru memberikan tugas terbuka, seperti:
    • "Carilah di sekitar lingkungan rumah  contoh keragaman lalu coba amati dan catat hasilnya."
    • "Coba pikirkan, apakah ada cara lain untuk  melestarikan berbagai keragaman budaya di Indonesia?
  • Meaningful Aspect: Siswa menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka

 

3) Kegiatan Akhir  -

Mindful Reflection

    • Guru meminta siswa menutup mata atau duduk tenang selama 1-2 menit, lalu memikirkan:
      • Apa yang mereka pelajari hari ini?
      • Bagaimana perasaan mereka selama proses belajar?
      • Apa yang menurut mereka paling menantang atau menarik?
    • Setelah refleksi singkat, beberapa siswa diminta berbagi pemikiran mereka secara sukarela.

Contoh Pertanyaan:

  • "Apa hal baru yang kamu temukan hari ini tentang pemetaan wilayah NKRI
  • "Bagaimana kamu bisa menggunakan pengetahuan ini di rumah?"

Penugasan Mandiri.

o    Guru memberikan tugas terbuka, misalnya:

o    "Coba cari dua contoh kebegaraman yang terjadi di lingkungan keluargamu."

o    "Tuliskan cerita pendek tentang  budaya yang ada di sekitar mu /kearifan local.

    Catatan: Tugas bersifat kreatif dan tidak membebani siswa.

Umpan Balik Positif

  • Guru memberikan pujian spesifik, seperti:
    • "Saya senang melihat bagaimana kalian bekerja sama dalam kelompok hari ini!"
    • "Presentasi kelompok tadi sangat menarik, terutama cara kalian menjelaskan tentang penyaringan pasir."

Catatan: Hindari kritik langsung; fokus pada penguatan hal-hal positif.

 

 

Apresiasi kepada Siswa yang Aktif

    • Guru menyebutkan beberapa siswa yang aktif bertanya, berdiskusi, atau membantu teman.
    • "Saya apresiasi kerja keras kalian hari ini, terutama [Nama Siswa], yang berani menjawab pertanyaan dengan percaya diri."

Motivasi / Pesan Penutup

  • Guru memberikan pesan penyemangat:
    • "Kalian hebat! Ilmu hari ini adalah langkah awal memahami proses yang terjadi di dunia nyata. Teruslah penasaran dan bertanya!"
    • "Ingat, pengetahuan kecil hari ini bisa menjadi dasar untuk menemukan hal besar di masa depan."

C. Asesmen Pembelajaran  (terlampir)

Rubrik Penilaian

 

1.  Pengetahuan (Menyebutkan Sila dan Simbol Pancasila)

 

Aspek yang Dinilai

Kriteria Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Perbaikan (1)

Menyebutkan wilayah NKRI

Menyebutkan semua dengan benar

Menyebutkan 3-4  dengan benar

Menyebutkan kurang dari 3

Memahami gambar peta wilayah RI

Memahami semua peta dengan tepat

Memahami 2-3 gambar dengan benar

Memahami kurang dari 2  peta


2.  Keterampilan (Mengaplikasikan Nilai Pancasila)

 

Aspek yang Dinilai

Kriteria Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Perbaikan (1)

Menggambar simbol/aktivitas

Gambar sesuai tema, rapi, dan kreatif

Gambar sesuai tema, kurang detail

Gambar tidak sesuai tema

Bermain peran/diskusi

Aktif dan sesuai arahan

Cukup aktif namun arahan kurang jelas

Pasif atau tidak berpartisipasi

 

3.  Proyek (Poster dan Cerita Bergambar)

 

Aspek yang Dinilai

Kriteria Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Perbaikan (1)

Kreativitas dan Relevansi

Produk sangat kreatif dan relevan

Produk cukup kreatif dan relevan

Produk kurang kreatif atau tidak relevan

 

4.  Sikap (Observasi dan Refleksi)

 

Aspek yang Dinilai

Kriteria Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Perbaikan (1)

Keterlibatan

Sangat aktif dan antusias

Aktif namun kurang antusias

Tidak aktif

Refleksi

Jawaban refleksi relevan dan mendalam

Jawaban refleksi cukup relevan

Jawaban refleksi tidak relevan


 

Rekapitulasi Nilai

 

Kategori

Skor Maksimal

Skor Murid

Pengetahuan

6

 

Keterampilan

6

 

Proyek

3

 

Sikap

6

 

Total

21

 

Predikat

A/B/C/D

 


 

Keterangan Predikat

 

·         A (Baik Sekali): 18-21

·         B (Baik): 14-17

·         C (Cukup): 10-13

·         D (Perlu Perbaikan): Di bawah 10

 

 

 

 

 

 

Catatan:

 

Rubrik ini mencakup semua aspek (pengetahuan, keterampilan, proyek, dan sikap) dengan cara yang mudah dipahami. Setiap kategori memberikan panduan yang jelas untuk penilaian. Jika perlu, rubrik dapat disesuaikan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ASESMEN FORMATIF

A.            Lembar Analisis

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN PENILAIAN UNJUK KERJA

 

(Berfikir Kritis)

Satuan Pendidikan      : SMPN 3 Soreang

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila

Waktu pelaksanaan     : Pada saat kegiatan pembelajaran (presentasi} Berikan tanda ceklist (ü) pada kriteria dalam tabel di bawah ini:

 

 

No

 

Nama Peserta Dididk

Kemampuan Bertanya

Kemampuan Menjawab/ Berargumentasi

Memberi Masukan/ Saran

 

Mengapresiasi

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

 

Nilai = Skor Perolehan × 50

2

 

Pedoman Penskoran (Rubrik)

 

No.

Aspek

Penskoran

 

1

Kemampuan Bertanya

Skor 4 apabila selalu bertanya. Skor 3 apabila sering bertanya.

Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya. Skor 1 apabila tidak pernah bertanya

 

2

Kemampuan Menjawab/ Argumentasi

Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.

Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.

Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.

Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.

 

3

Kemampuan Memberi Masukan

Skor 4 apabila selalu memberi masukan. Skor 3 apabila sering memberi masukan.

Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan. Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.

 

4

Mengapresiasi

Skor 4 apabila selalu memberikan pujian. Skor 3 apabila sering memberikan pujian.

Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian. Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.


B.            Penilaian Sikap

 

LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

 

Satuan Pendidikan      : SMPN 3 Soreang

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila Kelas/Fase                   : VII/D

Tahun Pelajaran          : 2024/2025

Semester                      : Genap

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan

 

 

 

 

No

 

 

 

Nama Siswa

Skor

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

Predikat

Berdoa bersama

Mengucap syukur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Penilaian diisi dengan pedoman penilaian sikap berdasarkan Aspek yang dinilai disesuaikan dengan materi Pedoman Penilaian Sikap Spiritual

Deskripsi

Kriteria

Skor

 

 

 

 

Berdoa

·           Peserta didik selalu berdo’a dengan khusuk dalam setiap kegiatan

4

·           Peserta didik sering berdo’a dengan khusuk dalam setiap

kegiatan

3

·           Peserta didik kadang kadang selalu berdo’a dengan khusuk

dalam setiap kegiatan

2

·           Peserta didik tidak pernah selalu berdo’a dengan khusuk dalam setiap kegiatan

 

1

 

 

 

Mengucap

syukur

·           Peserta didik selalu mengucapkan syukur setelah melakukan

kegiatan

4

·           Peserta didik sering mengucapkan syukur setelah melakukan

kegiatan

3

·           Peserta didik kadang kadang mengucapkan syukur setelah

melakukan kegiatan

2

·           Peserta    didik    tidak    pernah    mengucapkan    syukur    setelah melakukan kegiatan

1


Predikat yang diperoleh peserta didik berdasarkan nilai yaitu:

A : Jika memperoleh skor 85 s.d. 100 A- : Jika memperoleh skor 80 s.d. 84 B+ : Jika memperoleh skor 76 s.d. 79 B : Jika memperoleh skor 70 s.d. 75 B- : Jika memperoleh skor 66 s.d. 69 C+: Jika memperoleh skor 60 s.d. 65

C      : Jika memperoleh skor 56 s.d. 59

D      : Jika memperoleh skor 50 s.d. 55

E       : Jika memperoleh skor 0 s.d. 4


LEMBAR PENILAIAN SIKAP PENILAIAN DIRI

 

Satuan Pendidikan      : SMPN 3 Soreang

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Fase                   : VII/D

Tahun Pelajaran          : 2024/2025 Semester                      : Genap

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan

Indikator:

1.    Memiliki motivasi internal selama proses pembelajaran

2.    Bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok

3.    Menunjukkan sikap konsisten dalam proses pembelajaran

4.    Menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok

5.    Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi

6.    Menunjukkan sikap toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

7.    Menunjukan sikap positif (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok

8.    Menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau pencarian informasi

9.    Menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab

 

PENILAIAN DIRI

Nama

Kelas Kelompok

:

:

:

 

 

 

 

………………………………………

 

Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 9, tulis masing-masing angka sesuai dengan pendapatmu!

100 = Selalu

 

75 = Sering

50 = Jarang

25 = Tidak pernah

1

 

Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran

2

 

Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok

3

 

Saya menunjukkan sikap konsisten dalam proses pembelajaran

4

 

Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok


5

 

Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi

6

 

Saya menunjukkan sikap toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

7

 

Saya menunjukan sikap positif (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok

8

 

Saya menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literature atau pencarian informasi

 

9

 

Saya menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerjakeras, disiplin dan tanggungjawab

 

Pedoman Penskoran :         Skor 100, jika A = Selalu

Skor 75, jika B = Sering Skor 50, jika C = Jarang

Skor 25, jika D = Tidak pernah

 


Skor Perolehan =


𝑱𝒖𝒎𝒍𝒂𝒉𝑺𝒌𝒐𝒓𝑷𝒆𝒓𝒐𝒍𝒆𝒉𝒂𝒏

 

𝟗


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP PENILAIAN OBSERVASI

 

 

Satuan Pendidikan      : SMPN 3 Soreang

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Fase                   : VII/D

Tahun Pelajaran           : 2024/2025

Waktu Pengamatan     : Pada saat pembelajaran

 

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan

Indikator                    :

1.      Tanggung Jawab

2.      Jujur

3.      Mandiri

4.      Berkolaborasi

5.      Percaya Diri

6.      Kreatif

Rubrik:

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:

1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran

2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten

3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten

4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

 

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

2.      Cukup    jika menunjukkan    ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten

3.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.

4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses

        pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg / konsisten.   


REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP PENILAIAN OBSERVASI

 

KELAS : ………….

 

 

NO

 

NAMA SISWA

SIKAP

 

Skor Rata-rata

Tanggung

Jawab

Jujur

Mandiri

Berkola

borasi

Percaya

Diri

Kreatif

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

 

 

18

 

 

 

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

 

 

22

 

 

 

 

 

 

 

 

 

K     :

Kurang

= 00 25

C     :

Cukup

= 26 50

B     :

Baik

= 51 75

SB :

Baik Sekali

= 76 - 100

 

 

 




LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP PENILAIAN ANTAR TEMAN

Satuan Pendidikan      : SMPN 3 Soreang

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Fase                   : VII/D

Tahun Pelajaran           : 2024/2025

Semester                      : Genap

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan

Indikator:

1.      Siswa tidak meniru (menyontek) hasil kerja teman ketika mengerjakan tugas individu

2.      Siswa tangguh dalam menyelesaikan masalah

3.      Siswa menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok maupun klasikal

4.      Siswa menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok

Instrumen

 

 

 

 

 

 

Tidak Pernah

Jarang

 

 

 

 

 

 

25

 

Sering

 

 

 

 

 

50

 

Selalu

 

 

 

75

No.

Aspek Penilaian

 

100

1.

Siswabertanyakepadatemanketikamengerjakantugasindividu

 

 

 

 

2.

Siswa meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat ulangan

 

 

 

 

3.

Siswatidakmengeluhketikamenyelesaikantugasindividuataukelompok

 

 

 

 

4.

Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru

 

 

 

 

5.

Siswa bertanya kepada guru atau teman ketika proses pembelajaran berlangsung

 

 

 

 

6.

Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

Total Skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori:           86 – 100     : SangatBaik                      71 85       : Baik

55 70      : Cukup                             < 55            : Kurang


ASESMEN FORMATIF

 

Kisi-kisi Asesmen Formatif


 

Satuan Pendidikan      : SMP

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

Kelas/Fase                   : VII/D

Tahun Pelajaran          : 2024/2025 Jumlah Soal                   4

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan

 

No.

Elemen CP

 

Tujuan Pembelajaran

Kelas

/Fase

Materi Pembelajaran

Level Kognitif

Nomor Soal

Bentuk Soal

 

1

 

 

 

 

 

NKRI

 

 

Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan (C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan

 

 

 

 

 

VII/D

 

 

 

Wilayah negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

C1

 

1

 

Essay

2

C2

2

Essay

 

3

 

C4

 

3

 

Essay

 

4

 

C4

 

4

 

Essay

 

Pertanyaan

Skor

Setiap bentuk negara pasti mempunyai ciri yang menjadi cirikhas bentuk negara tersebut, begitu pula dengan bentuk negara kesatuan juga mempunyai ciri-ciri. Sebutkan 4 ciri-ciri dari negara kesatuan!

 

 

25

Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak di wilayah yang sangat strategis. Jelaskan letak Geografis dan Astronomis Negara Kesatuan Republik Indonesia!

 

 

25

Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai sebuah negara mempunyai batas-batas dengan negara tetangga. Sebutkan batas-batas wilayah Indonesia mulai dari bagian selatan, timur, utara, hingga barat!

 

 

25


Indonesia merupakan negara kesatuan yang dimana kita perlu menjaganya. Berikan contoh perilaku yang menunjukkan cara untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat!

 

25

Jumlah Skor

100

 

 

Jawaban

Skor

Sebutkan 4 ciri-ciri dari negara kesatuan!

1.       pemerintahan pusat yang memegang seluruh kekuasaan,

2.       Kedua, satu undang-undang dasar yang berlaku di seluruh wilayah negara,

3.       Ketiga, satu kepala negara dan kepala pemerintahan untuk seluruh rakyat serta,

4.       Keempat, satu badan perwakilan yang mewakili seluruh rakyat.

 

 

 

25

Jelaskan letak Geografis dan Astronomis Negara Kesatuan Republik Indonesia!

 

Letak Geografis Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Indonesia juga terletak di antara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

 

letak astronomis Indonesia adalah LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT.

25

Sebutkan batas-batas wilayah Indonesia mulai dari bagian selatan, timur, utara, hingga barat!

 

* Sebelah Selatan berbatasan dengan laut Indonesia Laut Arafuru dan Australia, * Sebelah Timur berbatasan dengan Papua Nugini,

* Sebelah Utara berbatasan dengan Filipina, Malaysia, dan Singapura,

* Sebelah Barat berbatasan dengan India.

 

 

25

Berikan contoh perilaku yang menunjukkan cara untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat!

mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat, bergaul dan terlibat dalam aktivitas lingkungan tetangga, ikut serta dalam komunitas keagamaan ataupun komunitas hobi.

 

25

 

 

Jumlah Skor

100

 

Perolehan Skor =


Pembelajaran Remedial dan PengayaanProgram Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP), maka guru memberikan bimbingan untuk kembali memahami materi tentang Wilayah negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

PROGRAM REMEDIAL

 

Sekolah                                               : SMPN 3 Soreang

Kelas/Fase/Semester                            : VII/D/Genap

Mata Pelajaran                                     : Pendidikan Pancasila

Asesmen Sumatif ke                            : ……………………………………… Tanggal asesmen sumatif                     : ……………………………………… Bentuk asesmen sumatif                       : ………………………………………

Materi asesmen sumatif                        : ………………………………………

Tujuan Pembelajaran                            : Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan

(C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)       : ………………………………………

 

 

 

No

 

Nama Peserta Didik

 

Nilai

Tujuan Pembelajaran yang belum dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

 

KET.

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 


Program Pengayaan

Bagi peserta didik yang mencapai KKTP di kelas VII, maka guru memberikan pengayaan kepada peserta didik dengan menugaskan untuk membuat video pendek yang berisi tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia lalu posting di media sosial

 


PROGRAM PENGAYAAN

 

Sekolah                                               : SMPN 3 Soreang

Kelas/Fase/Semester                            : VII/D/Genap

Mata Pelajaran                                     : Pendidikan Pancasila

Asesmen Sumatif ke                            : ……………………………………… Tanggal asesmen sumatif                     : ……………………………………… Bentuk asesmen sumatif                       : ………………………………………

Materi asesmen sumatif                        : ………………………………………

Tujuan Pembelajaran                            : Peserta didik secara kritis mampu menjelaskan

(C2) secara sistematis tentang pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)       : ………………………………………

 

 

 

No

 

Nama Peserta Didik

 

Nilai

Tujuan Pembelajaran yang dikuasai

 

Bentuk Tindakan Pengayaan

 

KET.

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment